sponsored ads

Cara Merawat & Mengatasi Sakit Mata Merah (Konjungtivitis)

Posted By : Posted on - 12:12:00 AM with No comments

Penyakit mata bisa terdiri dari beberapa kategori dan faktor penyebab, bisa merupakan sakit mata menular (yang disebabkan oleh cirus maupun bakteri), penyakit mata yang tidak menular (mata capek, lelah seperti contoh saja karena terlalu lama didepan komputer), penyakit mata yang disebabkan masuknya material kecil seperti debu dll. Nah kali ini kita akan membahas tentang penyakit mata menular (konjungtivitis) atau kita lebih mengenalnya sebagai penyakit mata merah atau penyakit mata belekan.

Penyakit mata merah (konjungtivitis) merupakan jenis penyakit mata yang disebabkan oleh virus maupun bakteri yang menyerang lapisan konjungtiva (lapisan tipis yang membungkus kornea) dan merupakan penyakit mata menular baik melalui kontak langsung, maupun peraltan yang digunakan bersama, air yang digunakan bersama sebagai contoh kolam renang dll. Gejala awal penyakit mata merah atau konjungtivitis umumnya terasa gatal, pedih, terasa ada butir pasir didalam kelopak mata disertai dengan warna mata yang kemudian memerah dan akan mengalami pembengkakakn.

Mengatasi Sakit Mata Merah (Konjungtivitis)
 
Pada gejala lanjut mata akan lebih banyak mengeluarkan cairan (cairan ini alami yang dikeluarkan tubuh untuk merespon dan menangkal bakteri maupun virus yang menyerang pada mata), cairan ini bisa berawarna bening, kehijauan, kekuningan atau kecoklatan. Saat kering umumnya mata sulit dibuka karena cairan ini akan mengering dan biasanya terjadi saat anda bangun tidur. Penyakit mata merah (konjungtivitis) bisa saja hanya menyerang sebagian mata kanan saja atau bagian kiri saja. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menular atau menginfeksi mata yang sebelahnya lagi.

Walaupun penyakit mata merah ini (konjungtivitis) tidak berbahaya jika tidak ada infeksi lebih lanjut, namun perlu anda perhatikan dan periksakan ke dokter mata terkait untuk mendaptakan penanganan lebih lanjut. Jika dibiarkan bisa saja penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika terjadi infeksi yang berlanjut dan menyerang kornea mata maka penyembuhan akan berlangsung lama dan tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kebutaan. Untuk penyakit mata merah atau konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri biasanya dokter mata akan memberikan antibiotik bisa berupa salep, obat tetes mata obatan eksternal lain yang direkomendasikan oleh dokter mata, namun jika konjungtivitis ini disebabkan oleh virus maka sampai saat ini belum ada obatnya namun akan berangsur angsur sembuh dengan sendirinya biasanya antara 1 samapai 2 minggu kedepan.

Nah jadi anda tahu bahwa penyakit mata merah ini biasanya tidak berbahaya selama tidak ada infeksi lanjutan dan akan berangsur angsur pulih dengan sendirinya namun tetap harus anda periksakan ke dokter mata terkait untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyebaran penyaki mata merah (konjungtivitis) ini dan mempercepat kesembuhannya dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Mengatasi Sakit Mata Merah (Konjungtivitis)

  • Jika anda menderita sakit mata merah ini usahakan untuk lebih banyak istirahat dikamar jangan banyak keluar rumah untuk menghindari debu, asap kendaraan atau material lain yang bisa membuat mata anda semakin perih, selain itu berguna untuk memutus penularan penyakit mata, karena seperti anda ketahui penyakit mata merah (konjungtivitis) ini mudah menular kepada orang lain.
  • Untuk meringankan dan membuat mata anda merasa nyaman maka kompres mata anda menggunakan air dingin, hal ini bertujuan untuk meringankan mata anda dan juga berguna untuk dapat meredakan pembengkakan pada mata
  • Nah jika saat pagi hari anda merasa kesulitan untuk membuka mata karena kelopak mata tertutup oleh cairan mata yang mengering maka gunakanlah air hangat untuk mengompres mata anda dengan hati-hati.
  • Pastikan untuk tidak menggaruk, mengucek mata atau sering menyentuh mata anda karena bisa menyebabkan infeksi, selain itu jika tangan anda kotor hal itu justru akan memperparah sakit mata merah anda.
  • Segera gunakan salep antibiotik atau obat tetes mata yang direkomendasikan oleh dokter apabila penyakit mata merah (konjungtivitis) tersebut penyebabnya adalah bakteri.

Mengatasi Sakit Mata Merah (Konjungtivitis) dengan cara alami

Ada beberapa bahan alami yang berguna untuk mengatasi dan membuat mata anda lebih nyaman dan dapat sembuh dan pulih lebih cepat, namun penting untuk diperhatikan untuk mengosultasikannya terlebih dahulu dengan dokter terait, berikut bahan bahan alami tersebut:

Bawang putih
Potong bawang putih dan potongan tersebut gunakan untuk mengoles pada kelopak mata pada bagian yang tumbuh bulu rambut, bawang putih mengandung antioksidan dan antibakteri yang baik untuk menangkal radikal bebas maupun bakteri yang menjangkiti mata anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara