12 Kunci & Cara Agar Rezeki Berlimpah Ruah (Moslem Only)

Posted By : Posted on - 11:13:00 AM with 1 comment

Bagi kita yang menganut agama Islam pasti meyakini bahwa semua rejeki itu datangnya dari pembuat kita serta semua hal di dunia ini yakni Allah SWT. Rejeki itu akan datang kepada siapa yang dikehendakin-Nya dan siapa yang mau berikhtiar mencarinya. Sehingga 2 hal tidak boleh anda lupakan karena jika anda tinggalkan satu saja maka maka rejeki tidak dapat anda temukan yakni Berusaha dan berdoa. Siang malam anda terus berdoa namun tidak berusaha mencarinya maka hal itu juga mustahil begitu juga sebaliknya, anda berusaha sekuat tenaga anda tanpa berdoa dan jika Tuhan belum mengijinkan maka rezeki mustahil anda dapatkan.

kunci rezeki melimpah

Bagaimana Agar Dibanjiri Rezeki Berlimpah menurut Islam?

Mencari rezeki dengan berdoa
Berdoa dalam artian luas tidak hanya meminta rezeki kepada Allah saja, namun berdoa dalam artian luas juga harus memperbaiki diri anda (karakter anda) sehingga anda layak mendapat rezeki berlebih. Sejatinya kita hidup ini sudah mendaptkan rezeki yang berlimpah mulai dri udara yang kita hirup ini dengan gratis dan tak terbatas, kesehatan tubuh yang bisa anda gunakan tiap hari untuk beraktifitas dan rezeki2 lainnya. Merubah hidup menjadi lebih baik dan beriman merupakan cara efektif untuk mendapatkan rezeki berlimpah. Bagaimana mungkin anda meminta rejeki yang banyak yang berlimpah namun anda sendiri tidak mau mentaati segala perintah dan larangan -NYa padahal anda berdoa meminta rezeki berlebih dari -Nya.

Selalu berikhtiar
Seperti kata pepatah mengatakan bahwasannya kegagalan itu kesuksesan yang tertunda dan hal itu memang benar adanya, dan akan lebih sempurna pepatah itu itu jika "Kegalalan adalah kesuksesan yang tertunda bagi mereka yang selalu memperjuangkan dan mengusahakannya". Ayam saja tidak pernah menyerah untuk mencari makan tiap hari walaupun tidak dikasih makan tuannya dengan mencari makan diluar kandang, dikebun atau dihalaman dan sore harinya mereka balik kekandang dengan perut kenyang, bagaimana dengan kita yang diberi akal dan kesehatan tubuh? Usaha adalah wajib bagi mereka yang ingin sukses dengan rezeki melimpah ruah.

Anda perlu tahu menurut survey yang dilakukan majalah Forbes online bahwasannya hampir semua pebisnis kaya dan sukses didunia ini selalu gagal rata rata lebih dari 5x saat mereka pertama kali memulai usahannya sebelum mereka sukses. Jadi apakah anda tidak malu baru memulai usaha, gagal dan sudah menyerah! Hidup itu perjuangan, penuh perjuangan dan selalu berusaha untuk menjadi lebih sukses.

Taqwa
“Barangsiapa yang bertaqwa pada Allah pasti Dirinya akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikannya rejeki dari arah yang tidak ada disangka-sangkanya, ” (QS ath-Thalaq : 2-3). Lalu pertanyaannya adalah apakah anda sudah bertaqwa kepada Allah, apakah anda sudah menjalankan segala perintah-Nya, apakah anda sudah menjauhi Larangan-Nya? Jika anda belum melakukan hal demikian dan anda belum sukses maka hal itu wajar!!!

Tawakal
Nabi s. a. w. bersabda : “Seandainya anda bertawakal pada Allah dengan sesangatlah tawakal, nescaya anda di beri rejeki sama dengan burung di beri rejeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang. ” (Kisah Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab r. a.). Hal itu juga sama dengan ayam yang selalu berusaha mencari makan dipagi hari dan mereka kembali kekandang dengan perut kenyang disore harinya. Selalu berdoa, beikhtiar, tawakal dan lihatlah apa yang akan anda terima?

Shalat
Firman Allah dalam hadis qudsi : “Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali engkau malas kerjakan empat rakaat pada saat permulaan siang (solat Dhuha), nantinya pasti akan Saya cukupkan kebutuhanmu pada petang harinya. " (Riwayat al-Hakim dan Thabrani)

Istighfar
 " Mohonlah ampun pada Tuhanmu, sesungguhnya Dianya adalah Maha Pengampun, niscaya Dirinya akan mengirim-kan hujan padamu dengan lebat, dan memtidak sedikitkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu ke-bun-kebun dan mengadakan (juga di dalamnya) untukmu sungai-sungai " (QS Nuh : 10-12). “Barangsiapa banyak istighfar (mohon ampun pada Allah), pasti Allah jadikan untuk tiap-tiap kekecewaannya jalan keluar dan untuk tiap-tiap kesempitannya kelapangan, dan Allah akan memberikannya rejeki (yang halal) dari arah yang tidak ada disangka-sangka, ” (HR Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’i, Ibnu Majah serta al-Hakim).

Menyambung Silaturahmi
Dalam dunia bisnis silaturahmi diibaratkan memperluas relasi / jaringan. Dengan memiliki jaringan yang luas maka rezeki yang akan anda dapat juga semakin melimpah. Rezeki itu bisa datang dari mana saja, bisa lewat teman, saudara, tetangga, rekan maupun siapa saja. Untuk itulah kenapa harus bersilaturahmi. Anda ingin menjual tentu harus memiliki banyak pembeli untuk membuat anda sukses, anda ingin memabangun perusahan sukses anda membutuhkan banyak pekerja terbaik, bertanggung jawab dalam bisnis... Nah untuk memiliki jaringan, pembeli, rekan kerja, karyawan anda perlu menyambung silaturahmi dengan sesama. Imam Bukhari meriwayatkan kalau Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang bahagia untuk dilapangkan rejekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), hendaknyalah ia menyambung (tali) silaturahim. ”

Sedekah
Tidak ada riwayat atau sejarahnya didunia ini orang banyak bersedekah akan miskin atau bertambah miskin bahkan kalaupun mereka bukan muslim, justru sebaliknya Allah akan menggantikannya berlimpah ruah. Anda tahu mark Zuckerberg (pemilik Facebook), Sergey Brin (salah satu pendiri Google), Jan Koum (penemu whatapps), Richard Branson (pemilik kekaisaran bisnis, ratusan perusahaan internasional dibawah naungan Virgin Group) mereka semua memiliki badan amal / Foundation untuk menyalurkan amal mereka jutaan dollar (triliunan) per tahun dan mereka bukannya semakin miskin justru mereka semakin kaya.

Apalagi anda yang beragama islam tentu yakin bahwa sedekah adalah sumber rezeki yang melimpah, dalam matematika memang sudah menjadi rumus bahwa 10 - 10 =0, tetapi dalam sedekah maka nilainya adalah 10-10 = 100. Anda memberikan 10 uang anda, maka anda akan menerima 10 x lipat jadi anda akan menerima 100. Sabda Nabi s. a. w. : “Tidaklah kamu di beri pertolongan dan di beri rejeki melainkan kerana orang-orang lemah di golongan kamu. ” (Kisah Bukhari)

Berbuat Kebaikan
Kembali lagi bahwa rezeki itu datang dari tempat yang tidak disangka bahkan lewat orang yang tidak anda duga atau kenal. Untuk itulah kenapa bebruat kebaikan bisa menjadi jalan bagi anda untuk membuka rezeki karena rezeki diberikan oleh Allah lewat siapa saja, dimana saja tanpa terduga. Berbuat baiklah kepada orang tua, saudara, guru anda, tetangga, sahabat bahkan siapa saja karena rezeki bisa diberikan oleh Allah lewat orang orang tersebut.

 " Barangsiapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, jadi baginya (pahala) yang tambah baik dari pada kebaikannya itu ; dan barangsiapa yang datang dengan (membawa) kejahatan, jadi tidaklah di beri pembalasan pada beberapa orang yang telah kerjakan kejahatan itu, tetapi (seimbang) dengan apa yang dulu mereka lakukan. " (QS Alqashash : 84)
Nabi bersabda : Sebenarnya Allah tdk akan zalim pd hambanya yg berbuat kebaikan. Dia akan dibalas dengan di beri rejeki didunia dan akan dibalas dengan pahala di akhirat. (HR. Ahmad)

Berdagang
Hampir orang sukses didunia ini sukses karena berdagang (menjual). Berdagang bisa dalam arti luas tidak hanya berjual beli barang tapi bisa juga menjual jasa, menjual keahlian anda dll. Jadi jika anda memiliki segala hal yang bisa anda jual maka juallah dengan cara baik dan sesuai aturan yang telah ditetapkan dengan berjual beli, menjual jasa, menjual keahlian anda dll. Serta Nabi SAW bersabda : “Berniagalah, sebab sembilan dari sepuluh pintu rejeki itu ada pada perniagaan” (Kisah Ahmad)

Bangun Pagi
Fatimah (putri Rasulullah) menyampaikan kalau waktu Rasulullah (S. A. W.) menontonnya tetaplah terlentang ditempat tidurnya pada pagi hari, beliau (S. A. W.) menyampaikan padanya, " Putriku, bangunlah dan saksikanlah keterjangkauan-hati Tuhanmu, dan jangan sampai jadi semacam tidak sedikit orang. Allah memberi rejeki sehari-harinya pada saat pada mulainya subuh sampai terbitnya matahari. (H. R. Al-Baihaqi)
Aisyah juga meceritakan satu hadits yang nyaris sama maknanya, yang mana Rasulullah (S. A. W.) bersabda, " Bangunlah pagi-pagi untuk mencari rejekimu dan meperbuat tugasmu, sebab hal itu mengangkat berkat dan keberhasilan. (H. R. At-Tabarani)

Sehingga sangat wajar jika ada pepatah mengatakan "jangan bangun kesiangan nanti rejekimu dipatok ayam". Orang sukses akan mempunyai misi saat mereka beranjak tidur dan mengeksekusi rencana mereka di pagi hari saat mereka bangun tidur.

Bersyukur
Mensyukuri pemberian Allah apapun itu akan membuat hati kita tentram, tidak dipenuhi nafsu rakus, menyingkirkan stres dan semakin akan membuka pintu rezeki kita. “Sesungguhnya jika anda bersukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) padamu, dan jika anda mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku begitu pedih”. (QS Ibrahim : 7)

1 comment:

  1. Melipatgandakan upaya mereka maju, untuk membiarkan semua orang melihat sisi terbaik dari artikel ini

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara