Bagaimana Cara Memotivasi & Meningkatkan Kinerja Karyawan

Dalam setiap usaha yang berjalan dengan baik dan sukses pasti tidak dapat dipisahkan dari kinerja anak buah atau karyawan. Merekalah yang menjalankan roda perusahaan anda, kesuksesan maupun kegagalan perusahaan mereka jugalah yang mempengaruhi. Dan setiap karyawan pasti memiliki karakter yang berbeda sehingga berpengaruh juga terhadap kinerja mereka. Nah berikut adalah beberapa tips memotivasi karyawan atau anak buah agar kinerja mereka meningkat seiring waktu:

Memotivasi & Meningkatkan Kinerja Karyawan

Memotivasi & Meningkatkan Kinerja Karyawan

Mendukung ide-ide baru
Ide brilian bisa datang dari siapa saja termasuk karyawan anda. Pastikan untuk menerima dan mendukung masukan-masukan maupun ide ide baru dari karyawan anda untuk perkembangan usaha anda. Ketika anak buah atau karyawan anda memberikan ide atau masukan yang baik untuk perusahaan anda, itu tandanya mereka peduli. Mendukung ide-ide baru dan memberikan masing-masing individu kesempatan untuk menjalankannya adalah sebuah motivasi, meskipun pada akhirnya ide tersebut tidak berhasil.

Berikan wewenang pada setiap individu
Memberikan kewenangan kepada karyawan anda membuat kinerja karyawan akan meningkat. Mereka merasa optimis dan memiliki tanggung jawab yang lebih karena anda mempercayakan kewenangan sesuai dengan bidang karyawan anda. Membuat mereka mempunyai peran dalam pekerjaan mereka, besar atau kecil, akan membuat mereka mempunyai ‘sense of ownership’ yang akan membuat mereka mempunyai performa yang melebihi ekspektasi.

Jangan biarkan kebosanan mempengaruhi kinerja mereka
Ya kebosanan ditengarai sebagai masalah yang cukup umum menjadi faktor penyebab penurunan kinerja karyawan. Jadi jangan biarkan kebosanan dalam perusahaan atau tempat kerja mempengaruhi kinerja karyawan anda. Merencanakan happy hour, melakukan kunjungan kerja atau liburan saat cuti bersama, berkumpul bersama karyawan dan melakukan hal menyenangkan diluar jam kerja dsb.

Rayakan setiap momen penting
Kepedulian anda terhadap karyawan juga akan membangkitkan semangat mereka sehingga kinerja akan meningkat. Menurut salah satu pebisnis online sukses mengatakan 7 tahun lalu, ketika perusahaan hanya mempunyai kurang dari 10 karyawan, kami merayakan ulang tahun setiap karyawan, work anniversary, pertunangan, dan juga kejadian-kejadian penting pribadi mereka. Sekarang, sebagai perusahaan yang mempunyai lebih dari 100 karyawan, kami masih merayakan kejadian-kejadian penting tersebut.

Tidak hanya punishment mereka juga ingin diakui pencapaian professional mereka
Wajar jika anda memberikan "hukuman" bagi karyawan anda yang melanggar kebijakan dari perusahaan anda, namun jangan pernah juga melupakan memberikan pujian atau rewards kepada mereka yang berhasil mencapai keprofesionalan mereka. Setiap orang ingin diakui kehebatannya. Pengakuan dan pujian dari perusahaan akan sangat berarti bagi seorang karyawan, lebih dari yang Anda bayangkan.

Berikan pengakuan pada mereka yang berhak mendapatkannya. Meskipun para karyawan datang ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah ditetapkan untuk mereka, jika mereka melakukannya dengan baik, hal itu juga merupakan sebuah pencapaian. Beri tahu semua orang di perusahaan tentang kerja keras mereka. Memberikan reward pada suatu pencapaian, Anda dapat memberikan insentif keuangan akan membuat mereka terkesan atau intangible reward seperti training yang valuable.

Luangkan waktu Anda & Dengarkan mereka
Meskipun Anda mempunyai jadwal yang sangat padat, Anda perlu meluangkan sedikit waktu, mungkin beberapa menit setiap harinya untuk mengobrol dengan karyawan Anda. Meskipun mungkin hal tersebut tidak ada di kalender jadwal Anda. Setiap orang tidaklah sama. Mendorong berkembangnya kepribadian setiap orang akan menciptakan kultur yang dinamis dan beraneka ragam. Selain itu juga akan tercipta lingkungan kerja yang lebih terbuka dan dapat menerima perbedaan.

Mungkin anda sebagai pemilik usaha akan terlalu sibuk mengurusi pekerjaan, tetapi sesibuk apapun pekerjaan anda luangkan sedikit waktu dekat dengan karyawan dan mendengarkan mereka. Meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk mendengarkan ide karyawan Anda tidak hanya membuat mereka senang, namun juga akan memberikan Anda wawasan lebih pada bisnis Anda dari orang-orang yang membantu Anda menjalankannya. bagi karyawan sendiri mereka akan merasakan kedekatan dengan owner perusahaan sekaligus akan meningkatkan semangat kerja mereka.

Mendukung & mendorong adanya persaingan yang sehat
Dalam setiap lingkungan usaha pasti selalu ada lingkungan yang kompetitif, dan jika anda selalu mendukung dan mendorong lingkungan kerja yang sehat dan kompetitif maka anda akan mendapatkan lingkungan yang produktif. Mendorong karyawan untuk berpartisipasi pada kompetisi atau tantangan merupakan hal yang sehat dan bahkan akan meningkatkan persahabatan.

Buatlah sasaran yang sesuai dan dapat dicapai
Banyak karyawan selalu mengeluhkan target yang terlampau sulit atau tinggi yang ditetapkan oleh perusahaan. Membuat sebuah target adalah hal yang penting, namun memastikan bahwa sasaran yang dibuat tidak terlampau tinggi akan membantu Anda menentukan tercapai atau tidaknya target pada evaluasi akhir tahun.

Jadilah leader atau pemimpin yang layak untuk diikuti
Setiap figur pemimpin pasti akan dicontoh oleh anak buahnya. Jadi jangan pernah mengharapkan kinerja karyawan akan maksimal jika anda tidak berkinerja tinggi. Jika karyawan tidak menilai anda sebagai pemimpin yang layak, bagaimana anda bisa mengharapkan mereka juga melakukan hal yang sama. Saya tidak dapat mengharapkan karyawan saya untuk melakukan suatu hal jika saya tidak melakukannya juga. Saya selalu bertanya pada diri saya apakah ekspektasi saya untuk karyawan saya sebanding dengan ekpektasi yang akan saya tetapkan untuk diri saya sendiri. Jadi berikan mereka contoh dan teladan yang baik.

Membuat hubungan yang lebih personal
Ini memang merupakan hal yang cukup tricky, karena ada suatu batasan yang tidak boleh kita lewati antara bos dengan karyawannya. Namun, menunjukkan kepedulian dan ketertarikan pada kehidupan masing-masing karyawan akan cukup berguna.

Membuat lingkungan kerja yang positif
Tidak ada tempat untuk pikiran negatif untuk mencapai kesuksesan. Sebuah lingkungan kerja yang positif merupakan cerminan dari pemimpin yang positif.

Mengembangkan kreativitas
Lingkungan yang kreatif adalah lingkungan yang mudah berkembang. Doronglah kreativitas, buatlah “thinking out of the box” menjadi kewajiban, dan lihatlah bisnis Anda berkembang

Buatlah ekspektasi yang jelas
Tentukan ekspektasi atau harapan yang jelas, sehingga Anda dapat menetapkan hasil yang spesifik.

Buatlah karyawan merasa memiliki perusahaan
Kesuksesan suatu bisnis berada pada ‘ownership’. Ketika karyawan merasa mereka mempunyai investasi di perusahaan, produktivitas akan meningkat.

Jadilah lebih fleksibel
Segala sesuatu tidak berakhir sesuai yang direncanakan, namun jika karyawan melihat Anda cukup terbuka dan berlapang dada untuk mengikuti alur, ketegangan akan menurun dan produktivitas akan tetap konstan.

Berikan keseimbangan pada waktu kerja
Sebuah lingkungan kerja yang hidup memang baik, namun menjaga keseimbangan antara waktu kerja dan refreshing juga penting untuk mempertahankan tingkat produktivitas dan juga kesehatan jiwa para karyawan.

Berikan mereka alasan untuk datang bekerja setiap hari
Datang bekerja setiap hari dan kesiapan untuk melampaui ekspektasi, membutuhkan semangat juang yang tinggi untuk mencapainya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara