sponsored ads

4 Tips Jitu Agar Anak Tak Takut Minum Obat

Posted By : Posted on - 6:53:00 AM with No comments

Kebanyakan anak anak akan sulit untuk meminum obat, karena apa yang mereka pikirkan bahwa minum obat itu pasti pahit dan tidak enak sehingga pikiran pikiran semacam ini akan membentuk opini yang tertanam dalam benak mereka dan membentuk kebiasaan. 

Kita sebagai orang tua tentu tidak menginginkan ketika anak kita sakit tetapi mereka tidak mau meminum obat sesuai yang diresepkan oleh dokter terkait. Memang hal ini wajar karena dalam pikiran polos mereka obat merupakan "barang yang tidak mengenakkan" bahkan kebanyakan anak anak menganggap dokter, rumah sakit atau hal hal medis lainnya merupakan "hal yang menakutkan".

Sperti dikutip dari Psikolog Endang kamuljan seperti yang ditulis di website Tempo.co hal yang bisa dilakukan supaya anak mau minum obat adalah menjadikan rumah sakit atau klinik kesehatan sebagai tempat yang menyenangkan sebagaimana tempat tamasya. 

Misalnya, ketika ke rumah sakit, ajak dokter berpura-pura sebagai teman orang tua. Saat hendak memeriksa, biasakan dokter meminta izin dulu kepada anak. Dengan begitu, sang anak tak lagi melihat obat sebagai sumber penderitaan.

Anak anak
Tips mengatasi anak takut minum obat
Nah berikut adalah beberpa ips agar anak -anak mau meminum obat yang diresepkan oleh dokter dan menganggap bahwa obat bukanlah hal yang menyeramkan:

Biasakan anak dengan obat sejak dini, dimulai dari vitamin

Anak anak membutuhkan vitamin yang tepat ketika mereka dalam masa tumbuh kembang. Anda dapat memberikan penjelasan dan pengertian bahwa meminum obat sama halnya seperti meminum vitamin cuma sedikit pahit. Saat anak berusia satu sampai tiga tahun, madu bisa ditambahkan pada puyer untuk mengurangi rasa pahit. 

Tapi pemberian madu harus dikurangi secara bertahap agar anak terbiasa dengan rasa pahit. Dan tentu saja hal ini harus anda konsultasikan dengan dokter terkait.

Temukan penyebab kenapa anak tidak mau minum obat

Beberapa psikolog menemukan bahwa tidak hanya karena rasanya yang pahit yang menyebabkan anak anak enggan untuk meminum obat ketika mereka sakit, ada hal hal lain yang bisa menyebabkan ketakutan mereka tersebut seperti tersedak, obat sulit tertelan dan lain sebagainya. 

tanyakan mereka dengan halus dan ketahui penyebab kenapa mereka enggan minum obat untuk dapat menemukan solusi.

Memberikan motivasi dan kenyamanan

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi pengetahuan tentang jenis-jenis obat," katan Endang. Bisa saja sejak kecil anak diberi madu sebagai vitamin, setelah itu baru dijelaskan bahwa madu yang manis tersebut adalah termasuk obat. "Sehingga tertanam bahwa obat bukan sesuatu yang tidak enak." 

Anda harus memotivasi anak agar mereka mau meminum obat ketika mereka sakit. Beri motivasi dengan memberikan contoh bahwa jika sakit, harus minum obat. Buat anak merasa nyaman dengan mendekapnya sebelum memasukkan obat ke mulut anak.

Sesekali anak boleh dipaksa minum obat, tapi jangan terlalu sering

Nah hal terakhir yang bisa anda lakukan ketika segala cara sudah anda coba tapi tidak mempan. Sesekali anak boleh dipaksa minum obat, tapi jangan terlalu sering.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara