8 Cara Untuk Selalu Mensyukuri Hidup

Bersyukur adalah cara kita berterima kasih kepada Tuhan atas apapun yang diberikan Tuhan kepada kita dengan menghargai setiap hal yang terjadi dalam hidup. Tidak hanya ketika kita sedang senang atau bahagia kita harus bersyukur namun ketika kita mendapatkan ujian dalam hidup kita juga tetap harus bersyukur. Selalu ada hal positif di dalam berbagai situasi yang Anda hadapi ketika kita bisa mensyukuri setiap hal dalam hidup.

Ketika kita mendapatkan suatu hal yang baik dalam hidup rasa syukur akan membuat kita selalu termotivasi untuk melakukan suatu hal menjadilebih baik lagi, dan ketika kita bisa mensyukuri setiap cobaan atau ujian dalam hidup maka dengan bersyukur kita akan terbebas dari tekanan (stres) dan mampu belajar dari ujian tersebut. Dan dengan bersyukur juga akan melatih kita untuk menghargai setiap hal yang terjadi dalam hidup kita.

8 Cara Untuk Selalu Mensyukuri Hidup

Berikut delapan cara sederhana supaya tetap melatih rasa bersyukur tidak hanya ketika mendapatkan kebahagiaan namun juga melatih kita untuk tetap bersyukur di tengah kegagalan hidup, seperti dilansir dari Womanitely.

Bersyukurlah bahwa anda masih.....
Bersyukurlah atas apapun yang terjadi dalam hidup anda karena anda masih memiliki banyak kesempatan. Ketika anda gagal berusaha maka bersyukurlah bahwa anda masih memiliki tubuh yang sehat dan anda masih diberi kesempatan untuk berusaha, ketika anda mengeluh karena sakit hati ditinggal pacar atau pasangan maka bersyukurlah anda masih diberi kesempatan untuk melihat sisi buruk pasangan anda dan memulai hubungan yang lebih baik. Berlatihlah untuk mensyukuri hidup ini mulai ketika anda bangun tidur bahwa anda masih deberi kesempatan untuk melihat indahnya dunia, dan berterima kasihlah kepada Tuhan atas apa yang Tuhan berikan selama hari ini ketika anda menjelang tidur dimalam hari.

Tengoklah kebawah bukan melongok ke atas
Untuk melatih rasa syukur anda lihatlah segala sesuatu ke bawah bukan keatas, itu berarti lihatlah orang yang kurang beruntung dibawah kita bukan hanya melihat orang yang selalu diatas kita. Boleh saja untuk melihat orang diatas kita namun gunakan hal itu untuk memotivasi diri anda. Jika anda mulai banyak mengeluh dan kurang mensyukuri hidup lihatlah jutaan orang yang masih dibawah kita. Lihatlah mereka yang kelaparan dan kita masih bisa makan setiap hari, lihatlah mereka yang menderita penyakit berat dan masih bisa tersenyum dan bersemngat untuk sembuh, lihatlahmereka yang hidup dikolong jembatan dll. Dengan melihat banyak orang yang kurang beruntung dari kita hal itu semakin akan membuat kita mensyukuri hidup.

Berhenti Membandingkan Hidup Anda dengan Orang Lain
Ketika semua masalah belum beres, kehidupan Anda tampaknya lebih buruk dibandingkan kehidupan orang lain. Jika Anda masih berpikir begitu, Anda harus segera menyingkirkannya.  Anda tidak pernah tahu bagaimana kehidupan orang lain sebenarnya terlihat dari dalam. Anda tidak memiliki pemahaman lengkap tentang masalah mereka dan mungkin saja rasa sakitnya lebih dalam dari masalah yang Anda hadapi. Cobalah untuk mengurus urusan Anda sendiri dan jangan pernah membandingkan nasib Anda dengan orang lain.

Bersyukur Masih Ada orang terdekat dalam hidup anda
Tidak semua orang beruntung memiliki keluarga yang utuh atau memiliki ikatan keluarga yang kuat. Bila Anda memiliki kesulitan, orang tua Anda biasanya menjadi orang pertama yang mendukung dan membantu Anda, baik secara emosional dan finansial. Lihatlah pasangan anda yang setiap hari selalu mendukung anda, menemani dan menghabiskan banyak waktu dengan anda. Lihatlah putra putri anda yang lucu dan terus membuat semangat anda menyala. Ketika Anda melalui masa-masa sulit, ibu selalu berada di samping untuk memberi nasihat yang bijaksana dan mendorong Anda untuk berusaha. Ingatlah, keluarga Anda tidak akan pernah mengecewakan, bahkan ketika Anda menghadapi hal terumit dalam hidup sekalipun.

Bersyukur pada Pengalaman Buruk dan Tantangan
Ketika Anda kewalahan dengan sebuah masalah, sulit menemukan hal positif tentang itu. Namun, kemampuan untuk menghargai tantangan dan kesulitan dalam hidup sangat penting untuk menangani stres. Masa-masa sulit membuat Anda menjadi orang yang lebih kuat dan matang. Tantangan itu membangun karakter, daya tahan, dan menempa ketekunan Anda.  Bahkan, masa-masa sulit mengajarkan orang untuk menghargai keadaan. Kesulitan biasanya menjadi titik awal dari kehidupan baru dan sekarang Anda mungkin menyadari pentingnya semua rintangan dan tantangan yang sudah Anda lewati itu.

Singkirkan kebencian
Perasaan benci mencegah Anda bersyukur atas apa yang dimiliki. Ini seperti lingkaran setan. Anda tidak harus berpikir bahwa itu adalah nasib buruk, cobalah untuk menerima masa-masa sulit sebagai satu hal yang kebetulan saja.  Pertimbangkan situasi itu sebagai tantangan beharga untuk menguji karakter dan kemauan Anda. Cobalah untuk membagi kehidupan Anda ke dalam aspek-aspek penting, seperti karier, orang tua, kesehatan, persahabatan, keuangan, dan segala sesuatu yang Anda anggap penting.

Menghargai hal-hal kecil
Ada hal-hal luar biasa di sekitar Anda. Senyum di wajah teman-teman Anda, rasa makanan lezat di lidah, angin pagi nan sejuk, dan matahari yang terbenam. Hal-hal yang membuat kita lebih bahagia terkadang diberikan secara gratis oleh Allah dan itulah yang membuat banyak orang kadang mengabaikannya.  Belajarlah untuk melihat dan menghargai hal-hal kecil dan kebaikan yang sudah diberikan Sang Pencipta kepadamu.

Bersyukur Anda Selalu Punya Pilihan
Percaya atau tidak, Anda selalu punya pilihan. Dan ini adalah satu hal mengapa Anda perlu bersyukur dan berterima kasih pada Allah. Setiap hari, Anda selalu punya kesempatan baru untuk mengubah hidup. Anda punya pilihan apakah untuk tetap maju atau menyerah. Bahkan, dalam situasi tersempit sekalipun, Anda selalu punya pilihan. Kadang, Anda hanya menolak untuk melihat bahwa ada jalan lain untuk masalah Anda hanya karena jalan lain itu kurang menyenangkan dan membuat Anda harus berusaha ekstra keras. Ini harus disingkirkan dalam pola pikir Anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara