8 Tips Melakukan Liburan Seru & Menyenangkan

Posted By : Posted on - 8:38:00 AM with No comments

Liburan adalah bagaimana melepaskan penat dan membuat pikiran lebih fresh dari kesibukan setiap hari yang melelahkan. Liburan bersama teman, keluarga atau dengan pasangan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Berlibur tentu saja tidak harus berbiaya mahal atau harus ke luar negeri, yang terpenting adalah kenyamanan saat berlibur dan tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan.

8 Tips Melakukan Liburan Seru & Menyenangkan

Banyak empat tempat tujuan berlibur yang tak kalah serudengan tempat wisata atau berlibur yang terkenal dan mengeluarkan banyak biaya. Liburan juga bisa dilakukan secara hemat dan tetap menyenangkan. Nah bagaimana tips agar liburan anda terasa menyenangkan, berikut ulasannya:

Mendapatkan info detail tentang tempat tujuan dan hal lain yang diperlukan selama liburan
Anda bisa mendapatkan info seputar liburan, tempat tempat yang nyaman dikunjungi dari internet atau buku-buku tujuan liburan. Anda harus merencanakan kegiatan liburan ini dengan detail jangan sampai anda asal asalan saja berangkat berlibur, namun bingung begitu sampai di tempat tujuan. Hal itu terjadi karena sebelum berangkat mereka tidak mencari tahu info seputar liburan dan tempat tempat yang akan dikunjungi.

Dengan melakukan perencanaan dan mendapatkan detail info tentang liburan sebelumnya sangat penting dilakukan karena Anda bisa mengetahui apakah ada diskon atau potongan harga, mulai dari tiket pesawat atau hotel. Atau mencari tempat belanja oleh-oleh yang terjangkau seperti pasar tradisional. Tidak hanya itu saja anda akan memiliki cukup referensi tempat liburan yang nyaman, menarik, menyenangkan sekaligus aman.

Sesuaikan budget dengan kemampuan
Menyesuaikan budget atau anggaran yang diperlukan selama liburan penting dilakukan untuk mengetahui seluruh biaya liburan yang sesuai dengan kantong anda. Anggaran yang diperlukan adalah anggaran untuk keperluan akomodasi, makanan, tempat menginap, tiket masuk ataupun anggaran biaya lain yang tidak terduga yang sebelumnya anda bisa mencari info info tersebut melalui internet atau media lain seputar liburan.

Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari
Setelah melakukan survei dan sudah menentukan tempat tujuan kamu, sekarang kamu harus mulai memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan dilakukan dari lama sebelum hari H, kamu akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau kamu bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya selama kamu berlibur.

Membawa Uang cash atau tunai
Biarpun anda memiliki kartu kredit maupun ATM tetapi jangan sampai Anda kehabisan uang tunai saat di perjalanan. Belum tentu semua tempat tujuanliburan menerima kartu kredit atau terdapat mesin anjungan tunai untuk menarik uang anda, jadi pastikan selalu membawa uang tunai. Tentu saja bukan untuk dibelanjakan semuanya. Anda harus tetap mengawasi pengeluaran dengan mencatatnya. Sekaligus menahan diri  dan bertanggung jawab atas apa yang sudah dibelanjakan.

Pilih transportasi Yang tepat dan Nyaman
Melakukan perjalanan dengan pesawat memang lebih cepat, namun biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal. Namun, jika Anda menikmati perjalanan darat memakai mobil, ini akan menjadi pilihan yang menyenangkan. Selama perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan sekaligus menambah pengetahuan tentang daerah tersebut.

Bukan Musim Liburan
Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kegiatan berlibur jauh lebih murah ketika dilakukan bukan pada saat musim liburan. Mulai dari harga tiket pesawat, hotel, tiket masuk tempat liburan, makanan, oleh oleh khas daerah tujuan dll. Selain itu, Anda juga akan menikmati suasana yang tidak terlalu riuh karena banyak orang yang sama sama melakukan kegiatan berlibur. Pergi di musim liburan, membuat tempat-tempat wisata dipenuhi banyak orang.

Cermat Memilih tempat tujuan liburan
Pilihlah tempat wisata berlibur yang benar-benar unik, bagus, khas dan yang tidak boleh terlewat adalah tempat tujuan berlibur yang aman. Jangan sampai Anda pergi ke tempat yang tidak menarik, kurang diminati orang, dan biayanya mahal. Bisa-bisa Anda tak menikmati, tapi malah kecewa.

Lupakan tentang liburan mewah jika kamu mau berhemat. Namun jangan sampai karena kamu sangat berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. Utamakan kenyamanan kamu, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang. Dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika kamu bisa liburan dengan nyaman, mewah, tapi murah. Mungkin sih, namun jarang.

Catatlah Pengeluaran Selama Liburan
Jangan lupa untuk selalu catat setiap pengeluaran yang kamu lakukan walaupun itu sekecil apapun. Hal ini akan membantu kamu mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir. Dengan mengetahui itu semua, kita bisa menekan kemungkinan kita untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi mahal.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara