6 Cara Sederhana Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Posted By : Posted on - 11:06:00 AM with 2 comments

Hi bloggers...Kesuksesan sebuah blog diukur dari jumlah trafik kunjungan yang kaya. Salah jika anda menilai kesuksesan sebuah blog hanya diukur dari seberapa banyak bllog tersebut menghasilkan uang, namun blog yang kaya dengan pengunjung sudah tentu bisa menghasilkan uang yang banyak dari blog. Pengunjung adalah aset penting dari blog atau website, apalah artinya blog yang bagus, penampilan wah, konten yang jenius namun tidak banyak memiliki pengunjung. Apalagi anda memiliki sebuah blog/website yang bertujuan sebagai blog monetize (blog penghasil uang) sudah barang tentu anda harus memiliki jumlah traffik kunjungan yang fantastis, semakin besar jumlah pengunjung ke blog semakin sukses (semakin menghasilkan) blog/website yang anda miliki.

Namun untuk mendatangkan jumlah kunjungan ke blog/website bukan perkara yang mudah dilakukan karena anda harus berkompetisi dengan banyaknya blog/ website yang memiliki niche yang sama dengan blog anda. kunci utama bagaimana cara mendatangkan pengunjung adalah anda harus memberikan apa yang pegguna cari, itu artinya blog anda harus bermanfaat untuk pengguna. Nah jika artikel atau konten halaman blog anda bermanfaat tentunya hal ini akan menaikkan jumlah kunjungan ke blog/website anda karena para pembaca maupun pengguna menemukan apa yang mereka cari di blog anda.

cara menngkatkan jumlah pengunjung blog

Nah kali ini saya akan sedikit share bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung ke blog atau website yang anda miliki dengan cara sederhana, kenapa sederhana? Ya anda ingin cara yang termudah dengan hasil efektif kan? Selain itu saya juga bukan master yang bisa menjanjikan atau menawarkan jumlah pengunjung yang banyak ke blog/website anda hehehehe...Jadi saya hanya akan share sesuai dengan apa yang saya alami sendiri, dan hal ini terbukti meningkatkan jumlah pengunjung ke blog saya. nah berikut adalah beberapa cara meningkatkan jumlah kunjungan atau pengunjung ke blog/website anda:

Cara Sederhana Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Periksa kecepatan blog anda
Kecepatan blog mempengaruhi jumlah kunjungan ke blog anda, jadi bukannya pengunjung bertambah banyak justru sebaliknya pengunjung akan berkurang dari hari ke hari, itu disebabkan mereka enggan kembali lagi ke blog anda (walaupun konten blog anda bagus) hanya karena masalah loading blog/website yang terlalu lama. Mungkin anda berpikir blog/ website anda memiliki loading yang cepat maka periksa lagi bandwith internet anda, jika bandwindth internet anda besar belum tentu sama dengan yang dimiliki pembaca, cara mudah mengeceknya adalah dengan menggunakan memeriksakan kecepatan blog anda di beberapa website checker kecepatan blog yang banyak tersedia di internet. Jika bagus dan cukup cepat berarti anda bisa mengecek ke faktor lain kenapa jumlah pengunjung anda tidak banyak, namun jika ada masalah kecepatan pada loading blog cari apa penyebabnya, berikut cara mencari penyebab loading blog berat:

  • Jika anda menggunakan blog gratis dan hosting gratis seperti Blogger berarti penyebab loading yang lambat bukan masalah di hostingnya karena seperti kita ketahui hosting blogger adalahyang paling tercepat dan paling baik diantara hosting hosting lainnya. Jadi periksa template blog anda apakah banyak memakai javascript, banyak memakai gambar ukuran besar, banyak link rusak (broken link) atau lainnya.
  • Jika anda memakai blog/web yang anda hosting sendiri, periksa dimana anda menghosting blog/website anda dan jika memang bermasalah pindahkan ke hosting yang lebih baik.

Perlu diingat, kecepatan blog Anda berpengaruh terhadap peringkat blog Anda di hasil pencarian Google. Mengapa? Karena Google memasukan kecepatan blog/website sebagai salah satu faktor pemeringkatan di algoritmanya.

Membuat Artikel Unik & berkualitas
Kita semua mengetahui bahwa semakin banyak saja blog/website yang bermunculan itu berarti anda harus berkompetisi atau bersaing dengan banyaknya blog atau website tersebut. Sebagai contoh saja blog/website anda membahas tentang tema ngeblog, berapa banyak blog/ website yang membahas tentang ngeblog yang ada di internet, jadi anda harus bersaing dengan ribuan bahkan ratusan ribu blog lain untuk hasil teratas mesin pencari karena kita ketahui hasil teratas mesin pencari merupakan cara paling ampuh menaikkan jumlah pengunjung blog. Jika anda tidak bisa menawarkan artikel yang unik dan berkualitas maka blog anda akan tenggelam, kalah persaingan dengan blog/ website serupa.

Tidak sulit membuat artikel posting yang unik dan berkualitas, intinya anda membuat perbedaan tentang cara penyajian artikel walaupun pada dasarnya isinya sama (itu yang terpenting). Konten adalah raja seperti itulah penggambaran blog yang mampu bersaing. Jika anda sampai saat ini masih kopi paste, mencuri artikel blog lain maka lupakan saja tentang bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung ke blog anda, kalaupun berhasil meningkatkan jumlah kunjungan itu hanya bersifat sementara saja, seperti kita ketahui Alogaritma mesin pencari sekarang lebih kompleks, lebih kompetitif dan lebih selektif. Jadi jika anda tidak bisa menampilkan artikel yang unik dan berkualitas maka artikel anda akan terbenam di hasil SERP mesin pencari. 

Blogwalking
Blogwalking merupakan aktifitas mengunjungi blog /website lain dan meninggalkan komentar di blog yang anda kunjungi. Nah dengan blogwalking ini terbukti efektif juga dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog anda. Manfaat yang bisa anda dapatkan dari blogwalking ini adalah:
  • Mempromosikan blog anda melalui komentar blog
  • Mampu berinteraksi dengan pembaca maupun blog owner
  • Mendapatkan backlink
  • Meningkatkan kemungkinan atau peluang pembaca blog yang anda kunjungi menuju blog anda dengan meninggalkan link di blog yang anda kunjungi.

Membuat konten blog menarik
Membuat konten blog yang menarik bukan hanya untuk pembaca namun juga untuk mesin pencari. Untuk membuat ketertarikan pembaca atau pengguna anda bisa membuat artikel yang yang unik dan berkualitas dengan judul yang menarik perhatian. Nah lain untuk membuat tertarik mesin pencari artikel anda harus unik, tidak kopi paste, periksa lagi ejaan, tanda baca dan artikel harus mengandung banyak keyword dan perhatikan untuk membidik LTK (long tail keyword) karena persaingan cukup rendah untuk keyword ini.

Membangun interaksi pengunjung
Jika anda ingin mempunyai banyak pengunjung maka anda juga harus memperlakukan pengunjung anda dengan baik  jika blog Anda berjenis blog otoritas, perlakuan yang baik bisa anda berikan dengan membalas komentar yang masuk, memberikan solusi jika ada yang bertanya atau memiliki masalah seputar topik yang anda bahas, membalas email dari pembaca yang masuk dll. Pada intinya interaksi dengan pengunjung akan membuat pengunjung simpati kepada anda dan menjadi pelanggan tetap blog anda.

Menggunakan web direktori & media sosial
Salah satu tujuan web direktori adalah mengumpulkan konten konten blog/web yang terdaftar di direktorinya untuk dibaca oleh para pengguna, nah ini bisa anda jadikan alat untuk meningatkan pengunjung blog anda. Atau anda yang aktif di media sosial seperti facebooks, twitter maupun situs sosial media lain juga bisa anda gunakan untuk share link artikel post blog/website anda. Maka peluang pengunjung blog anda semakin besar. Update status Anda di kedua media sosial itu dengan menginformasikan postingan-postingan Anda. Semakin banyak postingan yang Anda informasikan, semakin banyak pula teman-teman Anda mengunjungi blog Anda. Selain itu, aktivitas ini akan membantu Anda mendiversifikasi sumber pengunjung sehingga tidak hanya bergantung kepada mesin pencari.

2 comments:

  1. keren nih mas tips nya, btw saya langsung prakteki nih mas :D
    blogwakling ya mas http://cripcips.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. ka cara nemuin link rusak gimana yh?

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara