Cara Mengirim & Mencairkan Uang Di Western Union (WU)

Posted By : Posted on - 3:12:00 AM with No comments

Western Union, ya banyak orang yang mengenal nama ini merupakan layanan jasa pengiriman uang terbesar di dunia. Hampir di sebagian besar negara di dunia ini menggunakan jasa western Union untuk jasa pengiriman atau transfer finansial. The Western Union Company atau sering disingkat dengan WU merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Greenwood Village, Colorado Amerika serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1851. Menghasilkan berbagai macam servis finansial. Telah melayani lebih dari 150 tahun menjadikan perusahaan in menjadi perusahaan layanan terbesar didunia untuk pengiriman uang.

Pada bulan Mei 2009, Western Union mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi Custom House dari Peter Gustavson. Pembelian ini selesai pada bulan September 2009, dengan Western Union membeli Custom House seharga US$370 juta. Atas Akuisisi ini, Custom House berganti nama menjadi Western Union Business Solutions. Pada bulan Januari 2011, Western Union mengakuisisi 100% saham di Angelo Costa, sebuah perusahaan pengiriman uang. Angelo Costa telah memiliki 7,500 agen di berbagai negara di Eropa. Pada bulan Juli 2011, Western Union mengakuisisi divisi Pembayaran Bisnis Global milik Travelex seharga £606 juta. Pada bulan Oktober 2011, Western Union menyelesaikan proses akuisisi atas Finint S.r.l., salah satu mitra bisnis pengiriman uang Western Union di Eropa, dengan 10.000 agen di Italia, Spanyol, dan Inggris. dan saat ini layanan WU telah menyebar di hampir sebagian besar negara didunia ini dengan puluhan ribu karyawannya.

Transfer di western union

WU merupakan sebuah layanan pengiriman uang terbaik antar kota maupun antar negara hingga di seluruh dunia. Berbeda dengan bank-bank lokal di Indonesia, WU tidak membatasi pengiriman uang hanya di satu negara saja melainkan hingga ke berbagai negara. Sehingga Anda bisa melakukan transfer dengan mudah meskipun jarak membentang hingga ribuan mil sekalipun dengan menggunakan WU. Nah berikut adalah beberapa kelebihan-kelebihan dari jasa pengiriman uang ini yang paling umum:

Pengiriman uang secara instan, ini artinya anda mengirimkan atau mentransfer uang anda hari ini dan telah terferivikasi maka uang anda akan terkirim secara otomatis dalam hitungan detik. WU menjamin para nasabah untuk mengirimkan uang dengan sangat cepat hanya butuh hitungan detik saja, maka uang yang Anda kirim dapat langsung diambil penerima atau orang yang dituju.

Cakupan area yang lebih luas hingga lebih dari 200 negara yang ada di dunia. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika western union melayani jasa pengiriman yang terbatas.

  • Anda bisa mentransfer uang atau mengirimkan uang kemana saja, dimana saja tanpa harus membuka atau memiliki rekening bank.
  • WU atau western union termasuk ke dalam pengiriman uang yang aman dan nyaman. Hal ini dikarenakan WU memiliki sistem keamanan yang cukup ketat untuk kenyamanan para nasabahnya.
  • Transfer melalui WU juga tergolong sangat murah, sehingga Anda tak perlu khawatir masalah biaya transfer pengiriman uang ke berbagai negara. Selain itu, orang yang menerima uang tidak dikenakan biaya sepeser pun.
  • Pengiriman uang melalui jasa Western Union ini tidak memerlukan batas minimum nominal uang. Sehingga Anda bisa mengirimkan uang berapapun yang diinginkan.

Cara mengirimkan uang melalui Western Union di Indonesia
Sebenarnya cara mengirim atau mentransfer uang melalui western union sama saja, namun di beberapa negara tertentu tentunya memiliki kebijakan atau aturan tertentu untuk menggunakan jasa layanan pengiriman uang ini, nah berikut adalah beberapa cara mengirim atau mentransfer uang di Wu di negara Indonesia.

  • Hal yang perama anda lakukan adalah dengan membawa uang yang ingin anda kirim
  • Siapkan identitas seperti KTP / paspor ( yang masih berlaku ) dan siapkan juga fotokopi 1 lembar
  • Datang langsung ke kantor Western Union atau langsung ke kantor-kantor bekerja sama atau berafiliasi dengan jasa pengiriman ini, untuk mengetahuinya cukup perhatikan logo Western Union seperti di kantor POS, Bank dan lain-lain
  • Temui petugas dan sampaikan anda mau mengirim uang melalui western union.
  • Isi 'formulir pengiriman uang' yang diberikan petugas dan isi dengan huruf kapital
  • Lampirkan uang beserta biaya transfer dan berikan kepada petugas serta tunjukan kartu identitas yang berlaku.
  • Tanda tangan pada bukti transaksi dan anda akan mendapatkan Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN)
  • Setelah Anda melakukan transaksi, maka Anda bisa langsung mengkonfirmasikan data pengiriman Anda kepada pihak penerima, seperti data berupa nama pengirim, nominal uang yang Anda kirimkan, nama negara asal, beserta kode referensi untuk transfer atau pengiriman uang.
  • Hubungi orang yang ingin anda kirim uang dan sampaikan nomor rahasia transaksi (MTCN) dan minta untuk segera ambil uang di kantor terdekat (jangan memberitahukan kode MTCN kepada siapapun selain kepada orang yang dituju)


Cara menerima uang melalui Western Union di Indonesia
Di atas kita sudah membahas mengenai bagaimana cara untuk mengirimkan uang melalui jasa pengiriman uang WU, dan saya sering menggunakan layanan penarikan uang ini salah satunya untuk mengambil gajian saya dari Google Adense. Kini saatnya kita membahas mengenai cara untuk menerima uang dari WU seperti berikut ini:

  • Siapkan data dan surat penting berikut ini :
  • Nama lengkap pengirim (nama depan, tengah, dan belakang).
  • Negara asal pengiriman uang.
  • Jumlah uang yang dikirim.
  • Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
  • Semua informasi tersebut bisa anda dapatkan dari pengirim uang, untuk instansi atau badan usaha sebagai contoh saja Google adsense sebelumnya akan mengirim email berisi data yang anda perlukan untuk menarik uang dari Western Union atau WU.
  • Kartu identitas asli anda yang masih berlaku lengkap dengan foto nya atau paspor yang berlaku (untuk orang asing), siapkan juga fotokopinya satu lembar.
  • Datang ke kantor western union terdekat misalnya di kantor POS, bank atau kantor lain yang bekerja sama denganWestern Union.
  • Temui petugas bahwa anda ingin menarik uang.
  • Isi 'formulir  penerimaan uang' dan berikan kepada petugas
  • Tanda tangani bukti transaksi
  • Uang anda cair !

Nah semoga artikel diatas bermanfaat dan berguna bagi anda, jika ada masukan, saran atau pertanyaan silahkan berkomentar di form komentar yang telah disediakan atau langsung bisa menghubungi admin blog ini di halaman "Contact Us" di widget paling bawah. terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara