Tips Mengatasi Bau Tidak Sedap DiKamar Mandi / Toilet

Posted By : Posted on - 12:58:00 AM with No comments

Toilet bersih dan nyaman - Toilet maupun kamar mandi yang lembap, kotor dan tidak terjaga kebersihannya sering menjadi media yang subur bagi kuman, jamur, bibit penyakit untuk berkembang biak. Selain hal itu toilet maupun kamar mandi yang tidak terjaga kebersihaannya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. ya tidak mengherankan karena toilet merupakan pembuangan kotoran. Kamar mandi dan toilet yang lembap juga sering kali ditumbuhi lumut. Baca juga cara mengatasi lumut membandel di toilet / kamar mandi.

Tips Mengatasi Bau Tidak Sedap DiKamar Mandi / Toilet
Image source: Instaquo.com.au
Toilet atau kamar mandi yang bersih tentu nyaman digunakan dan berpengaruh besar terhadap kesehatan anda sekeluarga. Jika kemarin saya telah sedikit membahas tentang bagaimana cara mengatasi noda & kerak membandel dikamar mandi dan toilet, nah kali ini saya akan sedikit menambahkan tentang bagaimana mengatasi bauan yang tidak sedap dikamar mandi / toilet. nah sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana caranya berikut adalah beberapa penyebab timbulnya bau di toilet ataupun kamar mandi:

  • Toilet atau kamar mandi tidak terjaga kebersihannya.
  • Tidak ada sirkulasi udara sehingga menimbulkan ruangan kamar mandi / toilet lembab.
  • Sisa sisa kotoran maupun air seni yang tertinggal.
  • Alir yang tidak mengalir juga sering menimbulkan bauan. baca juga mengatasi toilet mampet.
  • Jamur dan lumut juga penyebab timbulnya bau.

Nah selanjutnya tentang bagaimana cara mengatasi bebauan yang tidak sedap dari kamar mandi atau toilet dan berikut adalah tips sederhana yang bisa anda coba dirumah:

  • Pastikan anda membersihkan kamar mandi dan toilet secara teratur. Kebersihan yang terjaga akan membuat kamar mandi dan toilet selalu dalam keadaan bersih dan meminimalisir bau yang tidak sedap timbul.Bersihkan juga saluran air dan lubang toilet juga.
  • Bersihkan noda dan kerak membandel ataupun lumut yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap serta membuat permukaan dinding, lantai basah sehingga menyebabkan ruangan kamar mandi atau toilet lembab. Gunakan bahan pembersih yang mengandung karbol dan pewangi sehingga tidak hanya membuat ruangan kamar mandi / toilet bersih tetapi juga harum.
  • Pastikan untuk membuat ventilasi udara untuk membantu sirkulasi udara ditoilet maupun kamar mandi anda dapat berganti dengan baik dan menetralisir bau yang tidak sedap yang muncul.
  • Gunakan pengharum ruangan  yang banyak tersedia dipasaran untuk menetralisir bau tidak sedap.

Menetralisir bau tidak sedap dengan bahan alami

Banyak bahan alami dirumah anda yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bau yang tidak sedap dikamar mandi atau toilet sekaligus menetralisir bau yang tidak sedap tersebut. Dan berikut adalah bahan alamai yang bisa anda gunakan:

Asam asetat / Cuka
Asam asetat atau cuka yang biasa ada dirumah sebagai bahan alami untuk membuat acar dan masakan laiinya bisa anda gunakan untuk mengatasi bau yang tidak sedap di kamar mandi atau toilet anda. Gunakan cuka dicampur dengan air dan gunaan untuk menyiram ruangan di kamar mandi lalu gosok hingga bersih.

Menggunakan kopi
Seperti kita ketahui bahwa kopi merupakan bahan alami yang dapat menetralisir bau yang tidak sedap. Bau yang khas dan kuat pada kopi dapat mengurangi bau yang tidak sedap di toilet maupun kamar mandi. taburkan bubuk kopi pada lantai kamar mandi atau toilet diamkan beberapa saat lalu, gosok permuaan lantai atau keramik toilet dan siram menggunakan air.

Menggunakan arang kayu
Nah jika anda sudah membersihkan ruangan kamar mandi atau toilet tapi bebauan masih muncul anda bisa menggunakan arang kayu yang bisa anda gunakan untuk menetralisir bebauan yang tidak sedap. Caranya siapkan arang kayu lalu tempatkan dalam wadah bisa dipiring atau mangkuk lalu tempatkan dikamar mandi. Kandungan atau material dalam arang yaitu karbon dapat menyerap bau yang tidak sedap.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara