Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog / Website

Hi blogger...Kecepatan loading blog merupakan hal yang penting dalam meningkatkan SEO blog, dan hal ini sangat penting untuk menigkatkan kompetisi dengan blog lain untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Sebagai contoh saja beberapa orang pembaca mungkin tidak mempermasalahkan kecepatan loading blog asal apa yang mereka cari tersedia di konten blog dan memang mereka butuhkan, namun jika mereka mendapati ada blog/ website membahas topik yang sama namun memiliki loading blog yang cukup cepat (coba anda tebak), para pembaca akan menggunakan blog anda yang memiliki loading lambat atau mereka akan beralih ke blog lain yang lebih cepat? Dan jika suatu saat mereka kembali mereka akan memilih blog dengan loading lambat atau blog dengan kecepatan loading yang bagus?

Nah dengan menjawab pertanyaan diatas anda bisa mengetahui seberapa penting kecepatan loading untuk blog. Dan yang terpenting adalah blog yang memiliki loading cepat akan lebih friendly dengan crawling robot mesin pencari, karena robot perayap tersebut dengan mudah merayapi setiap artikel yang anda muat di blog anda tanpa terhambat oleh blocking javascript atau widge berat yang membuat kecepatan loading menjadi berat atau melambat. Lalu buat apa pengembang (Developer) Google menyediakan situs web khusus untuk mengcek kecepatan loading blog ? tidak lain dan tidak bukan agar blog / website yang mereka indeks memiliki kualitas yang bagus dan tentu saja memudahkan pengguna berselancar membaca konten-konten blog anda dengan nyaman tanpa harus menunggu loading blog yang terlalu lama.

Nah kembali lagi ke topik yang dibahas yaitu tentang bagaimana cara mengecek kecepatan loading blog /website dengan mudah maka anda bisa melakukan pengecekan ini dengan mudah, berikut adalah cara mengecek kecepatan blog agar anda bisa mengetahui dan mengecek dan tentunya melakukan pembenahan pada blog/ website anda agar kecepatan loadingny maksimal.

1. Masuk ke Page Speed Insight
2. Masukkan alamat link URL Blog/ website anda dan klik Analize dan lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini:

cara cek kecepatan loading blog
Img credit by Page Speed Insight
Note:
1. Untuk melihat untuk perangkat mobile
2. Untuk melihat hasil untuk perangkat desktop
3. Analisis / indikator kecepatan max 100 (semakin besar semakin cepat)
4. Hasil analisis kecepatan

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara