7 Tips Berhemat (Sesuai Pendapatan) Agar Bisa Menabung

Posted By : Posted on - 5:29:00 AM with No comments

Menabung sesuai pendapatan - Pendapatan atau gaji kecil tidak lantas menghentikan anda untuk menabung. Menabung sangat penting untuk masa depan anda, penting untuk keperluan mendadak yang tidak bisa dihindarkan ataupun menyiapkan modal untuk masa depan. Apapun tujuan anda untuk menabung, dengan menabung akan membantu anda untuk lebih berhemat dan menyiapkan masa depan yang lebih baik. Uang merupakan faktor penunjang penting dalam kehidupan kita, dengan menggunakan alat pembayaran ini kita bisa memenuhi kebutuhan sehari hari.

Tips berhemat dan Menabung
Img source: Xgn.nl
Hampir semua orang sukses didunia ini pasti juga gemar menabung dan mengelola finansial mereka dengan lebih baik. Mereka memiliki catatan yang akurat bagaimana uang masuk dan uang yang mereka keluarkan. Sangat disayangkan ketika kita bekerja sangat keras tetapi kita tidak memiliki tabungan bekal masa depan, gajian habis bahkan sudah berhutang sebelum gajian berikutnya diterima. Tidak masalah gajia anda besar atau kecil, anda harus bisa bisa berhemat dan selalu sisihkan berapa persen dari gaji anda untuk menabung. dan berikut adalah tips berhemat sesuai pendapatan agar bisa disisihkan untuk menabung.

Tips berhemat dan Menabung

Jangan pernah lupakan mencatat pengeluaran dan pemasukan
Catan aliran uang anda sangat penting dilakukan, dengan cara ini anda bisa mengetahui aliran uang baik yang masuk maupun yang anda keluarkan untuk keperluan sehari hari. Dengan mengetahui aliran uang anda juga aan menyadari  bahwa pengeluaran seharusnya tidak lebih besar dari pemasukan, dengan begini anda akan lebih berhemat dan menyisihkan uang anda untuk menabung. Jangan membuang struk pembelian kebutuhan sebelum mencatatnya, bahkan hal hal kecil sekalipun yang menggunakan uang anda harus anda catat.

Belanja kebutuhan dengan lebih bijak
Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda beda sesuai dengan pendapatan mereka. Nah pastikan untuk membeli kebutuhan yang penting untuk didahulukan dan mengesampingkan sementara waktu kebutuhan yang dirasa tidak terlalu penting. Bukan berarti anda tidak boleh membeli atau membelanjakan barang atau keperluan favorit anda, hanya "menahan" sementara waktu ketika anda memiliki uang "lebih" yang bisa anda belanjakan. Dengan mementingkan keperluan yang lebih penting untuk dibelanjakan anda akan memiliki sejumlah uang untuk ditabung.

Boleh jajan sesekali tapi jangan setiap hari
Boleh saja makan di restoran atau tempat makan favorit anda sesekali jika anda bosan dengan masakan dirumah tetapi jangan menjadi kebiasaan. Seperti ditulis oleh Erick Nielson pakar finansial mengatakan bahwa "Anda memakan makanan yang sama diluar rumah sendiri, hal itu bisa dibelanjakan dan bisa anda makan bersama 2 anggota keluarga lainnya". Hal itu berarti ketika anda membeli makanan di luar (restoran) 1 porsi dan ketika anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan yang sama anda bisa membuatnya menjadi 3 porsi. Coba hitung ketika setiap hari anda terbiasa jajan diluar, hal ini bisa membahayakan finansial anda. daripada jajan diluar lebih baik buat makanan sendiri dirumah dan sisanya bisa anda gunakan untuk ditabung.

Bersedekah
Lho apa hubungannya bersedekah dengan berhemat untuk menabung? Jelas banyak kaitannya, coba anda lihat hampir semua pebisnis sukses didunia ini, hampir kebanyakan dari mereka memiliki foundation atau badan amal untuk menyalurkan sedekah mereka dan hal itu justru tidak membuat "orang orang kaya" ini jatuh miskin, justru mereka semakin melimpah. Percaya atau tidak dengan bersedekah tidak akan membuat anda miskin dan kekurangan tetapi justru uang anda akan semakin melimpah. Dan ketika rezeki anda terus meningkat anda akan memiliki banyak kesempatan dan peluang untuk menabung.

Menabung dicelengan
Menabung itu tidak perlu banyak uang atau harus berapa yang terpenting adalah anda konsisten menyimpan berapa besar uang anda untuk ditabung. Jika penghasilan anda masih kecil anda bisa menabung dicelengan, jadwalkan tiap hari atau beberapa hari sekali anda harus memasukkan uang di celengan tanpa terlupa setelah penuh buka celengan dan pindahkan ke bank begitu seterusnya. tanpa anda sadari akan semakin besar uang anda di bank.

Menabung di bank lupakan ATM
Memang menabung dibank dan anda menyimpan ATM di dompet anda hal itu banyak membantu anda jika anda ingin membeli kebutuhan secara instan, perlu uang tinggal ambil di ATM. Tetapi tanpa anda sadari dengan memegang ATM ditangan anda semakin kecil uang tabungan anda akan meningkat direkening bank anda. Jika anda memutuskan untuk hidup berhemat agar terus bisa menabung simpan uang anda di bank tetapi lupakan untuk memegang atau menyimpan ATM ditangan anda.

Jadwalkan dengan teratur
Tidak peduli berapa besar uang yang bisa anda tabung tetapi buatlah jadwal yang teratur untuk menabung, tidak peduli sehari 1000, 2000, 5000 ataupun sejumlah tertentu yang terpenting adalah konsisten dan teratur. Pastikan untuk menyisihkan seberapa besar uang anda untuk ditabung selepas gajian anda terima. Akan lebih baik secepatnya setelah anda menerima gajian, hal ini akan mencegah anda untuk menunda menabung.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara