Tips Bahan Alami Penolak & Pengusir Berbagai Macam Serangga

Posted By : Posted on - 10:11:00 AM with No comments

Seperti kita ketahui bahwa beberapa serangga tertentu dapat membawa dan menyebabkan penyakit. Selain itu beberapa jenis serangga juga dapat mengotori dan mengontaminasi makanan yang ada didapur kita. Belum lagi gigtan mereka yang kadang menyebabkan bengkak, alergi dan rasa gatal. Nah berikut beberapa jenis serangga yang dapat menjadi hewan pembawa penyakit atau menularkan penyakit:
  • Seperti lalat yang terbukti dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pencernaan seperti disentri, kolera, tipus, diare dan beberapa virus tertentu.
  • Nyamuk dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti demam berdarah, malaria, chikunguya (penyakit kaki gajah), demam kuning dll.
  • Kecoa dapat menyebabkan penyakit tipus, toksoplasma, disentri, SARS dll.
Tips Bahan Alami Penolak & Pengusir Berbagai Macam Serangga

Untungnya banyak sekali bahan bahan atau tanaman alami yang banyak tersedia disekitar rumah kita yang bisa gunakan sebagai penangkal, pengusir bahkan untuk membunuh berbagai macam serangga. Penggunaan bahan alami untuk mengusir dan menangkal serangga jelas lebih aman digunakan karena tidak menggunakan bahan kimia sehingga aman untuk anggota keluarga dan hewan peliharaan anda. Produk pabrikan yang beredar dipasaran untuk membunuh serangga kebanyakan mengandung bahan kimia beracun DEET (dietil-m-toluamida) yang tentunya tidak aman jika terhirup apalagi tertelan. nah berikut adalah berbagai tanaman atau bahan alami penolak berbagai serangga yang banyak tersedia disekitar rumah kita, beberapa diantaranya hanya menolak, penangkal dan beberapa diantaranya bersifat racun bagi serangga:

Tanaman & bahan Alami Pengusir berbagai Serangga

Ada banyak persiapan dari sumber-sumber alami yang telah digunakan sebagai pengusir serangga tertentu. Beberapa ini bertindak sebagai insektisida sementara yang lain hanya penolak.

  1. Achillea alpina (spesies bunga matahari) yarrow china / Siberia (berguna untuk menangkal danmengusir nyamuk)
  2. Basil (Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) Penolak nyamuk
  3. Callicarpa americana (Amerika beautyberry) semak asli dari Amerika Serikat Selatan yang sering ditanam sebagai tanaman hias di kebun dan pekarangan. Beautyberries Amerika menghasilkan buah ungu yang disukai burung dan rusa. (Penolak nyamuk)
  4. Breadfruit / Sukun/ Keluwih adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai "buah roti" / Breadfruit (penolak berbagai serangga, termasuk nyamuk)
  5. Champor / Kamper (kapur barus) adalah zat padat berupa lilin berwarna putih dan agak transparan dengan aroma yang khas dan kuat. Zat ini adalah terpenoid dengan formula kimia C10H16O. Zat ini ditemukan dalam kayu tanaman jenis pohon laurel kamper (Cinnamomum camphora), pohon besar yang ditemukan di Asia, terutama di Sumatera, Kalimantan dan Taiwan, juga pohon Dryobalanops aromatica, pohon besar yang tumbuh di hutan Kalimantan. (pengusir ngengat, kutu, nyamuk, semut, kecoa)
  6. Castor oil / minyak jarak (Ricinus communis) adalah minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak (Ricinus communis). Dalam bidang farmasi dikenal pula sebagai minyak kastroli. (bahan alami pengusir nyamuk) Minyak catnip (Nepeta cataria), umumnya dikenal sebagai catnip, catswort, atau catmint, adalah spesies dari genus Nepeta dalam keluarga Lamiaceae, tanaman asli dari selatan dan timur Eropa, Timur Tengah, Asia tengah, dan daerah bagian di Cina. Secara luas juga dikenal ramah di utara Eropa, Selandia Baru, dan Amerika Utara. Nama utama dari catmint juga dapat merujuk pada genus secara keseluruhan. Nama catnip dan catmint berasal dari perilaku intens kebanyakan kucing terhadap mereka. Nepetalactone adalah pengusir lalat dan nyamuk. Minyak yang dipisah dari catnip oleh uap distilasi adalah pengusir terhadap serangga, khususnya nyamuk, kecoak dan rayap
  7. Cedar oil / minyak cedar, juga dikenal sebagai minyak cedarwood, adalah minyak esensial yang berasal dari berbagai jenis konifer, yang paling di pinus atau cemara keluarga botani. Hal ini dihasilkan dari dedaunan, dan kadang-kadang kayu, akar, dan tunggul yang telah meninggalkan setelah memotong pohon untuk ekstraksi kayu. Ini memiliki banyak kegunaan dalam pengobatan, seni, industri dan wewangian, dan sementara karakteristik minyak berasal dari berbagai spesies mungkin sendiri bervariasi, semua memiliki beberapa derajat bakterisida dan efek pestisida. (Pengusir nyamuk, ngengat)
  8. Celery extract / ekstrak seledri (Apium graveolens) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. (Pengusir nyamuk dalam uji klinis menguji ekstrak seledri ditunjukkan sama efektif seperti 25% DEET).
  9. Cinnamon / Batang kulit kayu manis adalah sejenis rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam beberapa spesies pohon genus Cinnamomum yang digunakan untuk masakan yang manis dan sedap. (minyak daun membunuh jentik nyamuk)
  10. Citronella Oil / minyak sereh populer sebagai obat nyamuk alami telah diverifikasi oleh penelitian, efektif dalam mengusir Aedes aegypti (nyamuk demam berdarah ). Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak sereh adalah penolak efektif untuk kutu tubuh, kutu kepala, dan lalat. Sebuah studi yang dilakukan oleh ARPA pada tahun 1963 menetapkan bahwa hydroxycitronellal adalah penolak efektif terhadap lintah air dan darat.
  11. Minyak cengkeh berwarna bening kekuningan. Minyak cengkeh atau minyak cengkih adalah minyak atsiri yang dihasilkan dari penyulingan bagian tanaman cengkeh, terutama daun dan bunga cengkeh. (Penolak dan pengusir nyamuk)
  12. Eucalyptus oil / Minyak kayu putih adalah nama generik untuk minyak suling dari daun kayu putih, sebuah genus dari keluarga tanaman Myrtaceae asli Australia dan dibudidayakan di seluruh dunia. minyak kayu putih memiliki sejarah aplikasi luas, sebagai farmasi, antiseptik, obat, aroma, aroma dan industri. (70% + eucalyptol), (cineol adalah sinonim sebagai penolak dan pengusir nyamuk, lalat, tungau debu)
  13. Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. (Allium sativum) (Pengusir dan penolak nyamuk, kumbang beras, kumbang tepung terigu kumbang)
  14. Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil.    Lemon eucalyptus (Corymbia citriodora) minyak esensial dan yang bahan aktif p-mentana-3,8-diol (PMD) sebagai bahan pengusir nyamuk
  15. Asam oleat atau asam Z-Δ9-oktadekenoat merupakan asam lemak tak jenuh yang banyak dikandung dalam minyak zaitun. Selain minyak zaitun juga terdapat pada limbah industri sawit, yaitu lumpur sawit. Asam ini tersusun dari 18 atom C dengan satu ikatan rangkap di antara atom C ke-9 dan ke-10. Selain dalam minyak zaitun (55-80%), asam lemak ini juga terkandung dalam minyak bunga matahari kultivar tertentu, minyak raps, serta minyak biji anggur. Pengusir lebah dan semut.
  16. Peppermint (Mentha x piperita) (Penolak nyamuk)
  17. Rosemary (Rosmarinus officinalis) / Rosmarin adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, ia lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, rosemary. Rosmarin biasa dipakai pada kuliner kawasan Laut Tengah, seperti masakan Italia, Yunani/Turki, serta daerah Levantia. (Pengusir dan penolak nyamuk)

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara