Cara Tepat Merawat Pompa Air Agar Awet & Tahan Lama

Posted By : Posted on - 2:14:00 AM with No comments

Merawat pompa air - Pasti sangat menjengkelkan ketika pompa air di rumah anda rusak dan tidak dapat digunakan. Padahal air sangat vital untuk kebutuhan seperti memasak, mandi, mencuci dsb. Jadi sangat penting untuk menjaga dan merawat pompa air di rumah anda, karena hal ini sering di anggap sebelah mata, saat benar - benar dibutuhkan atau sudah rusak tidak bisa digunakan baru kita tersadar besar manfaatnya. Beberapa hal tentang bagaimana merawat pompa air dapat dibaca pada panduan yang terdapat saat anda membeli pompa air baru.

Cara Tepat Merawat Pompa Air Agar Awet & Tahan Lama
Image source: news.ralali.com
Ketika pompa air dirawat dengan baik maka hal itu akan menjaga kinerja pompa air selalu dalam keadaan optimal dan tentu saja memperpanjang umur pompa. Padahal untuk merawat pompa air sangat mudah dan sederhana. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna tentang bagaimana cara merawat pompa agar lebih awet dan tahan lama:

Tips Tepat Merawat Pompa Air
  • Pastikan cek apakah listrik dirumah anda stabil, jika tidak stabil maka gunakan stabilizer, karena listrik yang tidak stabil bisa memperpendek usia pompa air.
  • Gunakan penyaring pada pralon penyedot untuk menghindari material seperti kerikil maupun bahan lain yang masuk ke kipas penyedot pompa.
  • Jangan melindungi atau membungkus pompa air karena hal ini bisa menyebabkan panas dan pompa air bisa terbakar.
  • Jangan terlalu lama menghidupkan pompa air dalam kondisi kering (sumur kering) karena dapat menyebabkan pompa panas dan memperpendek usia pompa air.
  • Gunakan stop kontak tersendiri untuk pompa air jangan menggunakan stop kontak yang tergabung dengan perabotan listrik lain. Pompa listrik memakan daya listrik yang cukup besar dan jika anda menggunakan stop kontak terlalu banyak yang terhubung pompa air dapat menyebabkan kebakaran.
  • Tempatkan pompa air sedekat mungkin dengan sumber air hal ini dapat memperkuat semburan air (discharge) dan meminimalisir daya sedot pipa hisap (suction), namun jika ada pertimbangan lain atau mengharuskan pompa tidak bisa diletakkan dekat dengan sumber air maka lihat panduan berapa maksimal jarak dari sumber air. Terlalu jauh dari sumber air menyebabkan daya hisap akan menjadi besar dan mesin pompa menjadi mudah panas dan tentu saja semakin memperpendek usia pompa tersebut.
  • Kurangi jumlah tikungan dan sambungan pada pipa kelura untuk meminimalkan hambatan semburan air begitupun juga pipa hisab. Kebocoran pada pipa masuk maupun keluar dapat menurunkan daya hisap dan semburan.
  • Pompa air usahakan dari panas, genangan air, air hujan dan memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara