Belajar Bersabar Dalam Kesusahan, Kegagalan & Kehidupan

Bersabar memiliki banyak manfaat positif dalam kehidupan, hidup anda akan menjadi lebih tenang, lebih damai, tidak mudah emosi dll. Sabar memang mudah diucapkan namun ketika mempraktekkannya tidak semudah seperti yang diucapkan, bahkan jauh lebih sulit. Namun apapun itu selama kita mau berusaha, mau terus belajar maka segala hal akan tercapai termasuk dalam melatih kesabaran. Melatih kesabaran juga bukan hal yang instan butuh banyak waktu dan tenaga.

Cara Belajar Bersabar Dalam Setiap Bidang Kehidupan

Kesabaran dalam artian umum memiliki makna yang lebih luas.  namun dikutip dari situs kamus besar bahasa indonesia kesabaran adalah ketenangan hati dalam menghadapi setiap cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati) & tabah. Kesabaran bukan berarti menerima apa saja dalam kehidupan tanpa melakukan apa apa. Nah bagaimana cara melatih kesabaran dalam diri kita, agar kita menjadi pribadi yang lebih baik berikut tipsnya:

Cara Belajar Bersabar Dalam Setiap Bidang Kehidupan

Mengetahui & bahwa hidup tidak selalu seperti apa yang kita inginkan
Hidup akan terasa lebih menyenangkan ketika apa yang kita mau, apa yang kita inginkan dapat tercapai, tetapi hidup tidak seperti itu kan? Ada kalanya kita mendapatkan kesenangan, kebahagiaan namun adakalanya kita mendapatkan ujian dan kesusahan. Ya karena hidup memang tidk selalu seperti apa yang kita inginkan. Dengan menyadari hal ini, kita dapat lebih mudah untuk melatih kesabaran kita. Ketika kita lebih bisa bersabar melalui warna warni kehidupan kita akan menjadilebih bahagia dan tenang. Ketika kita mendapatkan kebahagiaan kita akan lebih bisa bersyukur, namun ktika kita mendapatkan musibah atau kemalangan kita akan bisa menjalaninya dengan tabah dan membuat kita semakin kuat.

Yakin dan percaya dengan kita bersabar akan mendapat pemecahan dan kemudahan
Dalam keadaan marah atau emosi jangan pernah melakukan keputusan, atau anda akan menyesal dikemudian hari. Selalu miliki keyakinan bahwa dengan kita bersabar akan mendapat pemecahan dan kemudahan. Saat keadaan emosi tenangkan hati terlebih dahulu, saat kepala dingin barulah buat keputusan. Jika kita melakukan sesuatu dengan keadaan marah jangan menuruti hawa nafsu maka dengan dengan cara ini anda akan dapat melatih kesabaran anda.

Tersenyum
Senyuman tidak hanya akan membuat diri anda merasa baik, namun juga akan membuat suasana menjadi lebih positif. Coba disaat anda marah akan sangat sulit kan untuk tersenyum. Maka ketika anda mulai emosi, tidak sabaran ambil napas dalam dalam lalu tersenyum, maka suasana hati anda akan kembali membaik. Ingat lho ya jangan terlalu banyak senyam-senyum sendirian hahahahaha..... Berusahalah agar kita selalu tersenyum karena obat hati yang paling mujarab ialah dengan tersenyum karena senyum itu menular dan membuat hati gembira.

Mengalihkan perhatian
Mengalihkan perhatian, sebuah masalah kadang membuat kita stres, tidak bisa tidur, tidak enak makan, tidak sabaran, mudah emosi agar kita terhindar dari itu semua segeralah melakukan kegiatan yang kita sukai atau melakukan hal hal yang akan membuat diri anda kembali bersemangat dan mengubah mood anda menjadi lebih baik. Ketika anda memiliki masalah yang bisa menyesakan hati anda, cobalah untuk mengalihkan pikiran anda sejenak ke hal yang menyenangkan buat anda seperti bertamasya dengan keluarga atau teman. Pada dasarnya masalah memang tidak untuk dihindari namun dihadapi, namun di saat tertentu jika masih belum ada pencerahaan lebih baik segera istirahatkan pikiran anda sejenak dengan berlibur.

Berempati atau merasakan apa yang orang lain rasakan
Kalau anda tidak bersabar karena terlalu banyak gagal, karena sakit yang tidak kunjung sembuh, karena patah hati dan karena banyak hal susah lainnya maka lihatlah orang orang diluar sana yang hidup kurang beruntung dari anda. Mereka yang tidak memiliki rumah seperti anda, mereka yang makan tidak seenak makanan anda, atau mereka yang memiliki penyakit berbahaya seperti kanker namun tetap bisa tersenyum menghargai hidup mereka. Merasakan dan melihat dari sudut pandang orang lain, hal itu akan menumbuhkan rasa sukur kita bahwa ternyata kita lebih beruntung dari yang orang lain alami sekaligus akan melatih kesabaran dalam diri kita.

Ada baiknya di saat tertentu kita harus sadar dan merenung, masih banyak orang lain yang kurang beruntung dari kita, maka kita harus biasakan hidup bersyukur. Jadikan orang yang lebih baik dari kita sebagai penyemangat untuk sebisa mungkin mengejarnya, jangan jadikan orang yang lebih diatas kita sebagai media pengecil hati kita sendiri.

Lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, untuk memohon petunjuk dan pertolongannya
Terlepas dari apa agama yang anda anut, apa keyakinan yang anda yakini pastisemua agama atau keyakinan akan mengajarkan umatnya untuk bersabar dalam keadaan apapun, Jika anda sedang jenuh karena berbagai masalah cobalah untuk berdoa dan memohon dengan khusyuk, agar anda juga merasa lebih dekat kepadaNya. Menyadari bahwa manusia tidak ada yang sempurna maka wajib bagi kita meminta pertolongan dari Tuhan yang Maha Sempurna. 

Tetap berfikir positif
Dengan selalu berpikir positif akan melatih diri kita untuk belajar bersabar. Pikiran pikiran negatif seperti iri, dengki, emosi hanya akan membuang waktu dan tenaga anda. Cobalah untuk melawan diri anda sendiri ketika mengalami sesuatu hal yang tidak menyenangkan untuk tidak mudah kesal dan marah, cobalah lawan sekuat tenaga atau berjanjilah kepada diri anda sendiri. Ada baiknya jika diperlukan tahan emosi anda ditempat sepi dan coba hirup udara sedalam-dalamnya selama satu menit semoga emosi bisa mereda.

Melatih kesabaran dari hal kecil
Semua hal dimulai dari hal kecil, tidak ada yang instan. Terkadang hal-hal sepele juga bisa dijadikan untuk melatih kesabaran, seperti ketika kita sedang berada di antrian panjang atau jalanan macet jangan biarkan anda jenuh dan kesal, coba cari kesenangan dalam penantian tersebut. Karena bibit kesabaran juga bisa tumbuh dari hal yang kecil.

Jangan mudah berputus asa
Putus asa hanya milik mereka yang tidak memiliki kesabaran. Selalu menyadari bahwa semua jalan membutuhkan proses untuk berhasil. Apabila anda mengalami kegagalan jangan mudah untuk kecewa, walaupun hal ini memang tidak mudah seperti membalikan tangan, namun kita harus mengontrol diri kita untuk ikhlash agar lebih mudah untuk bangkit kembali. Bahkan semua orang pasti juga tahu pepatah untuk hal ini, kegagalan adalah awal dari keberhasilan atau kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Untuk membangkitkan semangat anda di kutip darimajalah forbes bahwa hampir semua pebisnis sukses didunia ini butuh 4-5 kali bahkan lebih sebelum mereka membangun kaisar bisnis mereka, jadi tanyakan pada diri anda, apakah layak kita yang baru 2-3 kali gagal sudah menyerah padahal kita ingin sukses?

Lihatlah orang orang terkasih dan terdekat anda
Jika anda seorang orang tua, jika sedang mengalami banyak masalah yang terasa sesak di hati ingatlah anak-anak anda yang sangat membutuhkan anda, sehingga anda akan lebih mudah untuk bangkit. Namun jika anda seoarang anak yang juga sedang mengalami banyak persoalan hidup ingatlah orang tua dan keluarga anda, jangan rugikan diri anda sendiri karena mereka menyayangi anda dan membutuhkan anda. Dalam hal ini secara singkat jadikanlah keluarga tempat berlindung untuk jiwa dan raga anda. Mereka orang terkasih dan terdekat anda, istri, pasangan, anak, saudara, orang tua, sahabat akan menjadi penyemangat anda untuk melatih kesabaran anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara