Cara Sederhana Menambah Tinggi Badan Yang Optimal

Tinggi badan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang memiliki tinggi badan optimal biasanya akan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibanding mereka yanag memiliki tinggi badan kurang optimal. Seperti dikutip dari situs kesehatan terpopuler WebMD kebiasaan kebiasaan sederhana sebenarnya dapat membantu meningkatkan tinggi badan yang optimal. Memang sekarang ini banyak tersedia dipasaran suplemen atau obat obatan yang mengklaim dapat meningkatkan tinggi badan seseorang dengan cepat.
Cara Sederhana Menambah Tinggi Badan Yang Optimal

Seperti dikutip dari Alodokter jangan pernah tergoda dengan iklan obat atau suplemen yang mengklaim bisa merangsang pertumbuhan tinggi badan, apalagi jika tertulis adanya hormon pertumbuhan yang terkandung di dalam suplemen tersebut. Pasalnya, hormon pertumbuhan hanya dapat diberikan dalam bentuk suntikan bukan tablet atau sirup. Selain itu ada efek samping yang berbahaya bagi tubuh Anda. Akan lebih baik memaksimalkan atau mengoptimalkan tinggi badan secara alami dan sehat.

Kurang optimalnya tinggi badan seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya yaitu, kurangnya asupan gizi, penyakit kronis, dan faktor genetik. Untuk mengetahui tinggi badan maksimal yang mungkin bisa dicapai, bisa dilakukan dengan menghitung tinggi badan kedua orangtua. Berikut ini adalah cara untuk menghitung perkiraan tinggi tubuh anak.

Menghitung perkiraan tinggi badan optimal anak perempuan

  • (tinggi ayah – 12.7 cm + tinggi ibu) dibagi 2.

Menghitung perkiraan tinggi badan optimal anak laki-laki

  • (tinggi ibu + 12.7 cm + tinggi ayah) dibagi 2.

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Masa pertumbuhan seperti dikutip dari WebMD akan berada di masa puncak yaitu pada pria sejak umur 11-13 tahun dan pada wanita dimulai sejak umur 9-12 tahun. Pertumbuhan akan tetap terjadi setelah umur tersebut namun melambat sampai biasanya berakhir pada akhir masa pubertas. Menurut RS Ulin umumnya akan berhenti pada pria 21 tahun pada wanita 19 tahun, namun bisa juga lebih dari itu tergantung dari sisi genetik juga. nah jika anda sebagai orang tua dan ingin ingin anak anda memiliki tinggi badan yang optimal maka berikut adalah beberapa cara sederhana dan alami yang terbukti mampu meningkatkan tinggi badan yang optimal.

Olahraga yang teratur
Sangat penting bagi mereka yang dalam masa pertumbuhan untuk melakukan olah fisik atau berolahraga secara teratur. hal ini akan merangsang hormon pertumbuhan dan meningkatkan tinggi badan yang optimal. Selain mampu meningkatkan tinggi badan yang optimal olahraga juga terbukti mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh artinya meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Beberapa olahraga yang terbukti mampu meningkatkan tinggi badan optimal adalah berenang, basket, lompat tali, lari, mengendarai sepeda, sepak bola dsb.

Penuhi kebutuhan untuk istirahat atau tidur
Seperti kita ketahui kurang mendapatkan waktu tidur yang baik akan menyebabkan rasa mengantuk disiang hari, malas, kurang fokus, kurang konsentrasi dan melemahnya kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan kurang dari 9 jam waktu tidur (untuk usia remaja dibawah 20 tahun) bisa memperlambat pertumbuhan. Perlu anda ketahui bahwa pada saat tidur, tubuh secara otomatis memproduksi hormon pertumbuhan atau HGH. Penuhi kebutuhan waktu tidur yang cukup yaitu 9 hingga 10 jam.

Makanan yang sehat dan seimbang
Makanan yang sehat dan berimbang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan yang optimal. Olahraga dan tidur yang cukup bisa jadi percuma jika makanan yang dikonsumsi tidaklah sehat, berimbang dan menutrisi. Karena nutrisi tersebut lah yang diserap oleh tubuh dan digunakan untuk tumbuh kembang seseorang untuk tinggi badan yang optimal. Perbanyak buah dan sayur, susu, daging atau makanan bernutrisi lain. Hindari makan makanan tidak sehat seperti mengandung bahan pengawet, mi instan, minuman bersoda, berpemanis dsb.

Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang seperti susu, bayam, kubis, ikan, jamur, brokoli. Selain kalsium dan vitamin D, konsumsi juga makanan yang mengandung protein tanpa lemak seperti daging ayam, sapi, ikan serta makanan yang mengandung zinc seperti kepiting, labu, kacang.

Hindari kebiasaan buruk yang memperlambat pertumbuhan tinggi badan optimal
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan dapat menghambat pertumbuhan, beberapa diantaranya adalah merokok baik aktif atau pasif, peminum minuman beralkohol, penggunaan obat obatan terlarang, sering mengkonsumsi obat atau suplemen yang mengandung steroid juga bisa menghambat pertumbuhan. Jika Anda memang harus menggunakan obat yang mengandung suplemen, pastikan dosisnya tidak terlalu tinggi dan sesuai dengan anjuran dokter.

1 comment:

  1. Mantap kang artikelnya Cara Meninggikan badan, langsung saya praktekkan cara yang di atas tadi. Ini sangat cocok untuk orang orang yang pengen tinggi termasuk saya. Jadi artikel di atas sangat membantu dalam meningkatkan tinggi badan

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara