sponsored ads

Membuat Hidup Lebih Simple & Bahagia, Ikuti 8 Tips Ini

Posted By : Posted on - 5:35:00 AM with 1 comment

Di zaman yang serba instan, serba cepat dan serba modern ini kita tampaknya kita menjadi sangat super sibuk, menganggap kehidupan semakin sulit, padahal semuanya semakin mudah dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Hal-hal sederhana dalam hidup yang membuat kita bahagiapun semakin kita anggap persoalan yang rumit. 

Hidup itu sebenarnya mudah hanya saja kita yang membuatnya menjadi rumit. hal hal yang sebenarnya biasa saja kita membuatnya seolah olah persoalan besar dan memperumit hidup kita. Maka tidak mengherankan di zaman yang segalanya semakin dimudahkan dengan berbagai kemajuan tekhnologi namun justru semakin banyak orang merasa tertekan, stres dan tidak bahagia.

Bahagia

Kadang-kadang kita perlu menemukan cara untuk mengembalikan kesederhanaan ini dalam hidup kita. Hidup yang simple dan merasakan kebahagiaan. Berikut adalah 7 cara untuk membuat hidup Anda lebih sederhana dan lebih bahagia.

Membuat Hidup Lebih Simple & Bahagia

Jangan pernah memperumit masalah

Kita semua tahu bahwa masalah datang karena kita sendiri yang membuatnya. Kita tidak ingin dimarahi oleh bos karena telat ngantor, tapi kita enggan untuk bangun pagi dan memilih bermalasan dibalik selimut hangat. 

Kita tidak ingin nilai kuliah buruk tapi kita enggan belajar, enggan masuk kuliah teratur dan mending nongkrong dengan teman. Kita ingin hidup dengan ekonomi mapan tetapi kita enggan bekerja dsb. Sesuatu tidak akan menjadi sebuah masalah jika kita tidak mempermasalahkannya.

Jangan mudah mengeluh dan berputus asa

Dalam hidup ujian, cobaan selalu ada dan pasti ada tetapi jangan kita mudah mengeluh dan berputus asa. Kita mengomel, kecewa, marah, menyalahkan pun keadaan akan demikian. daripada kita membuang energi dengan mengeluh, mengomel, marah dan menyalahkan lebih baik salurkan energi anda untuk berusaha untuk terus melanjutkan hidup yang lebih baik dengan intropeksi, berubah dan menemukan kembali ke jalur yang benar.

Secara terbuka melampiaskan emosi Anda dengan cara yang positif

Memendam perasaan, menyembunyikan emosi dan mencoba agar orang lain tidak mengetahui perasaan anda justru akan membuat hidup kita menjadi terpuruk. Orang yang selalu memendam dan menyembunyikan perasaan mereka dapat menyebabkan stres besar dalam hidup Anda. Dan ketika semua emosi ini keluar, sekaligus tentu hal ini tidak baik secara psikologis dan fisik.

Sebaliknya menemukan cara untuk menyalurkan emosi ini secara konstruktif. Membuka diri dan biarakan apa yang anda rasakan dengan seorang teman, sahabat, keluarga, pasangan atau orang terdekat anda untuk membicarakan masalah anda. 

Atau ketika anda sedang emosi, cari tempat yang aman misalnya kamar, taman atau kebun di mana Anda dapat terbuka membiarkan emosi ini keluar mungkin dengan berteriak atau dengan menangis. Meluapkan semau yang anda rasakan dengan cara positif dalam jangka panjang pasti membuat Anda lebih sehat dan jauh lebih bahagia.

Berhenti memperbandingankan sesuatu

Seseorang yang hidupnya selalu membandingkan sesuatu tentu membuatnya tidak tenang. Sering membandingkan akan menimbulkan iri, sombong, kedengkian, rasa minder dll. ketika anda membandingkan diri anda jauh lebih hebat, lebih kuat, lebih baik dari orang lain maka akan menimbulkan kesombongan. 

Jika anda membandingkan diri anda dengan orang lain yang lebih hebat, lebih kuat atau lebih baik maka akan timbul iri hati, dengki bahkan rasa rendah diri atau minder. Semua orang termasuk anda memiliki segala kelebihan dan keurangannya masing masing. 

Lakukan semua hal yang ingin Anda lakukan dan yang lebih penting, berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Ini akan membuat hidup Anda lebih simple dan bahagia.

Bersyukur

Bersyukur atas apapun yang Tuhan berikan, akan membuat hidup anda lebih tenang, lebih simpel dan bahagia. Ketika anda bisa mensyukuri kesulitan maka kita bisa menerimanya dengan lapang dada, dan ketika Tuhan memberikan kenikmatan kita lebih bisa menggunakan kenikmatan itu dengan bijak. Dengan bersyukur juga mengajari kita menjadi pribadi yang tidak selalu merasa kurang, bisa lebih menikmati hidup dan nilai positif lainnya.

Berhenti merasa cemas, was was dan khawatir berlebihan

Sebagai manusia biasa wajar jika kita memiliki perasaan was was, cemas, takut dan khawatir. Namun jangan biarkan perasaaan itu membesar menjadi berlebihan. Jika anda membiarkannya membesar maka hidup anda akan diselimuti ketakutan dan kekhawatiran, padahal sebenarnya apa yang anda takutkan dan khawatirkan belum tentu terjadi. 

Kita sering memperumit hal, kekuatiran yang tidak perlu tentang masa depan, bukannya aktif mempersiapkan segala sesuatu mulai dari sekarang. Berhenti mencemaskan hal-hal yang tidak bisa anda kendalikan. 

Tidak ada jaminan untuk persis bagaimana masa depan akan berubah, tetapi melalui fokus pada hal-hal kecil yang kita dapat mengontrol sekarang, kita berada di jalur yang benar menuju masa depan yang pasti akan jauh lebih cerah dan bahagia.

Kedekatan dengan orang orang disekitar anda

Sekaya apapun anda, semenarik apapun fisik anda tidak menjamin hidup anda bahagia jika tidak memiliki kedekatan dengan orang orang disekitar anda. jelas karena pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan dan tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Coba sesuatu yang baru, jangan ragu-ragu

Jadi jika Anda ingin melakukan sesuatu maka lakukanlah selama hal itu tidak merugikan diri anda, orang lain ataupun lingkungan. Melakukan apa yang membuat Anda bahagia. Jangan takut untuk mencoba sesuatu. Jangan ragu-ragu. Anda mungkin hanya perlu mencoba sesuatu yang baru, suatu hal yang Anda akan benar-benar menyukainya. Bahwa itu membuat Anda menjadi pribadi yang jauh lebih bahagia.

1 comment:

  1. luar biasa, ternyata postingannya sangat memotivasi dan membuat hidup lebih mudah. makasih ya admin

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara