5 Cara Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat

Posted By : Posted on - 12:18:00 AM with No comments

Tidak semua orang mengetahui manfaat yang bisa kita peroleh dengan asuransi. Asuransi merupakan pelindung aset kita yang berharga seperti keselamatan kerja, jiwa, pendidikan, pensiun dan lain lain. Jika dianalogikan asuransi itu seperti helm kerja yang anda gunakan untuk bekerja, seperti pelampung saat anda naik kapal, parasut saat anda naik pesawat maupun sabuk pengaman saat anda berkendara. Semua alat perlengkapan tersebut akan berfungsi saat kejadian yang tidak kita inginkan terjadi, namun memiliki fungsi pelindung saat kejadian tidak benar benar terjadi.

Tujuan asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan finansial atau keuangan bagi orang yang menjadi tanggungan kita. Namun banyak dari kita masih belum mengerti tentang asuransi jiwa, apakah itu menjadi kebutuhan dan bagaimana cara memilih asuransi jiwa yang sesuai.  Berikut adalah cara memilih asuransi jiwa yang tepat:

cara tepat memilih asuransi jiwa
Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat

Cek Tingkat Kesehatan Perusahaan Asuransi
Pastikan anda mengetahui secara lengkap tentang perusahaan asuransi yang ingin anda ikuti, mulai dari profil perusahaan, kesehatan perusahaan, kapan perusahaan asuransi berdiri dan legitimate tentunya. Dan yang paling penting adalah kesehatan perusahaan asuransi, perusahaan yang sehat akan benar benar menjadi perusahaan yang terpercaya. Untuk melihat tingkat kesehatan dari perusahaan asuransi dapat diukur dari Risk Based Capital (RBC), yang sederhananya diartikan adalah perbandingan total asset perusahaan dibandingkan dengan resiko klaim. Semakin besar nilai RBC perusahaan asuransi, maka semakin sehat perusahaan tersebut. Kesehatan perusahaan asuransi jiwa akan sangat berpengaruh terhadpa klaim resiko yang besar.

Ajukan keaanggotaan saat anda masih sehat
Ya dengan anda mendaftar saat keadaan anda masih sehat maka secara otomatis premi asuransi yang dibayarkan akan minimal dibandingkan jika membeli pada saat sudah sakit. Dan yang terpenting adalah ada beberapa perusahaan asuransi akan menolak pengajuan pendaftaran asuransi jiwa anda, jika kondisi kesehatan tidak sesuai dengan persyaratan.

Sesuaikan asuransi dengan kebutuhan
Tidak semua produk asuransi perlu Anda miliki. Setiap orang punya kondisi keuangan yang berbeda sehingga kebutuhan akan produk asuransi pun belum tentu sama. Jadi pastikan pilih asuransi yang memang benar dibutuhkan. Pastikan produk asuransi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Cek Detail tentang asuransi
Ya cek semua informasi tentang asuransi jiwa yang anda perlukan baik lewat website resmi tentang asuransi maupun bisa share dengan kerabat, sahabat maupun teman anda yang lebih dulu menggunakan jasa asuransi jiwa. Dan yang lebih baik lagi langsung gali informasi ke perusahaan jasa asuransi terkait.  Anda juga dapat menanyakan tentang pelayanan ataupun produk dari teman atau kerabat untuk mendapatkan informasi tentang produk asuransi maupun kemudahan klaim nya. Dan akan lebih baik lagi jika anda memiliki cukup perbandingan antara perusahaan asuransi jiwa yang satu dengan yang lainnya, ini memudahkan anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing perusahaan asuransi yang anda bandingkan.

Hubungan antara asuransi dan investasi
Ada orang yang ingin memisahkan antara asuransi dan investasi, tetapi ada juga orang yang ingin mempunyai produk asuransi yang sekaligus sebagai investasi. Untuk tipe yang terakhir, cocok untuk membeli produk asuransi unit link. Untuk tipe pertama, dapat membeli produk term life (berjangka)

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara