sponsored ads

Hubungan Pernikahan Awet & Langgeng? 7 Tips Ini Mungkin Membantumu

Posted By : Posted on - 12:07:00 PM with 2 comments

Setiap orang yang ingin menjajaki hubungan yang lebih serius (pernikahan) tentu mengharapkan hubungan yang langgeng, hidup bersama sampai kakek-nenek dan hanya kematian yang memisahkan. Namun kenyataannya sekarang ini banyak pasangan yang berpisah padahal umur pernikahan baru seumur jagung bahkan diperparah perpisahan disebabkan hal yang sepele.
Keterbukaan, kejujuran, komunikasi, saling menghargai dan menghormati merupakan cara yang jitu dan ampuh untuk mempertahankan pernikahan.

Bagaimana Agar Hubungan Pernikahan Awet & Langgeng
Pernikahan yang Lebih Bahagia
Memang menjadi hal yang wajar jika banyak terjadi perdebatan, pertengkaran atau silang pendapat karena memang pada dasarnya setiap manusia diciptakan dengan pikiran yang berbeda satu sama lainnya. Namun hal tersulit adalah bagaimana menyelaraskan 2 pikiran yang berbeda bisa sejalan dalam satu hubungan yaitu pernikahan.

 
Tips Membina Hubungan Pernikahan Lebih Bahagia

Sehingga kehidupan pernikahan akan berjalan harmonis, tentram, penuh dengan kehidupan romantis dan pastinya berjalan langgeng. Nah berikut adalah 7 tips menjaga hubungan pernikahan agar awet dan langgeng seperti dikutip dari situs Life Hacker:
 
1. Hormati setiap perbedaan Pasangan

Permasalahan yang sering terjadi dalam hubungan ketika salah satu atau kedua pasangan tidak dapat menerima kekurangan masing masing pasangan ketika keduanya sudah dalam pernikahan. Dulu saat berpacaran tentu kekurangan kekurangan ini tidak atau belum terlihat. Hubungan yang sehat akan tumbuh ketika pasangan menghargai setiap perbedaan tanpa harus memaksanya untuk berpendapat sama dan saling memberi pasangan ruang pribadi.

Dalam hubungan, penting untuk juga memberi pasangan kita hak mereka sendiri, seperti berkumpul dengan teman mereka, hobi atau aktifitas mereka sendiri. Dengan cara ini, Anda belajar dan tumbuh bersama sementara memelihara kualitas yang unik pada masing-masing individu dalam kehidupan pernikahan.

2. Komunikasi Lebih Transparan

Menjaga keterbukaan dan komunikasi yang intens merupakan hal wajib untuk menjaga pernikahan yang awet dan langgeng. Seringkali, kita mengatakan apa yang kita pikir orang lain ingin mendengarnya, atau takut mengatakan yang sebenarnya terjadi hanya karena tidak ingin melihat orang lain bersedih. 

Namun, tidak ada gunanya menyembunyikan atau merahasiakan kekurangan kekurangan dalam diri Anda ketika berada dalam suatu hubungan. Dalam hubungan pernikahan maka semuanya harus terbuka karena memang anda sudah berkomitmen dalam hubungan yang lebih serius. 

Pernikahan adalah menyatukan 2 individu yang berbeda dan bisa menjalani kehidupan menjadi satu arah dan tujuan. Keterbukaan, kejujuran dan komunikasi yang baik berarti cukup berani untuk mengatakan apa yang Anda rasakan. Ini juga berarti menerima kejujuran pasangan Anda, sehingga jalur komunikasi tetap transparan.

3. Saling menginspirasi untuk Menjadi Lebih Baik

Ketika Anda pertama kali bertemu dengan pasangan anda dan jatuh cinta kepada pasangan, kemungkinan karena anda merasa pasangan anda penuh dengan inspirasi. Perasaan saling memotivasi dan menginspirasi untuk mendorong satu sama lain menuju tujuan yang sama dalam pernikahan anda. 

Dalam hubungan yang bekerja baik, keinginan untuk memotivasi satu sama lain meningkat seiring waktu, bahkan saat di tengah-tengah keadaan sulit. Anda menyambut setiap tantangan baru bersama-sama, dengan tujuan membantu satu sama lain menjadi lebih baik dalam segala hal.

4. Menghargai setiap hal kecil dalam pernikahan anda

Hal hal kecil yang terjadi dalam pernikahan anda adalah momen penguat pernikahan anda. Ucapan terima kasih, saling mengingatkan jika terjadi kesalahan, saling membantu, bekerja sama dan kebiasaan kebiasaan kecil lainnya dalam rumah tangga anda perlu anda jaga, jangan sampai kekompakan akan hilang seiring berjalannya waktu. 

Hal ini akan meningkatkan kualitas hidup pernikahan anda, kehidupan yang harmonis dan romantis ditengah tengah keluarga anda.

5. Saling menerima kelebihan dan kekurangan

Dengan merangkul kekurangan masing-masing, kita masih dapat membantu pasangan kita tumbuh tanpa jatuh ke dalam perangkap mengerikan, berpikir bahwa kita akan mencintai mereka jika saja mereka akan berubah. Itu tak terelakkan bahwa setiap orang akan berubah. 

Setiap orang pasti mudah menerima segala kelebihan dari pasangannya tapi bagaimana dengan kekurangan mereka? Jika Anda tidak bisa mencintai kekurangan dari pasangan anda, kemungkinan Anda tidak akan pernah mencintai pasangan anda seutuhnya.

6. Buat kehidupan pernikahan anda dengan hal hal baru menyenangkan

Rasa bosan merupakan hal yang wajar terjadi dalam pernikahan. Tetapi jangan sampai kebosanan dalam rumah tangga anda menjadi pemicu keretakan hubungan pernikahan. Hal hal menyenangkan baru bisa anda lakukan untuk membuat kehidupan pernikahana anda menjadi lebih bermakna, sehingga kehidupan selalu tetap segar dan memuaskan. 

Anda dapat saling memberi sesuatu yang baru dengan tetap penasaran. pasangan tidak pernah statis, karena kita semua terus berubah. Hal ini memastikan kita tidak pernah tahu benar-benar segala sesuatu tentang orang lain. Mencoba hal-hal baru bersama-sama, petualangan baru, dan buat pasangan anda selalu penasaran dengan hal baru yang akan anda buat.

7. Segera selesaikan masalah tanpa menunggunya tumbuh lebih besar

Salah satu hal yang paling umum terjadi dalam masalah hubungan pernikahan adalah membiarkan masalah masalah kecil tidak secepatnya terselesaikan akhirnya menjadi besar. Setelah masalah itu besar seringkali menciptakan keretakan dalam hubungan pernikahan. 

Selalu menyelesaikan setiap permasalahan dengan spontanitas walaupun itu hal kecil. Jangan sampai masalah berlanjut dan masalah itu harus selesai sebelum anda berdua masuk kedalam kamar tidur.

2 comments:

  1. Saya sangat setuju dengan menjalin komunikasi yang benar adalah salah satu yang turut menentukan kebahagiaan dan kelangsungan sebuah keluarga.

    ReplyDelete
  2. Menghargai hal hal yang kecil dalam sebuah keluarga bisa menjadi cara yang ampuh dalam mengarungi bahtera pernikahan yang bahagia.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara