sponsored ads

8 Kiat Merawat Cinta Jarak Jauh / LDR Agar Langgeng

Posted By : Posted on - 9:28:00 AM with 1 comment

Hubungan jarak jauh - Menjalin hubungan jarak jauh / LDR (Long Distance relationship) pasti tidak akan berjalan mudah, selalu saja ada hambatan yang membuat hubungan seringkali bermasalah. Sering bermasalah namun tidak mustahil untuk menjagaa hubungan sehat dan berjalan awet dan langgeng. Seringkali urusan pendidikan, karier atau pekerjaan membuat hubungan harus trpisah jarak dan waktu. Hubungan jarak jauh dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menjalani hubungan yang akan indah pada waktunya suatu saat nanti.

 8 Kiat Merawat Cinta Jarak Jauh / LDR Agar Langgeng
Image source: Theodysseyonline.com
Kemajuan teknologi komunikasi seperti telpon, sosial media, webcam memang memudahkan dan mendekatkan hubungan namun belum tentu kemudahan komunikasi tersebut menjamin hubungan akan berjalan lancar dan mudah. Diperlukan beberapa hal yang bisa membuat hubungan jarak jauh menjadi harmonis dan sehat, dan berikut adalah tips buat kamu yang sedang menjalani hubungan jarak jauh / LDR:

 8 Kiat Merawat Cinta Jarak Jauh

Jangan menebak, menerka... jika kamu merasa curiga bertanyalah
Salah satu hal yang membuat hubungan jarak jauh menjadi rumit dan bermasalah adalah masalah kepercayaan, ya karena mereka terpisah jarak dan waktu. Jika hubungan anda ingin berjalan lebih harmonis dan sehat maka jangan menebak, menerka atau menuduh. Kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertemu sering menimbulkan tanda tanya. Jangan hanya menerka apa yang terjadi, tapi tanyakan secara langsung.

Bicarakan atau komunikasikan dengan intens masalah masalah yang ingin kamu ketahui dan selesaikan dengan baik. Jangan biarkan kita hanya menjadi pendengar, ungkapkan apa yang ingin dikatakan. Tapi jangan pula kita terlalu dominan dalam percakapan sehingga tak memberi kesempatan kepada pasangan untuk bicara.


Komunikasi yang intens
Keadaan atau kondisi yang membuat kamu tidak bisa saling bertemu untuk sementara waktu tidak lantas membuat perhatianmu teralihkan. Komunikasi teknologi yang semakin mudah seharusnya bisa membuat kamu dan pasangan lebih mudah lebih leluasa untuk saling bertegur sapa, mengabarkan keadaanmu berdua dan saling mendekatkan.

Keterbukaan, kejujuran dan kepercayaan
Jika kalian berdua sudah berkomitmen untuk melanjutkan hubungan walaupun terpisah jarak dan waktu seharusnya jadikan momen ini sebagai ujian ketulusan kamu berdua. Ingat bahwa di akhir ujian yang berat selalu ada hikmah dan hasil manis. Keterbukaan akan membuat kalian lebih mengetahui keadaan masing masing, kejujuran akan mengajari bagaimana kamu dan dia bisa saling menjaga kesetiaan dan saling percaya membuat kamu dan dia belajar bertanggung jawab memegang rasa percaya yang diberikan.

Kesabaran akan berbuah manis suatu saat nanti
Jadikan alasan kamu untuk berpisah sementara waktu (karena karier atau pendidikan) dan menjalani hubungan jarak jauh sebagai motivasi. Motivasi utnuk membuat masa depan kalian berdua lebih baik dan lebih cerah. Ketika kalian berdua bisa saling bersabar untuk sementara waktu ini, akan ada hari cerah dimana suatu saat nanti kamu bertemu lagi.

Hormati kegiatan dan jadwal masing-masing
Kita memiliki jadwal kesibukan sendiri yang tidak selalu sama dengan pasangan, dan hal ini kadang memicu konflik. Selalu rencanakan kapan waktu yang tepat untuk saling berkomunikasi. Cobalah beberpa bulan sekali jika keadaan memungkinkan berusaha untuk bertemu walupun hanya sebentar. Kesibukan dan jadwal masing-masing tak pernah sama dan sering memicu pertengkaran. Cobalah mencari waktu yang cocok untuk berkomunikasi tanpa mengganggu jadwal masing-masing.

Saling peduli dan perhatian walau jarak memisahkan, Hindari saling mengabaikan
Saling peduli dan memperhatikan kondisi masing masing. Pehatianmu adalah apa yang ditunggu pasanganmu walaupun hanya lewat telpon, sms atau media sosial. Tunjukan pada dia bahwa kamu peduli dan memperhatikan walau jarak memisahakan. Pasangan sulit mengerti apa yang kita bicarakan melalui telepon. Jangan langsung menutup telepon, yang biasanya diikuti dengan mengabaikan panggilan berikutnya dari pasangan.

Jangan pernah saling menyalahkan
Saling menyalahkan adalah kesalahan fatal apalagi jarak memisahkan. Jangan selalu egois menganggap diri sendiri benar dan orang lain salah. Jika kamu memang merasa bersalah tidak ada salahnya meminta maaf, juga tidak ada salahnya mengingatkannya jika dia salah.

Pahami kesulitan
Ingatlah untuk menyadari bahwa membangun hubungan jarak jauh itu tidak mudah, selalu ada kesulitan. Ingatlah, pasangan juga merindukan kita dan sangat sulit untuknya berada di tempat yang jauh. Jodoh mungkin ada di tangan Tuhan, tapi tidak menjaga hubungan yang sudah terjadi bukanlah pilihan yang tepat. Sedikit kerja keras dan kesabaran bisa membuat hubungan jarak jauh lebih indah dan sempurna. Saling mengingatkan, saling mengomunikasikan masalah dan mencoba memecahkan kesulitan yang kalian hadapi akan membuahkan hasil suatu saat nanti.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara