Cara Menghilangkan Jamur & Lumut Di Permukaan Tembok

Jamur pada tembok seringkali membuat tembok menjadi kotor, sering menimbulkan bau yang tidak enak dan tidak sedap dipandang mata, selain itu dapat merusak tembok menjadi lebih rapuh. Seperti diketahui juga jamur akan menghasilkan spora yang bisa menimbulkan masalah kesehatan jika terhirup.

Jamur bisa memicu reaksi alergi jika terhirup atau mengenai kulit, jadi jika masalah tembok berjamur Anda sangat parah, lebih baik Anda menghubungi jasa profesional untuk menanganinya. Jamur pada tembok atau lumut akan tumbuh di permukaan tembok jika tembok tersebut selalu teraliri air atau sering basah. Untuk itu untuk mencegah tumbuhnya lumut atau jamur dipermukaan tembokselalu pastikan permukaan tembok jangan sampai sering dirembesi oleh air.

Jamur tumbuh dari spora yang menyebar melalui udara. Jamur biasanya tumbuh di lingkungan yang lembap, hangat, basah dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu, kamar mandi rawan ditumbuhi jamur.

Cara Menghilangkan Jamur & Lumut Di Permukaan Tembok

Pertumbuhan jamur pada dinding sering kali dipicu oleh kondisi yang lembap dan kurangnya ventilasi, namun bisa juga disebabkan oleh rembesan air—baik air tanah, air hujan, maupun bocoran pipa. AC yang tidak dipasang secara benar juga berpotensi menimbulkan jamur karena tetesan airnya.

Lumut maupun jamur yang tumbuh didalam ruangan biasanya berwarna kehitaman, abu abu maupun kecoklatan. Lumut cepat menyebar ke area yang lebih luas jika tidak segera ditangani. Nah sebelum pertumbuhan lumut dan jamur semakin meluas anda bisa menggunakan beberapa langkah dan cara untuk membersihkannya, beberapa cara yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:

Sebelum membersihkan jamur atau lumut sebaiknya anda menggunakan perlengkapan atau pakaian yang melindungi anda seperti sarung tangan dan masker penutup hidung (spora jamur berbahaya jika terhirup).
  • Jika permukaan tembok ditumbuhi jamur dan lumut yang agak tebal pastikan untuk menyemprotnya lebih dahulu dengan fungisida yang bisa anda beli di toko toko pertanian. Diamkan setelah 2 hari.
  • Selanjutnya buat larutan dari campuran karbol dan air—biasanya dengan takaran 1 bagian karbol dan 3 bagian air. Jika karbol tidak tersedia, Anda bisa memakai deterjen yang mengandung bahan aktif pencerah kain.
  • Semprotkan atau percikkan larutan tersebut pada area yang berjamur.
  • Gosok bagian yang berjamur memakai sikat berbulu agak kaku atau kain berserat agak kasar atau bisa juga menggunakan amplas.
  • Bilas secara tuntas lalu keringkan.
  • Setelah kering anda bisa melakukan lagi pengecatan ulang.
  • Untuk mencegah tumbuhnya jamur dan lumut di tembok anda lagi pastikan untuk memperbaiki genting bocor atau memperbaiki sumber air yang bisa menyebabkan tembok sering basah, lembab dan pastikan sirkulasi udara berjalan baik.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara