Tips Bangun Tidur Lebih Pagi, Bugar & Bersemangat

Posted By : Posted on - 1:26:00 AM with No comments

Para pakar kesehatan meyakini bahwa kita harus beristirahat selama antara enam dan delapan jam setiap malam. Lebih khusus, Research Centre Surrey Sleep di Inggris mengklaim bahwa kualitas tidur yang terpenting bukan kuantitas tidur. Itu berarti tidur nyenyak selama 4 jam lebih baik daripada tidur 8 jam tetapi selalu bangun dan tidak merasakan kenyamanan tidur. Jumlah optimal tidur akan bervariasi untuk setiap individu, dengan rata-rata lama waktu antara lima dan sembilan jam total, dan para ahli kesehatan meyakini bahwa mendapatkan kualitas tidur yang baik (nyenyak) dan kuantitas tidur (8-9jam) hal itu akan menjaga kesehatan dan kebugaran yang lebih optimal.


Tips Bangun Tidur Lebih Pagi, Bugar & Bersemangat

Namun banyak orang yang bangun pagi-pagi dan mendapat kualitas maupun kuantitas tidur yang cukup tetapi merasakan pegal-pegal, kelelahan dan tidak bersemangat. banyak penelitian menyoroti fakta bahwa adalah mungkin untuk menjadi bangun pagi terlepas dari jumlah tidur yang Anda memiliki malam sebelumnya. Selama Anda menikmati tidur nyenyak dan tenang, Anda harus mampu bangkit di pagi hari tanpa merasa terlalu lelah atau terlalu lesu. Nah berikut adalah langkah-langkah praktis yang dapat Anda ambil untuk bangun pagi-pagi dan tidak merasa lelah, baik dari segi persiapan Anda untuk tidur malam baik 'dan rutinitas pagi Anda.

Pastikan lingkungan kamar Anda nyaman
Kenyamanan lingkungan kamar adalah bagaimana mengatur tata letak ruangan yang sesuai, penataan lampu, kelengkapan tidur yang bersih dan nyaman sehingga Anda dapat memfasilitasi tidur lebih nyenyak yang membuat Anda segar dan memiliki banyak energi untuk pagi hari. Lingkungan dan perlengkapan tidur yang nyaman digunakan akan membantu tidur anda lebih nyaman sehingga kebutuhan kualitas dan kuantitas tidur anda akan terpenuhi dengan baik.

Fokus pada sesuatu yang menyenangkan dan menarik sebelum anda tidur
Apa yang anda pikirkan sebelum tidur akan mempengaruhi keesokan hari saat anda bangun. Ketika sebelum tidur anda memikirkan atau memiliki perasaan stres dan kecemasan maka akan muncul lebih buruk di pagi hari, karena kombinasi dari pola pemikiran sub-concious yang muncul selama tidur dan menyebabkan meningkatnya tingkat kortisol dalam tubuh kita. Hal ini dapat menyebabkan kita merasa lelah, letih, lesu dan tidak bersemangat bahkan setelah tidur malam yang baik, sehingga Anda perlu mencoba untuk aktif berfokus pada sesuatu yang positif bahkan menjelang tidur.

Rutin berolahraga di pagi hari
Teratur olahraga dipagi hari memiliki potensi untuk segera meningkatkan mood Anda dan mendorong tingkat yang lebih tinggi dari fokus dan konsentrasi bukan di hari itu juga berpengaruh terhadap bangun pagi di keesokan harinya. Latihan sederhana seperti jogging mendorong otak untuk melepaskan berbagai bahan kimia dan endorfin ke dalam aliran darah, yang dapat mengurangi gejala stres, lesu, letih dan bahkan rasa sakit dalam beberapa kasus. Menariknya, juga telah membuktikan bahwa berolahraga di pagi hari juga meningkatkan tingkat energi Anda untuk hari berikutnya juga, asalkan Anda fokus pada jadwal harian.

Hindari minum kopi, anggur merah dan memakan cokelat sebelum tidur
Jika Anda akan menikmati tidur yang nyenyak dan tenang di malam hari terpenting adalah menjaga siklus malam Anda tidak terganggu. Sering terbangun dimalam hari atau bahkan sering tidur dilarut malam akan mengurangi kualitas istirahat Anda dan meninggalkan rasa lelah di pagi hari.

Salah satu penyebab yang paling menonjol dari beberapa faktor lainnya adalah makanan dan minuman yang secara ilmiah terbukti mengganggu sistem pencernaan Anda dan mengganggu tidur Anda. Kopi, anggur merah dan coklat merupakan contoh utama, sehingga menahan diri dari makanan dan minuman ini sebelum tidur minimal 2 jam sebelum tidur.

Dapatkan hidrasi
Menurut berbagai penelitian, cara di mana kita menghidrasi tubuh kita ketika pertama kali bangun di pagi hari semakin berpengaruh dalam ini. Memulai hari Anda dengan segelas air (sebelum Anda makan sarapan) dikenal untuk memulai metabolisme Anda, membantu Anda untuk bangun cepat dan merasa langsung lebih fokus. Cobalah untuk menghindari mengkonsumsi kopi setiap hari. Sementara ini secara historis telah dianggap sebagai cara utama untuk merangsang indra, telah membuktikan bahwa tubuh kita secara bertahap menjadi terbiasa dengan efek kafein dari waktu ke waktu yang berarti bahwa dibutuhkan lebih untuk mencapai hasil yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara