12 Cara Menyingkirkan Malas & Membuat Hidup Lebih Produktif

Malas merupakan salah satu faktor terbesar kegagalan. Malas membuat seseorang menjadi tidak produktif, enggan keluar dari zona nyaman dan menyebabkan hidup menjadi tidak teratur. Kemalasan adalah musuh utama produktivitas. Seseorang yang suka bermalas-malasan, suka menunda nunda pekerjaan ataupun waktu umumnya mereka tidak produktif (menghasilkan) dan tidak sukses dikemudian hari.
Cara Menyingkirkan Malas & Membuat Hidup Lebih Produktif

Malas membuat seseorang tidak bisa mencapai hal-hal yang berarti yang sebenarnya bisa mereka lakukan, atau bahkan jika kita melakukannya, kita melakukannya dengan setengah hati atau dilakukan secara terpaksa. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi kemalasan dan membuat hidup anda lebih produktif:

Menyingkirkan Rasa Malas

Buatlah to do list atau jadwal untuk esok hari
Membuat jadwal kegiatan yang akan anda lakukan esok hari sebelum tidur akan membuat rencana esok hari lebih terorganisir dan teratur. Anda memiliki rencana-rencana kegiatan yang akan anda lakukan esok hari, dengan demikian tidak akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup
Tidur merupakan waktu yang tepat bagi tubuh kita untuk memulihkan tenaga dan pikiran yang kita gunakan selama seharian beraktifitas. Memenuhi kebutuhan waktu untuk tidur akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar, fit dan bersemangat. Kurang istirahat atau tidur akan menyebabkan rasa malas muncul, mengantuk disiang hari, tidak fokus (kurang konsenstrasi), badan cepat lelah, mudah stres, mood gampang berubah dan yang utama adalah tubuh lemah dan gampang terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh menurun.

Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting untuk membantu kita menciptakan dan meningktkan memori (kefokusan dan konsentrasi), memelihara sistem imun tubuh, dan membuat kita berenergi saat terjaga.

Jauhkan segala barang elektronik dari kamar atau saat beraktifitas
Gadget, internet, tv atau barang elektronik lain merupakan salah satu penyebab yang mengalihkan kefokusan kita dan membuat kita menunda waktu. Pastikan jauhkan gadget atau barang elektronik lain saat bekerja atau beraktifitas. Kamar anda seharusnya juga menjadi zona bebas barang elektronik yang membantu anda lebih cepat tidur.

Jauhkan stres dan awali hari anda dengan momen yang damai
Saat akan tidur buang pikiran pikiran negatif, rasa cemas, khawatir, stres dan pikiran negatif lain. Selain membuat tidur anda tidak nyenyak pikiran negatif ini juga akan berimbas saat anda bangun, anda menjadi malas dan enggan melakukan apapun. Luangkan beberapa menit setiap bangun pagi untuk melakukan refleksi diri dan bersyukur atas apa yang anda dapatkan. Anda akan lebih termotivasi untuk menjalani hari-hari dan membuat semangat anda kembali bangkit. Sebelum membuka pintu dan keluar, tarik nafas dalam-dalam dan refleksikan pada hal-hal baik dalam hidup. Momen singkat ini akan memberikan perspektif tentang arti waktu bagi anda, dan membuat target dan tujuan anda menjadi tak begitu menakutkan.

Jangan lupakan Olahraga di pagi hari
Malas juga bisa muncul akibat masalah kesehatan, tubuh yang lemas dan tidak fit. Dengan olahraga teratur terutama dipagi hari hal ini akan membantu tubuh anda dalam keadaan fit dan metabolisme tubuh meningkat. Dengan tubuh yang sehat, fit dan bugar anda bisa melakukan kegiatan apapun yang ingin anda lakukan. Berolahraga teratur di pagi hari dan mengeluarkan berkeringat, juga akan membantu pelepasan endorphin atau senyawa kimia diotak yang bertanggung jawab terhadap rasa senang, bahagia, tentram dan memberikan dorongan ekstra yang memberikan sikap yang benar dan kemampuan fisik untuk mengatasi tantangan hari itu.

Istirahat sejenak jika diperlukan
Tubuh kita tidak seperti mesin yang bisa dipacu setiap hari tanpa henti. Beristirahatlah sejenak jika hal itu memang diperlukan. Menyempatkan beberapa menit untuk berjalan-jalan atau bersosialisasi akan memberikan pikiran anda kesempatan untuk beristirahat. Juga gunakan waktu libur atau cuti anda untuk istirahat atau berlibur untuk refreshing pikiran anda.

Memperbanyak minum air putih
Begitu banyak manfaat air putih. Air putih membantu tubuh kita terhidrasi, mengeluarkan racun dan zat kimia dari dalam tubuh, dan juga membantu pikiran bekerja dengan baik lebih terfokus dan konsentrasi. Minum lebih banyak air putih, untuk tubuh dan pikiran yang lebih sehat. Tubuh dan pikiran yang sehat akan membantu anda mencegah kemalasan itu muncul.

Stop Multitasking!
Multi tasking atau melakukan segala hal secara bersamaan dan terus menerus hal itu akan menguras tenaga dan pikiran kita pada akhirnya hanya akan membuat rasa malas muncul dan imbasnya kita tidak produktif. Ketika anda terus menerus beralih dari satu hal ke hal lain, tak ada satu pun yang akan mendapatkan perhatian penuh. Anda lebih mungkin untuk membuat kesalahan jika melakukan beberapa hal secara bersamaan. Lebih baik anda memusatkan perhatian pada satu hal hingga selesai sebelum memulai mengerjakan hal lain. Dengan cara ini anda akan dapat dengan mudah melacak hal-hal apa saja yang sudah anda lakukan dan apa yang belum.

Tetapkan batas waktu minimum untuk memulai
Hal yang paling sulit adalah untuk memulai – sisanya akan lebih mudah. Jadi tetapkan sedikit waktu, seperti 15 menit atau bahkan 5 menit, dan mulailah mengerjakan tugas sampai waktunya habis. Setelah itu, akan lebih mudah memutuskan untuk melanjutkan. Dengan memutuskan batas minimum hal ini akan menyingkirkan perasaan malas dan menunda nunda.

Ciptakan rasa urgensi
Seseorang akan menjadi malas untuk melakukan sesuatu atau menunda nunda karena menganggap hal itu tidak terlalu penting atau tidak harus dilakukan. Ciptakan urgensi atau keharusan hal hal yang ingin anda lakukan dihari ini.

Lihatlah pada manfaat dan akibat
Anda tentu memiliki gambaran apa akibat yang ditimbulkan dari malas dan manfaat yang anda dapat ketika anda rajin. Jadi fokuskan pikiran anda pada manfaat dan akibat yang ditimbulkan jika kita malas.

Meminimalkan waktu idle (kosong)
Nyatakan tekad anda untuk meminimalkan waktu idle atau kosong. Cobalah untuk melakukan sesuatu sesering mungkin. Jika Anda memiliki pola pikir ini, akan lebih mudah untuk mengatasi kemalasan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara