16 Tips Menghemat Pemakaian Energi Listrik Dirumah Kita

Menghemat daya listrik - Tagihan listrik membengkak tentu akan menimbulkan masalah baru untuk kita yaitu pengeluaran kebutuhan tiap bulan akan meningkat. Belum lagi tarif dasar listrik akan terus meningkat seiring terus dikuranginya subsidi listrik. Jadi pastikan untuk menggunakan listrik yang ada dilingkungan rumah kita dengan bijak. Penghematan dan penggunaan listrik yang benar akan membuat kelistrikan dirumah kita aman dan tentu saja kita bisa menghemat pengeluaran tagihan listrik yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan lain. Dan yang terpenting adalah jika semua tersadar akan pentingnya penghematan listrik di keluarga kita maka subsidi daya listrik PLN bisa di gunakan untuk menyalurkan listrik bagi mereka mereka yang tidak mampu.

Img source: Bbc.com
Listrik memang memudahkan kita dalam banyak hal, namun pemakian listrik yang tidak tepat bisa membahayakan seperti konsleting yang bisa memicu kebakaran, tersengat arus listrik dsb. Berhemat tidak harus menghentikan pemakian alat alat listrik yang membantu memudahkan kegiatan kita, namun terpenting adalah bagaimana menggunakan alat alat yang menggunakan listrik dan bagaimana cara menghemat penggunaan listrik. Mungkin kita sudah merasa menghemat pemakaian listrik tetapi kenapa tagihan listrik masih membengkak? Nah jika begitu baca tips tips berikut ini tentang bagaimana cara menghemat listrik yang benar.

Tips Menghemat Listrik dirumah kita

  1. Nyalakan listrik seperlunya saja, ketika alat alat listrik tersebut tidak digunakan selebihnya dimatikan saja
  2. Hindari menyimpan makanan panas ke dalam kulkas, makanan panas akan memicu mesin pendingin kulkas bekerja ekstra dan hasilnya daya yang digunakan semakin besar.
  3. Atur serta sesuaikan suhu AC berdasar luas ruangan, akan lebih baik gunakan "pendingin alami" alias angin dari jendela
  4. Rumah dengan tipe hemat daya listrik artinya sirkulasi udara yang baik (menghemat daya listrik pada AC), Penerangan alami (meminimalisir lampu dihidupkan siang hari) dsb.
  5. Selalu teratur cek kelistrikan beberapa tahun sekali. Kabel bocor, alat alat yang tidak berstandar, konsleting tidak akan memperbesar daya listrik tetapi juga berbahaya.
  6. Pergunakan segala peralatan seperlunya saja (jadwalkan beberapa hari sekali jangan tiap hari) seperti mesin cuci, setrika dll sesuai dengan kapasitas
  7. Buatlah tandon air jika Anda menggunakan mesin pompa, mesin pompa listrik memiliki daya listrik besar jika tiap kali anda kehabisan air dan selalu menghidupkan pompa air ini tentu pemakaian listrik akan membengkak.
  8. Belilah setrika yang memiliki pengatur panas otomatis
  9. Nyalakan televisi ketika Anda ingin menonton, jangan dibiasakan tv menyala ketika Anda tertidur
  10. Ketika ingin memasak nasi dengan rice cooker, gunakan air yang telah dipanaskan terlebih dahulu, cara ini dapat mempersingkat waktu memasak sehingga pemakaian listrik dapat dihemat
  11. Gunakan lampu penerangan dengan bijak, nyalakan pada malam hari. Ketika siang hari manfaatkan sinar matahari untuk menyinari di dalam ruangan rumah Anda
  12. Gunakan alat alat listrik SNI dan hemat listrik seperti lampu hemat energy, untuk komputer Anda gunakan monitor LCD atau LED karena lebih hemat listrik daripada menggunakan monitor tabung.
  13. Cabut kabel dari stop kontak dari alat lat listrik yang tidak digunakan tidak hanya mematikan on / off nya saja seperti TV, komputer, mesin cuci dsb. Listrik masih tetap mengalir ke peralatan elektronik Anda sebaiknya Anda juga mencabut kabel dari pusat sumber listrik.
  14. Hindari pemasangan steker secara bertumpuk untuk menghindari korsleting yang dapat menimbulkan kebakaran serta pemakaian daya listrik yang semakin besar sebab kabel yang anda gunakna untuk stop kontak bertumpuk akan panas dan tidak sesuai daya yang dikeluarkan untuk menghidupkan alat alat listrik yang anda gunakan.
  15. Jika Anda masih saja kesulitan dalam mengontrol pengunaan listrik di rumah, kini Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih menggunakan listrik prabayar. Sama seperti membeli pulsa telepon, tagihan listrik akan disesuaikan dengan paket yang Anda beli dan akan habis dengan sendirinya jika kuota telah tercapai.
  16. Selalu segera hubungi petugas profesional atau petugas PLN bersertifikat ketika ditemukan masalah pada listrik di rumah anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara