Cara & Tips Meningkatkan Fertilitas (Kesuburan) Pada Wanita

Cara meningkatkan Kesuburan (Fertilitas) - Salah satu ukuran keberhasilan seseorang untuk mendapatkan kehamilan adalah ketika sel sperma sehat bertemu dengan sel telur sehat pada masa subur. Seperti dikutip dari situs Wikipedia menyebut bahwa kesuburan merupakan ukuran bagi seorang pria dan wanita untuk bisa memiliki anak. Sebagai alat ukur, tingkat kesuburan merupakan jumlah anak yang lahir per pasangan, orang, maupun populasi. Sedangkan lawan dari kesuburan adalah kemandulan.

Jadi kehamilan akan terjadi jika kedua pasangan baik wanita ataupun pria dalam kondisi masa subur. Idealnya pada sesorang yang memiliki kesehatan normal masa kesuburan atau fertilitas pada pria maupun wanita akan berbeda. Usia kesuburan wanita memiliki batasan usai tertentu berkisar antara 13-50 tahun. Sedangkan pada pria umumnya usia kesuburan akan sedikit lebih panjang, pria sudah subur semenjak pubertas dan tidak akan pernah berhenti sampai masa tua. Kesuburan manusia bergantung pada faktor gizi, perilaku seksual, budaya, naluri, endokrinologi, waktu, ekonomi, gaya hidup, dan emosi.

Cara & Tips Meningkatkan Fertilitas (Kesuburan) Pada Wanita

Banyak hal yang menyebabkan mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang seperti pola hidup yang tidak sehat, genetik, penyakit dan lain sebagainya. Kesuburan atau fertilitas sangat mempengaruhi juga tingkat keberhasilan dalam program kehamilan. Nah kali ini saya ingin sedikit share bagaimana cara meningkatkan kesuburan pada wanita untuk meningkatkan kualitas sel telur sehat yang akan meningkatkan peluang keberhasilan untuk segera mendapatkan kehamilan, secara umum kesuburan dapat ditingkatkan dengan cara:

  • Pola makan yang sehat dan seimbang juga teratur
  • Olahraga teratur
  • Hindari kebiasaan buruk seperti stres, merokok, konsumsi minuman keras atau beralkohol
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • dll

Selain cara diatas anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang terbukti mampu meningkatkan fertilitas atau kesuburan, berikut adalah beberapa jenis makanan yang berguna untuk meningkatkan kesuburan pada wanita:

Tingkatkan kesuburan dengan konsumsi tiram
Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas pada wanita adalah Vitamin B12. Studi endokrinologi (ilmu yang mempelajari tentang sistem endokrin dan sekresi yang biasa disebut hormon), telah menunjukkan bahwa tingkat B12 yang rendah dalam tubuh wanita menyebabkan kadar estrogen yang abnormal. Tingkat normal estrogen diperlukan untuk memperkuat endometrium agar telur dibuahi.

Nah untuk mendapatkan Vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan kesuburan maka anda bisa mengonsumsi beberapa jenis produk laut dan paling populer adalah tiram. Beberapa jenis kerang, tiram khususnya, memiliki tingkat B12 yang cukup tinggi jadi bagi anda yang menginginkan kesuburan anda meningkat disarankan untuk mengkonsumsi jenis kerang ini. Tiram juga terkenal karena memiliki zat penenang atau relaksan yang membantu anda menurunkan kadar stres.

Almond
Selain Vitamin B12 beberapa jenis vitamin lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan fertilitas atau kesuburan adalah Vitamin E. Pentingnya Vitamin E telah terbukti selama bertahun-tahun dalam mempengaruhi tingkat fertilitas. Vitamin E berguna untuk melindungi sperma dan DNA sel telur, sehingga baik pria maupun wanita yang menginginkan tingkat kesuburan yang tinggi disarankan untuk banyak mengkonsumsi almond. Sama seperti tiram kacang almond juga mengandung zat relaksan yang cukup baik untuk menurunkan kadar stres anda.

Jeruk
Kita mengetahui bahwa segala jenis buah jeruk hampir kesemuanya mengandung antioksidan, antibakteri dan Vitamin C yang tinggi. Telah terbukti bahwa vitamin C yang bisa ditemukan di semua jenis buah jeruk membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sel sperma agar dapat mencapai sel telur pada wanita. Selain hal itu vitamin C juga membantu meningkatkan keseimbangan hormon pada wanita. Vitamin c dalam jeruk juga mampu mengatasi tekanan darah tinggi.

Kacang Polong
Jika kadar zinc tinggi pada pria mampu meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi resiko infertilitas pada sperma pria, maka zinc membuat keseimbangan estrogen dan progesteron, yang menyebabkan kehamilan yang sehat dan mengurangi risiko keguguran. Kandungan zinc yang tinggi banyak ditemukan pada kacang polong.

Telur
Para peneliti di Yale University melakukan penelitian pada 67 wanita infertil, beberapa dari mereka menderita PCOS (polikistik Ovarium Syndrome) mengenai tingkat vitamin D. Hanya 7% dari mereka memiliki tingkat normal, sementara lainnya 93% memiliki kekurangan atau bahkan kekurangan klinis. Juga, tidak ada pasien PCOS didiagnosis memiliki tingkat Vitamin D yang normal.

Nah untuk mengurangi tingkat defisiensi vitamin D ini anda dapat menemukannya di sumber makanan seperti telur. Telur juga diperkaya dengan protein yang berguna untuk membangun otot. Namun akan lebih baik untuk mengonsumsi telur organik (ayam kampung) bukan ayam ras petelur yang biasanya banyak mengandung obat kimia untuk memacu produksi telur.

Salmon
Salmon memiliki nutrisi yang cukup komplit yang dibutuhkan oleh tubuh anda dan erat kaitannya dalam hal meningkatkan fertilitas atau kesuburan karena mengandung asam lemak baik atau asam lemak Omega 3. Salmon merupakan salah satu jenis makanan pencegah kanker, salmon juga merupakan sumber utama dari elemen penting untuk mendapatkan kehamilan dan bayi yang sehat yaitu Selenium. Selenium berguna untuk melindungi sperma dan telur dari radikal bebas dan juga mencegah kerusakan kromosom, mengurangi risiko keguguran dan cacat lahir. Selenium juga meningkatkan jumlah sperma dan motilitas. jadi sangat komplit kan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat anda mengonsumsi ikan salmon,

Kacang Kacangan
Menurut situs wikipedia kacang-kacangan adalah sebutan untuk biji yang berukuran relatif lebih besar dibandingkan serealia dan digunakan untuk bahan pangan bagi manusia dan hewan ternak. Kacang-kacangan umumnya didapatkan dari tanaman famili Fabaceae. Kacang-kacangan mengandung sejumlah besar serat pangan dengan satu cangkir kacang yang telah dimasak mengandung 9-13 gram serat. Serat pangan yang terlarut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Kacang-kacangan juga mengandung protein, karbohidrat kompleks, folat, dan besi.Beberaa contoh jenis kacang kacangan yang baik untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas adalah vicia faba, kacang merah, kacang tanah, kacang lentil, kacang kecipir, kacang komak, polong, almond dll.

Folat (asam folat), mangan, magnesium dan besi merupakan beberapa elemen penting yang diperlukan bagi kehamilan dan kelahiran bayi yang sehat seorang wanita. Kacang terutama yang hitam diperkaya dengan protein yang meningkatkan kesuburan pria dan melindungi keseimbangan hormon pada wanita.

Mackerel
Ikan yang termasuk dalam nilai komersial ini sangat banyak diburu dipasaran karena selain dagingnya yang enak dikonsumsi dalam berbagai masakan namun juga karena mengandung jumlah nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.  Makerel adalah sebutan bagi sekelompok ikan laut yang terdiri dari beberapa marga anggota famili Scombridae. Sebutan mackerel juga mencakup kelompok ikan tenggiri dan kembung.

Direkomendasikan untuk pria dan wanita untuk meningkatkan kesuburan dengan mengkonsumsi mackerel, mackerel mengandung asam lemak esensial, terutama DHA (docosahexaenoic acid), asam lemak omega-3 yang berguna  untuk memperkuat sistem reproduksi perempuan dan juga melindungi sperma dari peningkatan kadar kolesterol dalam membran, yang mengarah ke pematangan yang tidak tepat.

Pisang
Buah yang banyak ditemukan dalam daerah tropis seperti di negara kita ini banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan secara umum. Pisang diperkaya dengan Vitamin B6, elemen penting dalam mengatur menstruasi dan pengembangan telur dan sperma! Itu berarti buah ini juga termasuk jenis makanan peningkat kesuburan atau fertilitas.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan kesuburan atau fertilitas seperti dirangkum beberapa web kesehatan ternama.

1 comment:

  1. Artikel sangat menarik, informasinya sangat berbobot, semoga menjadi referensi yang berguna untuk kesehatan masyarakat indonesia terima kasih

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara