Cara Meredakan Nyeri, Gatal, Serak & Sakit Tenggorokan

Posted By : Posted on - 1:20:00 PM with 1 comment

Sakit pada tenggorokan seperti suara serak, gatal dan rasa pedih di tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti terlalu banyak berteriak (menyanyi. marah dll). masuknya debu, polusi, cuaca dingin, flu, merokok, makanan yang tidak higienis dll.  Rasa gatal dan sakit di tenggorokan sering menimbulkan rasa yang tidak nyaman yang disebabkan oleh banyaknya lendir bisa juga terjadi iritasi (pembengkakan ditenggorokan).

Nah jika gejala sakit pada tenggorokan ini timbul anda bisa mencoba beberapa bahan alami yang ada disekitar rumah anda untuk mengatasi rasa sakit dan gatal di tenggorokan ini. Jika dalam 3 hari rasa sakit, gatal maupun serak ditenggorokan ini tidak mereda segera hubungi dokter terkait untuk segera mendapatkan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda coba untuk meredakan rasa sakit, gatal dan serak ditenggorokan:

Cara Meredakan Nyeri, Gatal, Serak & Sakit Tenggorokan

Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan

Berkumur Dengan air garam hangat
Kebanyakan orang tua zaman dulu sering menyarankan kita untuk berkumur menggunakan air garam jika sakit gigi maupun sakit ditenggorokan. Hal itu memang benar adanya karena garam mengandung antibakteri yang dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang menginfeksi tenggorokan yang bisa menyebabkan pembengkakan dan keluarnya lendir berlebih. Rasa sakit, gatal maupun tenggorokan serak itu karena sel-sel di selaput lendir menjadi bengkak dan meradang. Dengan berkumur menggunakan air garam hangat hal itu akan membantu menurunkan pembengkakan dan meredakan rasa sakit. Hal ini juga membantu membersihkan kelebihan lendir (dahak) yang memungkinkan hidung tersumbat.

Campurkan 1 Cangkir air hangat dengan ½ Sendok teh garam dan aduk sehingga semua garam terlarut. Berkumurlah menggunakan air garam hangat ini sebelum atau sesudah bangun tidur sampai sakit, gatal maupun serak anda mereda.

Mengkonsumsi teh lemon madu
Mengkonsumsi teh lemon madu hangat berguna untuk membantu mengeluarkan lendir atau dahak ditenggorokan hal ini membuat tenggorokan anda lebih nyaman. Sehingga sangat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat, tenggorokan gatal, sakit atau suara serak.

Yang anda perlukan
  • 1 Sendok makan madu, atau secukupnya
  • 1 gelas air panas
  • 1 sdt Jus lemon

Tambahkan madudan 1 sendok teh lemon kedalam 1 gelas air panas dan aduk hingga tercampur sempurna. Konsumsi 2 kali sehari sampai tenggorokan anda sembuh dan nyaman.

Meredakan tenggorokan sakit menggunakan Cuka sari apel
Apple Cider Vinegar (ACV) atau cuka sari apel mengandung tingkat tinggi keasaman yang dapat membantu mengurangi dan membunuh bakteri cukup efisien, dan bila dicampur dengan madu dapat menenangkan rasa sakit di tenggorokan Anda juga.

Bahan yang anda perlukan
  • 1 Sendok makan cuka sari apel
  • 1 Sendok makan madu
  • 1 Gelas air hangat

Campur dan aduk cuka sari apel dan madu murni ke dalam air hangat. Minum dalam keadaan masih hangat!

Mengunyah bawang putih untuk mengatasi sakit tenggorokan
Jika anda tahan dengan bau dan rasanya dengan mengunyah bawang putih hal itu akan memabntu meredakan rasa gatal, sakit dan tenggorokan serak dengan cepat, yang pasti anda tidak memiliki kencan setelahnya hehehehehe..... Bawang putih mengandung allicin atau senyawa dalam bawang putih yang mengandung antioksidan dan antibakteri yang sangat kuat sehingga sangat membantu untuk meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Uap panas membantu meredakan tenggorokan sakit dan hidung tersumbat
Uap dapat meringankan sakit tenggorokan akibat polusi, asap rokok atau debu yang dapat mengiritasi tenggorokan dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas jika Anda sesak karena hidung tersumbat. Siapkan mangkuk besar dan isi dengan air panas, tempatkan wajah anda diatas uap air panas dan tutup kepala anda menggunakan handuk (Ingat untuk menjaga jarak aman antara wajah anda dengan air panas). Untuk lebih efektif anda bisa menambahkan minyak lavender, Eucalyptus, minyak kemiri atau minyak lain.

Meredakan sakit enggorokan menggunakan Cengkeh
Cengkeh telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati masalah tenggorokan sakit , terutama dalam Pengobatan Tradisional Cina. Minyak cengkeh juga sering digunakan untuk membantu meredakan nyeri sakit gigi. Cengkeh mengandung suatu zat eugenol yaitu zat sebagai pereda rasa sakit (bius alami). Eugenol bisa menjadi pembunuh rasa sakit alami, dan dapat bertindak sebagai anti-bakteri juga. Mengunyah secara keseluruhan cengkeh perlahan akan merilis eugenol itu, sehingga membantu mengurangi rasa nyeri di tenggorokan Anda.

Mengonsumsi teh chamomile
Chamomile adalah obat alami untuk sakit tenggorokan. Membantu dalam mengurangi dan membunuh bakteri, juga mengurangi rasa nyeri dan meredakan pembengkakan. Chamomile juga mengandung sifat anti-spasmodik (membantu membuat otot-otot lebih rileks) yang dapat membantu Anda beristirahat. Secara keseluruhan, teh chamomile adalah salah satu bahan herbal yang menenangkan.

Konsumsi teh jahe hangat
Jahe mengandung properti yang akan mengusir rasa sakit. Teh jahe sangat cocok untuk meredakan flu, pilek, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. teh jahe sebagai ekspektoran alami yang membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan Anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan Anda.) Jahe juga meningkatkan sirkulasi darah Anda, meningkatkan oksigen ke sel-sel, membilas racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Sehingga teh jahe sangat baik untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan karena mengandung zat anti-inflamasi.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara