Cara Alami Menurunkan & Meredakan Demam

Cara Alami Menurunkan & Meredakan Demam - Demam atau meriang dalam dunia medis sering disebut fever, atau Pireksia merupakan keadaan dimana meningkatnya suhu tubuh yang disebabkan cara sistem tubuh bereaksi terhadap gangguan atau masalah kesehatan baik oleh cuaca atau serangan penyakit. Demam merupakan hal yang wajar dan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Demam yang terjadi secara wajar adalah reaksi sitem imun atau sistem kekebalan tubuh yang menangkal datangnya gangguan baik gangguan dari cuaca ekstrim maupun serangan dari penyakit. Demam akan mereda dengan sendirinya dan akan terjadi antara 4-6 hari setelah gejala awal timbul, jadi pastikan untuk memeriksakan kondisi ketika demam tak kunjung mereda dalam jeda waktu tersebut karena demam tersebut kemungkinan disebabkan oleh penyakit yang berbahaya seperti demam karena malaria, demam berdarah, demam karena kanker dan penyakit berbahaya lain.

Seseorang bisa dikatakan menderita demam jika suhu tubuh di atas suhu normal (98,6 F), itu dianggap sebagai demam. Sebagian besar, demam biasa tidak menimbulkan masalah, namun demam yang disertai dengan panas tinggi berbahaya, terutama untuk anak-anak karena anak anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sekuat seperti orang dewasa pada umumnya. Jadi pastikan jika anak anda menderita demam sebaiknya langsung mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter terkait untuk segera mendapatkan perawatan yang tepat. Sebenarnya demam itu sangat berguna bagi manusia dan tentunya demam yang bukan disebabkan oleh penyakit seperti demam pada malaria, demam berdarah ataupun demam yang disebabkan oleh kanker dan virus. Demam membantu tubuh untuk melawan infeksi.

Meredakan dan menurunkan demam

Demam disebabkan oleh reaksi kekebalan atau sistem imun pada tubuh untuk mengatasi jamur, virus, bakteri atau racun lain yang memasuki tubuh kita. Demam biasanya mereda setelah kekebalan tubuh mampu mengatasi hal hal ynag saya sebutkan tadi. Berikut adalah beberapa faktor yang paling umum yang dapat menimbulkan demam:

  • Vaksininasi pada bayi atau anak
  • Kondisi yang menyebabkan infeksi atau peradangan seperti radang tenggorokan, radang sinus dan radang karena sariawan
  • Demam yang disebabkan oleh penyakit berbahaya seperti demam malaria, demam berdarah, Kanker dll.
  • Infeksi seperti contoh infeksi telinga, infeksi tulang, infeksi sinus
  • Cuaca yang ekstrim atau seringnya terkena Sengatan matahari yang terlalu lama atau panas, bisa juga sengatan hewan berbisa seperti ubur-ubur, nyamuk, kalajengking dll
  • Perubahan suhu tubuh yang drastis (Sebagai contoh tubuh anda panas karena berolahraga atau beraktifitas di bawah sinar matahari langsung mandi menggunakan air yang terlalu dingin)
  • Efek atau reaksi terhadap obat-obat tertentu
  • Virus
  • Keletihan, Kelelahan atau badan yang tidak fit

Demam biasnya disertai dengan gejala gejala yang mudah untuk dideteksi atau mudah untuk diketahui seperti:

  • Badan selalu menggigil padahal suhu tubuh meningkat
  • Terasa nyeri pada sendi
  • Badan terasa tidak nyaman, lemas, kecapekan dan Pegal-pegal
  • Perut terasa mual dan serasa ingin muntah
  • Sakit tenggorokan, tenggorokan kering
  • Peningkatan suhu tubuh, denyut jantung, jantung berdebar-debar
  • Kepala terasa pusing atau sakit kepala
  • Mata berkunang-kunang
  • Dehidrasi dan selalu merasa haus
  • Berkeringat dingin

Adapun hal hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah demam atau meriang menyerang anda adalah:
  • Berolahraga teratur untuk meningkatkan sistem metabolisme, sistem metabolisme tubuh meningkat akan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Hindari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dengan Minum cukup air putih minimal 8 gelas perhari
  • Lindungi diri Anda dari efek buruk perubahan cuaca.
  • Mengkonsumsi cukup Vit C dan makan makanan segar, seimbang, sehat dan bergizi
  • Pola hidup sehat
  • Cuci tangan sesering mungkin terutama saat anda akan memakan sesuatu. Ini akan mencegah bakteri masuk dalam tubuh Anda.

Mengatasi Demam 

Cara terbaik mengatasi demam adalah dengan mengetahui penyebab demam terlebih dahulu, jika demam disebabkan karena faktor penyakit berbahaya seperti demam karena gejala kanker, malaria, demam berdarah maupun demam yang lain segera konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Jika demam disebabkan oleh faktor faktor biasa sebagai contoh karena kecapekan, sariawan, radang tenggorokan, dehidrasi atau sakit kepala anda bisa mengatasinya secara alami. Berikut adalah beberapa obat alami untuk demam, yang dapat Anda coba di rumah.

Mandi menggunakan air hangat
Saat anda merasa demam dan meriang maka mandilah dengan air hangat. Mandi menggunakan air hangat akan membuka pori pori ditubuh anda agar memudahkan pengeluaran panas demam di tubuh anda. Mandi menggunakan air panas juga mampu mengendurkan ketegagan otot otot Anda dan memberikan rasa nyaman jika tubuh anda lelah. Dengan mandi air panas juga mampu meredakan demam biasa.

Mengurangi atau menurunkan Suhu tubuh
Mengurangi suhu tubuh bisa dilakukan dengan tidur yang cukup, beristirahat dari rutinitas anda yang melelahkan dan berusahalah untuk berkeringat. Saat anda mengalami demam maka tubuh anda akan memiliki temperatur yang tinggi namun anda akan mengalami tubuh yang menggigil karena merasa kedinginan.

Konsumsi makanan atau minuman yang membantu meredakan demam
Saat anda demam maka usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan makanan berat atau makanan siap saji seperti mie instan, gorengan, minum air es dll. Hindari mengkonsumsi makanan berat atau junk saat Anda sakit dan pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Bantu dengan beberapa jenis makanan yang membantu menurunkan dan meredakan demam terutama yogurt dan susu hangat. Hal ini akan membantu menurunkan suhu tubuh anda, meredakan dan mengembalikan stamina anda.

Daun Kemangi
Daun kemangi atau daun yang bisa digunakan sebagai lalapan ini juga dapat membantu meredakan dan menurunkan demam anda. Ambil 1 sendok makan daun kemangi (segar dan dan telah dihaluskan), dan ¼ sendok makan lada. Rebus dalam secangkir air. Diamkan selama 5 menit dan saring rebusan tadi dan minum untuk meredakan demam dan membuat anda rileks.

Apel
Apel merupakan buah yang menyegarkan dan disamping itu buah ini juga membantu dalam meredakan demam. Ambil sebuah apel dan didihkan dalam 1,5 gelas air. Rebus sampai apel menjadi lembut. Saring air rebusan dan tambahkan madu dalam air rebusan apel tadi.Buah apel juga berguna sebagai jenis makanan penghilang racun secara alami atau detoksifikasi.

Selada
Ambil daun selada segar dan tambahkan air hangat. Rendam daun selada di dalamnya selama beberapa menit dan saring rebusan tadi. Campur satu sendok makan madu di dalamnya. Biarkan campuran dingin. Minum dengan interval (pengulangan) tertentu sampai demam anda mereda.

Bawang Putih
Ambil 1 siung bawang putih dan menghaluskannya. Tambahkan 1 cangkir air ke panci pemanas. Tambahkan bawang putih cincang di dalamnya dan diamkan selama 5 menit. Biarkan campuran hangat hangat kuku dan saring. Minum rebusan ini untuk mengobati gejala demam. Bawang putih merupakan bahan alami yang memiliki kandungan anti septik dan anti oksidan yang sangat tinggi sangat berguna untuk mengatasi penyakit kesehatan seperti mengatasi keputihan, mengatasi hipertensi, mengatasi jerawat, menghilangkan bau pada organ kewanitaan dan masih banyak lagi manfaatnya untuk kesehatan.

Madu Teh dan Jahe
Buat teh dengan teh biasa akan lebih baik jika menggunakan teh hijau atau teh merah dan tambahkan ½ sendok makan jahe (segar dan haluskan) ditambah 1 sendok makan madu. Diamkan selama beberapa menit dan saring. Minum teh ini dalam keadaan masih hangat. Ramuan teh ini akan memberikan kenyamanan pada tenggorokan dan mampu meredakan menggigil karena dingin dan meredakan batuk.

Cuka
Asam asetat atau yang lebih kita kenal dengan cuka mampu memberikan kenyamanan dan mampu menurunkan panas karena demam. Tambahkan ½ cangkir cuka dalam air mandi dan berendam selama 5-10 menit. Ini adalah peredam demam alami.

Bawang Merah
Potong bawang merah mentah menjadi 2 bagian. Gosokkan belahan bawang merah tadi pada telapak kaki anda, dan menyelimuti kaki anda dalam selimut hangat. Anda juga dapat menempatkan irisan bawang mentah di kaus kaki Anda dan memakainya. Obat ini juga bekerja dengan baik dalam mengurangi demam.

Kentang
Iris kentang dan rendam dalam cuka. Taruh di dahi Anda, jika dahi Anda terasa panas.

Minyak Zaitun
Panaskan 2 sendok makan minyak zaitun (tidak terlalu panas) dan tambahkan 2 siung bawang putih dihancurkan ketika minyak mencapai tingkat suam-suam kuku. Masukkan ke dalam mangkuk dan gosokkan pada telapak kaki. Hal ini akan memberikan kenyamanan dan mampu meredakan demam.

Jeruk
Makan jeruk mentah atau minum jus jeruk segar. Hal ini akan memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh Anda. Demam karena sariawan, radang tenggorokan disebabkan oleh kerungan vitamin c yang menyebabkan kekebalan tubuh berkurang.

Air Dingin
Rendam handuk tangan dalam air dingin. Peras air dan letakkan di leher dan dahi.

Kayu Manis
Minum teh kayu manis akan meredakan demam. Ambil 2 kapulaga, sejumput kayu manis dan 2 sendok makan bubuk jahe. Diamkan selama 5 menit dan minum dalam keadaan hangat panas.

Cuka Sari Apel
Ambil handuk tangan dan celupkan ke dalam cuka sari apel. Peras handuk dan meletakkannya di dahi Anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara