Cara Alami Mengatasi Rasa gatal & Bau Pada Organ Kewanitaan

Posted By : Posted on - 3:39:00 AM with No comments

Cara Alami Mengatasi Rasa gatal & Bau Pada Organ Kewanitaan - Organ intim kewanitaan merupakan salah satu organ terpenting pada wanita. Bau busuk yang menyengat pada organ kewanitaan merupakan salah satu gejala yang mungkin terjadi masalah kesehatan pada organ intim wanita. Bahkan bau busuk pada organ intim wanita yang umum terjadi dan bukan disebabkan oleh masalah kesehatan pada organ intim tentu menimbulkan masalah kepercayaan diri pada seorang wanita.

Umumnya bau pada organ kewanitaan biasanya disertai dengan itchy atau rasa gatal pada organ intim tersebut. Vaginal odor atau kita sering menyebutnya dengan bau busuk pada organ kewanitaan bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti disebabkan karena bakteri atau infeksi, jamur, kelembapan tinggi pada organ intim, penyakit menular seksual dan bahkan karena kebersihan organ intim yang buruk. Bahkan makanan juga memiliki andil yang cukup besar yang bisa menyebabkan bau pada organ intim wanita, sebagai contoh mudahnya saja adalah makanan yang anda rasa cukup memiliki bau yang menyengat juga akan menyebabkan bau pada organ kewanitaan anda juga akan berbau menyengat sebagai contoh saja makanan seperti petai, jengkol, durian dll.

Jika bau pada organ intim disertai keluarnya lendir seperti keputihan dan jika dibiarkan terus menerus terjadi tanpa ada langkah pengobatan atau perawatan maka dapat memiliki resiko tinggi menyebabkan penyakit organ kewanitaan yang berbahaya seperti kanker serviks atau kanker leher rahim. Adapun cara mencegah agar organ intim wanita anda tetap bersih dan sehat adalah dengan mengaplikasikan pola hidup sehat, kebersihan secara umum, olahraga yang teratur dan hindari kebiasaan buruk.

mengatasi rasa gatal dan bau pada organ intim wanita

Berikut faktor- faktor lain yang yang paling umum dan bisa menjadi penyebab bau pada organ kewanitaan:

  • Keputihan yang tidak normal atau berlebih
  • Infeksi yeast atau infeksi yang disebabkan oleh jamur dan biasanya terjadi karena organ intim sering terjadi kelembapan tinggi
  • Gonorrhea atau sering disebut Gonore (penyakit menular seksual)
  • Jamur
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak
  • Bakteri yang sering menyebabkan masalah pada organ intim wanita sebagai contoh bakteri vaginosis
  • Penyakit inflamasi panggul
  • Penyakit Menular Seksual secara umum seperti klamidia, ulkus mole, trikonomiasis, skabies, genital herpes dll
  • Pola kebersihan yang buruk & seringnya memakai Pakaian yang terlalu ketat dan bahan yang tidak mudah menyerap keringat sehingga terjadi kelembapan tinggi di area organ intim
  • Douching
  • Penggunaan sabun, alat alat yang berhubungan dengan organ intim yang tidak tepat.

Nah diatas adalah beberapa hal yang paling sering atau paling umum yang menyebabkan rasa gatal dan bau pada organ intim wanita, dan biasanya saat seseorang wanita mengidap masalah kesehatan pada organ intim wanita biasanya akan disertai dengan gejala pada organ intim wanita seperti:

  • Rasa yang tidak nyaman seperti rasa panas, nyeri, gatal di vagina
  • Jika anda perhatikan dengan seksama organ intim wanita akan terjadi ruam kemerahan dan keluarnya lendir yang berlebih dan umumnya keputihan yang tidak normal yang bisa menyebabkan rasa gatal dan bau pada organ intim wanita disertai warna yang mencolok seperti terlalu kental, kekuningan atau putih kental (keputihan yang normal akan berwarna transparan dan jernih).
  • Berbau tidak normal seperti amis, bau seperti besi berkarat, menyengat, berbau busuk

Setelah anda mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa gatal dan bau pada organ intim wanita dan mengetahui gejala gejalanya maka segera konsultasikan dengan dokter terkait agar mendapatkan perawatan yang tepat, adapun cara yang efektif untuk mencegah bau dan rasa gatal pada organ intim wanita bisa dilakukan dengan:

  • Hindari douching
  • Hindari celana ketat dan terbuat dari polyster (bahan yang tidak menyerap keringat), Anda harus mengenakan celana dalam dari bahan katun karena hal ini akan memberikan ventilasi ke daerah vagina, dengan demikian akan mampu mengurangi bau vagina dengan lebih cepat.  
  • Teratur untuk selalu mengganti pembalut atau tampon 4jam sekali jika anda sedang menstruasi
  • Hindari sabun wangi, serbuk atau pembalut beraroma ataupun produk pembersih yang bisa tidak cocok dengan jenis kulit pada area organ intim anda, hal ini bisa diketahui dengan rasa gatal atau rasa yang tidak nyaman ketika anda menggunakan produk organ intim tersebut.
  • Kurangi asupan makanan yang berbau menyengat dan terlalu banyak gula berlebih atau manis, alkohol atau minuman berkarbonasi.
  • Hindari mandi dengan air yang sangat panas karena dapat membunuh bakteri yang diperlukan dan berguna untuk menjaga keseimbangan asam (pH) dalam vagina

Mengatasi Rasa gatal & Bau Pada Organ Kewanitaan

Adapun beberapa bahan bahan alami yang sering digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan bau pada organ kewanitaan, bahan bahan alami yang tentunya tidak memiliki efek samping jika anda menggunakannya secara tepat dan terbukti efektif untuk mengatasi rasa gatal dan bau pada organ intim kewanitaan.

Yoghurt
Makan yoghurt membantu banyak dalam mengendalikan bau vagina. yoghurt memiliki kandungan lactobacillus, yang membantu untuk menjaga tingkat pH dalam vagina dan mampu menjaga kebersihan organ kewanitaan. Anda juga dapat menggunakan yoghurt topikal pada vagina. Gunakan tampon dan rendam dalam yoghurt yang telah diencerkan dengan air. Sekarang tempatkan tampon ke dalam vagina Anda selama sekitar 5 menit. Kemudian, bilas vagina dengan baik dengan air dingin.

Teh
Teh merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghentikan bau vagina. Kandungan anti-jamur dan anti-bakteri dalam teh adalah obat herbal yang sangat baik. Ambil 2 sendok teh dan encer dengan menambahkan air. Sekarang, rendam tampon dalam larutan ini dan menempatkannya ke dalam vagina Anda selama beberapa menit. Oleskan 1 jam sebelum Anda mandi. Ulangi proses setiap hari selama seminggu. Ini adalah obat herbal yang baik untuk menyingkirkan bau vagina.

Baking Soda
Baking soda adalah obat yang berguna untuk melawan infeksi yang menyebabkan bau vagina karena mempertahankan keseimbangan pH dalam tubuh. Campurkan 1 sdm baking soda dalam 1 gelas air hangat. Minum air hangat ini. Atau, tambahkan baking soda di air mandi Anda dan rendam vagina di dalamnya. Kemudian, keringkan dengan bantuan handuk bersih. Obat ini akan menghilangkan bau dengan cepat.

Konsumsi Buah Jeruk
Mengkonsumsi segala jenis buah jeruk, seperti jeruk hijau, lemon, jeruk bali. Ini adalah tinggi vitamin C, yang membuat sistem kekebalan tubuh yang kuat saat mengeluarkan racun yang tidak perlu dari tubuh. Ini adalah cara alami untuk mencegah bau vagina. Vit c yang tinggi berguna untuk meningkatkan fertilitas atau kesuburan.

Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan anti septik dan antioksidan yang mampu membunuh bakteri dan mampu mencegah radikal bebas, juga membantu mengurangi bau vagina. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa bawang putih bisa menggunakan blender maupun ditumbuk hingga membentuk seperti pasta, oleskan pasta bawang putih halus ini ke dinding vagina. Biarkan selama sekitar 8-10 menit. Bersihkan dengan air hangat dan harus diingat jangan memakai sabun. Bawang putih adalah agen anti-jamur dan anti-bakteri yang kuat dan membantu untuk melawan bakteri yang menyebabkan bau vagina. Bawang putih juga berguna untuk mengatasi keputihan.

Cuka
Asam asetat atau nama lain dari asam etanoat atau yang biasa kita sebut cuka merupakan obat yang cukup manjur utuk mengatasi bau pada organ intim wanita ini, asam lemah yang dihasilkan oleh cuka mampu menetralkan bau pada organ intim kewanitaan dan menyeimbangkan PH. Caranya adalah dengan menambahkan setengah cangkir cuka putih dan sedikit garam dalam bak mandi yang berisi air hangat. Rendam organ intim kewanitaan anda ke dalam air hangat tersebut. Cuka putih mampu mengatasi masalah bau pada organ intim dan mempertahankan keseimbangan pH dalam vagina. Cuka juga dikenal untuk menyeimbangkan Ph pada ketiak dan mampu mencerahkan kulit ketiak hitam.

Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memiliki sifat anti-bakteri yang baik, dan karena itu, adalah obat rumah yang efektif untuk menghilangkan bau vagina. Rendam diri Anda dalam bak mandi yang berisi air hangat dicampur dengan cuka sari apel. Cuka sari apel juga membantu dalam mendapatkan kembali sifat asam pada vagina dengan demikian, mampu mnyeimbangkan ph vagina dan mampu menghilangkan bau busuk.

Minum Banyak Air
Air adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan bau vagina. Anda harus minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari untuk menyingkirkan bau vagina. Air alami menghilangkan racun dan bakteri berbahaya dari tubuh sekaligus memperbaiki aktivitas metabolik. Air juga membantu untuk membersihkan kelebihan gula dari tubuh, gula merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan bau vagina.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara