8 Cara Merawat Laptop & PC Agar Lebih Awet

Posted By : Posted on - 5:59:00 AM with No comments

Komputer dan laptop merupakan perangkat yang sangat membantu anda dalam mengerjakan segala aktifitas anda seperti untuk bekerja, menyelesaikan tugas tugas kampus, browsing atau sekedar mencari hiburan dengan bermain game. Dari berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dari komputer atau laptop sangat penting untuk menjaga kedua perangkat tersebut dengan baik agar umur penggunaan akan lebih lama atau awet. Ini berarti akan menghemat banyak biaya perawatan. Kemampuan komputer atau laptop memang memiliki batasan waktu, kemampuan perangkat ini akan menurun seiring dengan bertambahnya usia laptop atau komputer, menurut para pakar teknologi umur laptop idealnya (performa terbaik) selama 3 tahun dan komputer selama 5 tahun.

8 Cara Merawat Laptop & PC Agar Lebih Awet

Namun dengan perawatan yang baik tentu performa atau kemampuan laptop atau komputer akan lebih panjang. Dan sebenarnya beberapa cara sederhana bisa anda gunakan untuk memperpanjang usia laptop atau komputer anda. Beberapa tips merawat komputer ini disarankan oleh pakar teknologi Sarah Hansen yang rutin menjadi author Life Hacker. Dan berikut adalah beberapa cara sederhana merawat komputer atau laptop anda agar performanya terjaga lebih panjang dan lebih awet:

Cara Merawat Laptop & PC Agar Lebih Awet

Tetap Tertutup dan terjaga kebersihannya
Salah satu faktor yang menyebabkan hardware dalam komputer atau laptop mudah rusak adalah debu maupun kotoran. Debu yang menumpuk pada hardware komputer akan menyebabkan laptop atau komputer cepat panas dan mengganggu kinerja hardware komputer tersebut. Salah satu cara terbaik untuk menjaga komputer Anda berjalan dalam jangka panjang adalah untuk menjaganya tetap bersih.

Rutin membersihkan dengan membuka bagian tutup komputer atau laptop dan membersihkannya dengan kuas halus dan menyemprot degan angin kompresor kekuatan rendah akan menjaga setiap hardware dalam komputer maupun laptop tetap bersih. Jangan lupakan juga untuk membersihkan kipas komponen utama untuk pendinginan prosesor dan hardware secara umum, kipas atau fan yang kotor akan menyebabkan sirkulasi udara dalam komputer menjadi buruk dan menyebabkan motherboard & prosesor menjadi cepat panas.

Jauhkan cairan apapun didekat laptop atau komputer anda
Nah kalau ini merupakan pengalaman saya sendiri selama saya memiliki laptop sudah 3 kali saya menumpahkan minuman (secara tidak sengaja) dan embasahi keyboard laptop. Akibatnya beberapa tombol keyboard mengalami error dan akhirnya saya harus mengganti keyboard tersebut. nah mungkin pengalaman saya ini mungkin juga terjadi kepada anda, jadi pastikan jangan dekatkan segala minuman (atau cairan apapun) didekat komputer atau laptop anda. Cairan yang tumpah dapat menyebabkan konsleting dan membuat kerusakan.

Gunakan komputer atau laptop disuhu ruangan dingin
Panas seringkali membuat kinerja komputer menjadi lemot dan berumur pendek. Panas juga menyebabkan banyak masalah. CPU dan kartu grafis bisa mendapatkan begitu panas. Komputer menghasilkan panas ketika perangkat tersebut berjalan. Ketika Anda menggabungkan dengan suhu ruang yang cukup panas atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, komputer Anda bekerja lebih keras dan melambat.

Cobalah untuk menempatkan komputer Anda di ruang bersih yang tetap dingin dan jauh dari terik matahari. Memberikan aliran udara yang tepat dan tidak menempatkan sesuatu di depan fans pada PC Anda yang menghambat sirkulasi udara berjalan dengan baik. Sekali lagi dengan teratur membersihkan CPU Anda untuk memastikan mereka berjalan lancar dan mampu memindahkan panas dari komputer dengan baik. Anda juga dapat menambahkan kipas atau fan ekstra untuk PC atau laptop Anda.

Software tetap terupdate
Selalu mengupdate sistem dan software adalah cara terbaik untuk pemeliharaan yang diperlukan untuk sistem perangkat anda. Jika Anda memiliki komputer atau laptop update tidak hanya akan memperbarui komputer Anda, tetapi juga defrag sistem. Jika Anda memiliki PC, Anda akan perlu melakukan defrag dan membersihkan disk secara manual (setidaknya sekali per bulan). Anda dapat mengaturnya untuk menjalankan pada malam hari sehingga tidak mengganggu pekerjaan Anda. Juga, jika Anda memiliki PC, pastikasn perangkat lunak antivirus Anda selalu diperbarui. Software yang tidak pernah diupdate akan memiliki performa yang buruk dengan begitu akan memberatkan ketika aplikasi tersebut dijalankan.

Hindari benturan keras
Yang sering terjadi adalah laptop, karena komputer akan jarang selalu dipindahkan. laptop merupakan perangkat komputer yang selalu dipindah-pindahkan dan seringkali benturan keras dapat mempengaruhi performa laptop. Selalu pastikan untuk menghindari benturan atau kontak dengan keras seperti terjatuh, terinjak, ditumpuk dengan beban berat agar laptop anda lebih awet atau berusia panjang.

Pastikan Anda Memiliki RAM Cukup dan Hard Drive Space
RAM Anda (random access memory yang digunakan untuk program-program aktif) dan hard drive Anda (perangkat hardware yang digunakan untuk hal-hal yang Anda simpan seperti video, dokumen, dan gambar) harus pada tingkat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda punya banyak aplikasi pada komputer, kemungkinan aplikasi aplikasi tersebut akan memberi minimal memori dan ruang pada hard drive. Anda dapat meng-upgrade memori cukup mudah, dan komputer Anda akan berjalan lebih cepat dan lebih lama. Pastikan untuk menyisakan ruang pada harddisk komputer anda (biasa tersimpan Local Disk C) untuk menjalankan semua program aplikasi dengan ringan.

Solid State Drives Upgrade untuk Meningkatkan Panjang Umur
Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan komputer dan memperpanjang hidupnya adalah untuk menggantikan hard drive dengan solid state drive. Solid state drive baru menjadi lebih terjangkau sekarang. Mereka memiliki bagian yang bergerak dan berjalan lebih dingin dibandingkan disk drive standar. Mereka juga akan meningkatkan kecepatan start-up Anda, dan Anda akan melihat respon yang lebih cepat dan ringan di komputer Anda secara keseluruhan.

Jangan Perlakukan Komputer Anda Seperti Light Switch
Jangan mematikan komputer atau laptop secara langsung melalui switch atau tombol on off di komputer atau laptop anda karena hal ini jika sering dilakukan akan menyebabkan kerusakan hardisk. Untuk itulah kenapa listrik yang tidak stabil yang menyebabkan komputer mati mendadak terlalu sering, hardisk sering mengalami kerusakan atau error.

Dan juga mematikan komputer atau laptop berkali kali dalam sehari juga tidak baik untuk usia perangkat tersebut. Akan lebih baik untuk mode sleep atau istirahat jika anda harus menggunakannya berkali kali dalam sehari daripada mematikannya. Sering unpowering dan mematikan beberapa kali per hari menekankan komponen seperti Anda mengubah suhu di dalam sistem, menyebabkan error hardware. Cobalah untuk membatasi cara ini, sistem anda akan bertahan lebih lama.

Sama seperti mobil, ketika Anda melakukan perawatan rutin dan memperlakukan komputer Anda dengan hati-hati, Anda kemungkinan akan mendapatkan sistem perangkat lebih panjang dan awet. Lebih mudah untuk merawat daripada memperbaiki kan? Lebih banyak waktu dan biaya yang terbuang untuk perbaikan perbaikan yang sebenarnya bisa anda cegah dengan merawat perangkat tersebut dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara