Cara Melakukan Pembelian Aman Di Toko Online

Posted By : Posted on - 10:41:00 AM with No comments

Banyak sekali web online store atau web penjualan yang banyak bertebaran di internet. Menurut beberapa situs media terpercaya pertumbuhan toko online berkembang sangat pesat seiring pertumbuhan pengguna internet yang signifikan. Online store atau toko online memang sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi kita untuk memilih dan membandingkan harga suatu produk dengan yang lain dan kita dapat melakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Semakin banyaknya pengguna internet yang menggunakan toko online untuk pembelian sejumlah barang atau produk digunakan oleh segelintir orang untuk memanfaatkan keuntungan ini. Banyak kita mendengar beberapa orang mengalami penipuan saat membeli barang di toko online, bahkan saya sendiri juga pernah mengalaminya. Belanja online memang cara yang bagus untuk membandingkan harga, memilih barang yang bagus namun dengan harga yang cukup terjangkau dan anda dapat memilih ribuan produk yang mungkin tidak anda temukan di toko offline sekitar daerah anda.

Cara Melakukan Pembelian Aman Di Toko Online

Jika anda gemar melakukan pembelian secara online maka dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang bagaimana berbelanja online dengan aman. Anda hanya perlu untuk tetap berpegang pada aturan yang masuk akal dan tetap waspada untuk melakukan pembelian secara online untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Bagaimana anda membeli online untuk toko online yang kecil & belum terpercaya
  • Dimana situs web yang Anda melakukan pembelian
  • Bagaimana untuk memastikan Anda berada di situs yang aman
  • Bagaimana metode pembayaran online aman lainnya?
  • Tetap waspada terhadap penipuan

Jika Anda menemukan suatu produk yang menarik minat atau keinginan anda dan ingin membeli dari sebuah perusahaan atau toko online kecil yang belum terpercaya pastikan untuk:
  • Hindari membeli dari toko online yang sama sekali tidak Anda kenal, kecuali mereka telah direkomendasikan oleh seseorang yang bisa dipercaya.
  • Hindari melakukan pembelian dari sebuah toko online yang tidak mencantumkan kontak seperti alamat email, no telpon, alamat real perusahaan atau toko (jika ada). Anda harus dapat mengakses alamat dan nomor telepon perusahaan dengan mencoba menghubunginya terlebih dahulu. Jika Anda tidak dapat menemukan alamat dan rincian kontak, pastikan untuk berhati-hati.
  • Pastikan toko online itu usaha penjualan nyata/ tidak fiktif. Jika ragu, cobalah cari informasi toko online tersebut di mesin pencarian

Bagaimana untuk memastikan Anda berada di situs yang aman
Nah situs jual beli yang aman dan terpercaya tentu anda melihat hal hal yang meyakinkan yang berada disitus web mereka seperti berikut ini:

  • Situs yang sangat aman dan terenkripsi akan memiliki simbol gembok pada halaman browser di kiri atas. Coba anda mengetikkan Google.com tentu alamat website tersebut memiliki simbol gembok di addres bar mereka.
  • Alamat website toko online yang aman di address bar Anda harus dimulai dengan https: // bukan http: //. S merupakan singkatan secure atau aman.
  • Address dengan bar hijau. Kadang-kadang di situs yang aman semua atau bagian dari address bar Anda dapat berubah menjadi hijau. Hal ini tergantung pada browser Anda dan situs web, tapi itu umumnya pertanda baik. Mengkliknya akan memberikan rincian keamanan situs.

Bagaimana melakukan metode pembayaran online?
  • Jangan pernah memberikan no rekening beserta passwordnya ke pada toko online apapun alasan mereka memintanya.
  • Pastikan toko online memberikan asuransi sebagai contoh 30 hari pengembalian uang jika barang tidak sampai ke tangan anda.

Tips untuk menghindari penipuan:
  • Hanya membeli dari toko online yang Anda kenal /terpercaya.
  • Jangan pernah membeli sesuatu produk dari spam atau email yang tidak anda minta.
  • Jika Anda curiga, crosscheck online. Melakukan pencarian web untuk nama perusahaan dan kata 'penipuan' - jika Anda menemukan keluhan dari orang lain, pastikan tidak membeli di toko online tersebut.
  • Selalu mencari informasi dari situs web review untuk toko online yang ingin anda beli sebelum benar benar membelinya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara