sponsored ads

Bagaimana Cara Kaya Dan Sukses Menurut Jack Ma

Posted By : Posted on - 5:58:00 AM with 1 comment

Orang orang hebat memang selalu memotivasi semua orang. Seorang yang memiliki banyak kekurangan, lahir dari keluarga biasa, tidak memiliki cukup modal untuk usaha tetapi mereka bisa membuktikan bahwa kekurangan kekurangan ini tidak bisa menghentikan mereka dari kekayaan finansial dan kesuksesan. 

Dan salah satunya adalah Jack Ma pengusaha sukses Tiongkok pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia. Pada 2015, ia masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22.

Sebagai seorang miliader dunia, ternyata Jack Ma dilahirkan dari keluarga ekonomi lemah. Dia dilahirkan di daerah Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Ayahnya bahkan hanya mendapatkan tunjangan pensiunan bulanan sebesar sekitar Rp 500.000 untuk menghidupi keluarganya. 

Ia berulang kali menemukan kegagalan bahkan kesulitan hidup tapi ia tidak pernah menyerah, bahkan ia pernah digaji sebulan sebesar 100-120 renminbi, setara dengan Rp 114.000-Rp 142.500 per bulan.

jack ma

Melalui usaha yang keras ia berhasil mendirikan perusahaan E-commerce (situs jual beli online) Alibaba. Sekarang perusahaan yang dia pimpin, Alibaba Group bernilai lebih dari US$ 200 miliar (2.665 Triliun kurs saat ini) setelah melantai di Bursa New York pada Oktober 2014. 

Di tahun 2013 dinobatkan oleh Financial Times sebagai "Person of the Year," dan secara luas dikenal sebagai simbol dari semangat kewirausahaan Cina. Nah bagaimana tips kekayaan dan kesuksesan yang diperoleh, berikut tips kesuksesan dan kekayaan menurut Jack Ma seperti dikutip dari Life hacker:

Lihatlah segala kesempatan lebih jauh dan luas

Ma mengkategorikan mereka yang terlalu sering gagal menjadi rabun untuk kesempatan. Artinya mereka yang sering gagal seringkali melihat kesempatan untuk hidup kaya dan sukses semakin kecil dan jauh. Padahal seperti diungkapkan Ma kesempatan untuk sukses dan kaya bagi setiap orang itu sama hanya saja yang membedakan adalah seberapa keras mereka memandang setiap kesempatan menjadi peluang. 

Orang orang sukses akan mencari kesempatan sekecil apapun di bawah batu, dipuncak gunung, didalamnya lautan dan mengubah kesempatan itu menjadi peluang untuk kesuksesan mereka, sedang orang gagal hanya melihat kesempatan jika kesempatan itu terlihat didepan mata mereka. 

Perlakukan setiap kesempatan yang datang sebagai pintu kesuksesan

Tidak pernah menganggap setiap kesempatan itu sebagai hal yang terlalu kecil, terlalu kasar, terlalu sulit. Ketika kesempatan datang, raihlah dan jadikan sebagai peluang. Pegang dengan semua kekuatan Anda, perlakukan kesempatan ini dengan segenap hati Anda sebagai pintu peluang sukses. Jangan memperlakukan kesempatan sebagai sesuatu hal yang kecil jika Anda ingin hasil yang besar.

Carilah pemahaman

Jika anda ingin kaya dan sukses maka anda perlu memahami dengan benar benar apa yang anda lakukan. Apa cita cita anda, apa yang yang bisa anda lakukan untuk meraihnya, mengapa anda menginginkannya, bagaimana anda mengubah cita cita menjadi kenyataan dsb.

Bertindak cepat & tepat

Peluang ibarat championship atau perlombaan, siapa yang bertindak tepat dan cepat maka dialah pemenangnya. Banyak orang yang gagal mendapatkan kesempatan karena mereka "tidak cepat" bertindak mengambil peluang tersebut dan banyak orang yang gagal menjadikan peluang sebagai kesuksesan karena mereka "tidak tepat" bertindak tepat dalam mengelolanya. 

Saat pistol berbunyi, larilah secepat mungkin, ikuti jalur yang benar, berusaha bangun saat anda terjatuh dan masuklah ke finish sebagai juara.

Jangan lihat segala keterbatasan

Setiap orang memang dilahirkan dalam setiap kondisi yang berbeda, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing namun Tuhan memberikan peluang yang sama untuk mereka sukses dalam kehidupan mereka. 

Tidak peduli apa kondisi Anda saat ini, bagaimana atau di mana Anda dibesarkan, atau apa pendidikan atau pelatihan Anda, Anda bisa sukses dalam usaha yang Anda pilih. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk kaya dan sukses hanya tergantung dari seberapa keras usaha mereka, seberapa kuat ketabahan mereka, dan seberapa kuat tahan banting mereka dalam menjalani usaha itu.

Semangat yang kuat

Ini adalah tugas Anda sebagai visioner untuk menjadi single-minded dalam ambisi Anda untuk menjadi seseorang yang sukses dan kaya. Fokus pada tujuan Anda, bekerja ke arah itu, dan tidak pernah membiarkannya pergi.

Jadilah berani

Ketika Ma meluncurkan Alibaba Group, ia telah melakukan sejumlah keberanian luar biasa. Ia berani mengambil kesempatan, ia berani berspekulasi, ia berani menghadpai kegagalan, berani mengubah keterbatasan menjadi kesempatan dsb.

Ambil kesempatan di masa muda Anda

Jika Anda tidak kaya pada saat Anda 35, kata Ma, maka Anda telah menyia-nyiakan kesempatan masa muda anda. Masa muda merupakan masa emas dimana anda dikarunia dengan energi, semangat dan imajinasi yang cukup untuk mewujudkan ambisi Anda.

Menyatukan tim Anda menuju tujuan bersama.

Anda tidak akan pernah berhasil dalam mempersatukan setiap anggota tim Anda di belakang satu orang. Ma memperkirakan bahwa 30% dari orang-orang akan selalu setuju dengan Anda. Menyatukan mereka di belakang ide, penyebab, atau misi, bagaimanapun, dan Anda dapat memanfaatkan kekuatan tim.

Lakukan dengan ketekunan

Setiap bisnis apapun akan memiliki tantangan dan hambatan, semua hal yang diharapkan menghasilkan kesuksesan dan hasil yan besar tidak akan didapat dengan cara yang mudah.  Kesulitan, hambatan, tantangan akan datang silih beganti. 

Menjaga visi dalam pikiran, berpegang teguh pada keyakinan, lakukan dengan benar dan lakukan semua hal dengan ketekunan. Maka kesuksesan akan anda dapatkan dan tindakan Anda akan mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Sikap lebih penting daripada kemampuan

Ini adalah sikap Anda yang menentukan seberapa tinggi kesuksesan anda, pemimpin yang sukses tetap tenang, percaya diri dalam misi mereka, dan fokus pada hasil yang diinginkan. Para pemimpin yang paling sukses tidak selalu cerdas atau paling memenuhi syarat di atas kertas, bahkan mereka banyak sekali memiliki keterbatasan. 

Mereka dikelilingi oleh para ahli memiliki kemampuan, dan para pemimpin sukses inilah yang membuat keputusan yang jelas.

Ketahanan hanya dipahami setelah Anda telah melalui kesulitan

Inilah sebenarnya makna dari ketahanan dan ketangguhan. Mereka yang berkali kali gagal dan tetap berpegang pada semangat disebut tangguh. Pemahaman intelektual tinggi tidak akan berarti apa-apa jika mudah berputus asa. 

Kapasitas dan kemampuan juga tidak akan berarti apa apa jika tidak memiliki semangat untuk sukses. Hanya setelah melalui kesulitan dan ujian, seseorang dapat dianggap "tangguh" dan layak mendapatkan kesuksesan.

Untuk menjadi sukses anda harus bisa "lebih" dari orang lain

Ya nilai lebih bagi mereka yang ingin kaya dan sukses. Jika anda ingin mendapatkan kesuksesan dan kekayaan yang lebih dari yang orang lain dapatkan maka tugas Anda adalah untuk lebih rajin, lebih kerja keras, lebih pantang menyerah, lebih bersemangat dan lebih ambisius daripada yang lain. Ada rumus sederhana untuk sukses, setiap kali. 

Bertekun. Bekerja keras. Tidak pernah melupakan ambisi Anda. Apapun bentuk usaha Anda membutuhkan, prinsip-prinsip ini berlaku.

Anggap pesaing anda sebagai sahabat

Jika Anda memperlakukan pesaing Anda sebagai musuh, maka anda akan memiliki banyak musuh dalam menjalankan usaha anda. Sebaliknya, masuklah dalam kompetisi profesional dan sehat, menghormati pesaing Anda dan mengingat bahwa waktu berikutnya, kesuksesan akan ditangan anda. 

Memperlakukan semua pesaing dengan hormat; memperlakukan bisnis Anda sendiri dengan hormat. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk sukses ketika kompetisi dimulai. Yang Anda abaikan mungkin salah satu yang mengalahkan Anda.

Semua hal dimulai dari hal terkecil

Jangan pesimis karena keterbatasan dan segala kelemahan anda. Setiap bisnis besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Semua layak sukses. Lihatlah diri Anda sama dengan mereka pesaing anda.

Jangan pernah mengeluh

Mudah mengeluh, berkeluh kesah, adalah tanda pasti kegagalan. Semua usaha akan membawa kesulitan dan tantangan. Bagaimana Anda menangani mereka akan menunjukkan keberhasilan bisnis Anda. Pemenang tidak akan mudah mengeluh.

Lupakan tentang uang

Anda tidak memulai bisnis Anda atau proyek semata-mata untuk uang. Anda turun jalan ini untuk membangun gaya hidup tertentu, atau untuk memenuhi kebutuhan jiwa dan pikiran. Jika Anda berfokus pada uang, Anda akan membuat keputusan yang berbeda dibandingkan jika Anda fokus pada perjalanan. Berjalan di jalan Anda mulai turun rajin, dengan ambisi; uang akan datang.

Cerdas berpikir dan bijaksana bersikap

Seorang pria yang cerdas menggunakan otaknya untuk "berbicara". Memanfaatkan kecerdasan Anda. Membuat keputusan dari informasi, perspektif tidak hanya terbawa perasaan. Demikian juga, percaya intuisi Anda dan mengetahui diri Anda. Membuat keputusan bijaksana akan membuat segala hal berjalan sangat baik, terutama yang berkaitan dengan personil dan identifikasi tujuan strategis.

Orang sukses dilahirkan untuk menikmati hidup, tidak menghabiskan waktu bekerja

Titik hidup adalah untuk tidak hanya bekerja, bekerja, bekerja, sampai kita mati. Fokusnya harus pada kenikmatan, tidak hanya dari pekerjaan Anda, tetapi dengan menciptakan waktu untuk bermain, bersantai, dan menikmati orang di sekitar Anda.

Menyerah adalah kegagalan terbesar

Anda tidak akan pernah tahu apa yang dapat Anda capai kecuali jika Anda mencobanya. Anda tidak akan pernah tahu apakah ide Anda akan "bekerja" atau jika bisnis akan menghasilkan, kecuali jika Anda tetap dengan itu. Beradaptasi ide-ide Anda, mengubah strategi Anda jika Anda harus, tetapi tidak pernah menyerah.

1 comment:

  1. ok everyone. I want to share a website link that I think can be useful for you.

    here it is:
    1. Codein.my.id
    2. Kompres Gambar
    3. Anonimside
    4. Quotes Generator
    5. File Host
    6. Downloader Video YouTube or Video from social media

    Thank You. Those were some websites that might be useful

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara