Tips Mengatasi Keraguan & Kebimbangan Dalam Mengambil Keputusan

Keraguan atau kebimbangan menentukan keputusan adalah hal yang wajar pada setiap orang. Ya setiap orang ingin keputusan yang dibuat merupakan keputusan yang baik dan menguntungkan semua pihak. Keraguan atau kebimbangan dalam membuat ataupun mengambil keputusan dalam hidup. Beberapa contoh kebimbangan ataupun keraguan dalam mengambil keputusan seperti memutuskan untuk mengambil jalur kuliah, memutuskan memilih pekerjaan yang cocok, memutuskan untuk menikah dsb.

Tips Mengatasi Keraguan & Kebimbangan Dalam Mengambil Keputusan

Keraguan atau kebimbangan muncul paling umum terjadi jika keputusan yang diambil memiliki banyak opsi atau pilihan, jika anda tidak memiliki banyak pilihan maka anda tidak akan ragu untuk mengambil keputusan, antara "ya" atau "tidak". Nah jika anda mulai ragu atau bimbang menentukan pilihan atau mengambil keputusan berikut tips untuk mengatasinya seperti dikutip dari Gibert ross, Pakar personal development dan owner dari "Simple Living Hacks":

Kegagalan dan kesalahan anda dimasa lampau tidak tidak mendefinisikan siapa Anda
Jika anda pernah melakukan kesalahan dan kegagalan dimasa lalu itu bukan menjadi suatu alasan bagi anda untuk ragu dalam mengambil keputusan. Kesalahan dan kegagalan tidak mendefisinikan siapa diri anda. Yang mendefisinikan siapa diri anda adalah apa yang anda lakukan hari ini untuk mencapai potensi anda imasa mendatang. Manusia merupakan mahluk tidak sempurna dan terkadang dalam kehidupan akan menemui kesalahan atau kegagalan. Jika Anda mencoba untuk mengukur diri, atau lebih buruk, untuk mengidentifikasi diri dengan apa yang Anda pikirkan adalah kesalahan dan kegagalan, Anda pasti akan berakhir meragukan nilai Anda dan kemampuan Anda. Ketahuilah bahwa kesalahan dan kegagalan pelajaran berharga dalam hidup yang tidak menentukan siapa Anda dengan cara apapun. Ini adalah bagaimana Anda menangani kegagalan, kesalahan dan belajar dari mereka untuk tindakan anda dimasa mendatang.

Ketika keraguan datang, cari kejelasan
Kita semua memiliki saat-saat dalam hidup ketika kita benar-benar meragukan diri kita sendiri. Keraguan dalam menentukan masa depan, keraguan dalam mengambil keputusan maupun keraguan-keraguan lain dalam hidup anda. Ketika di keraguan itu datang apa yang kita harus cari adalah sebaliknya yaitu kejelasan di mana kita melihat semua masalah hidup, keraguan, dan ketakutan dari sudut yang lebih luas yang kita alami. Singkatnya, sebagai contoh jika anda ragu mengambil keputusan untuk menikah maka lihatlah segalanya dengan kejelasan mulai dari apakah anda sudah merasa mampu memiliki keluarga, apakah anda telah siap (fisik dan mental), apakah anda sudah memiliki kemantaban untuk menikah dsb.

Ragu dan bimbang selalu datang dari rasa takut, rasa tidak aman, tekanan pikiran
Keraguan dan kebimbangan dalam diri selalu muncul karena rasa takut (takut salah, takut melangkah), rasa tidak aman dan tekanan (harus, segera, secepatnya). Keputusan akan menghasilkan keputusan baik jika dipikirkan dalam keadaan tenang dan pikiran dingin.

Anda tidak perlu konfirmasi atau persetujuan dari orang lain
Keputusan yang akan anda ambil adalah murni ditangan anda bukan ditangan orang lain karena keputusan yang anda buat menentukan diri anda bukan orang lain. Orang lain boleh saja bisa menjadi referensi namun keputusan tetap ditangan anda.

Dengarkan hati Anda
Di sinilah kekuatan dan kebijaksanaan berasal. Keraguan muncul ketika kita tidak memiliki keyakinan. Kurangnya keyakina muncul karena tidak selarasnya pikiran dan hati. Ketika anda sudah mencoba berbagai cara dan tetap saja anda masih merasa ragu, bimbang dan buntu maka dengarkanlah hati anda. Duduk dengan tenang dan berdoa. Meditasi, refleksi, kontemplasi, dan retret spiritual terbukti dan teruji untuk membuat hati danpikiran anda lebih tenang. Dan ketika hati anda tenang, pikiran jernih anda dapat menentukan keputusan dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara