sponsored ads

6 Cara Mencuci Tangan Yang Baik & Benar

Posted By : Posted on - 11:41:00 AM with 1 comment

Mencuci tangan adalah salah satu cara paling sederhana untuk menjaga anda tetap sehat. Mencuci tangan sebelum makan atau sebelum tidur merupakan cara efektif mencegah penyebaran penyakit yang disebarkan melalui kontak tangan dari media mengandung bakteri, virus atau bibit penyakit masuk kedalam tubuh anda. Dengan mencuci tangan dengan baik dan benar akan menghentikan siklus penyakit yang terbawa dalam tangan anda masuk kedalam tubuh anda khususnya melalui makanan.

Memang saat ini banyak produk hands sanitizer yang beredar cukup banyak untuk membersihkan tangan anda. Pembersih tangan berbasis alkohol, yang tidak memerlukan air, merupakan alternatif yang dapat diterima ketika sabun dan air tidak tersedia. Jika Anda menggunakan pembersih tangan, pastikan produk tersebut mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Tisu antimikroba adalah pilihan lain yang efektif. Anak-anak perlu diberikan pengertian dasar tentang bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar sehingga hal ini bisa menumbuhkan kebiasaan mereka untuk selalu higienis dan hidup sehat.

cara mencuci tangan yang baik

Cuci tangan tidak mengambil banyak waktu atau usaha yang besar, tapi menawarkan manfaat yang besar dalam hal mencegah penyakit. Menjaga kebiasaan sederhana ini dapat memainkan peran penting dalam melindungi kesehatan Anda. Beberapa hal yang akan membantu anda mencegah penularan atau penyebaran penyakit melalui cuci tangan ini adalah:

  • Menyiapkan makanan atau makan
  • Mengobati luka, memberikan obat, atau merawat orang sakit atau terluka
  • Memasukkan atau melepas lensa kontak
  • Kontak langsung dengan bahan makanan, terutama daging mentah atau unggas
  • Menggunakan toilet atau mengganti popok
  • Menyentuh hewan atau binatang ternak
  • Melakukan aktifitas dengan limbah
  • Ketika batuk, bersin
  • Penanganan sampah, rumah tangga atau bahan kimia, atau apapun yang bisa terkontaminasi

Cara mencuci tangan Anda dengan baik dan benar

Biasanya ketika mencuci tangan kebanyakan orang akan melakukannya secara serampangan atau asal asalan sehingga bakteri, bibit penyakit maupun virus berbahaya masih tertinggal ditangan dan hal ini beresiko terhadap penyebaran penyakit dan masuk kedalam tubuh anda. nah berikut adalah beberapa langkah mencuci tangan yang baik dan benar seperti dikutip dari situs kesehatan Mayoclinic.com:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir boleh menggunakan air hangat atau dingin.
  2. Gunakan sabun cair, batangan atau sabun yang cocok dengan jenis kulit anda.
  3. Gosok sabun hingga berbusa.
  4. Gosok tangan Anda secara menyeluruh setidaknya selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan tangan, termasuk bagian belakang tangan, pergelangan tangan, antara jari dan di bawah kuku Anda.
  5. Bilas dengan baik.
  6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu sekali pakai atau pengering udara.

Perlu diingat bahwa sabun antibakteri tidak lebih efektif dalam membunuh kuman dibandingkan sabun biasa. Menggunakan sabun antibakteri bahkan dapat menyebabkan perkembangan bakteri yang resisten terhadap agen antimikroba produk ini - sehingga sulit untuk membunuh kuman ini di masa depan.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara