4 Cara Menjaga Organ Intim Kewanitaan Bersih & Sehat

Posted By : Posted on - 4:48:00 AM with No comments

Menjaga Organ Kewanitaan Bersih & Sehat - Organ intim kewanitaan adalah salah satu organ reproduksi wanita yang sangat penting untuk dijaga kebersihan serta kesehatannya. Salah satu faktor yang paling sering menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada organ intim kewanitaan ini adalah kelembapan tinggi (karena selalu tertutup dan tersembunyi) sehingga bakteri maupun jamur dapat tumbuh dengan subur di area ini. Jika jamur dan bakteri tumbuh dengan pesat diarea ini maka seringkali menimbulkan beberapa masalah kesehatan pada organ intim kewanitaan seperti keputihan (vaginal discharge), rasa sangat gatal pada organ intim kewanitaan (itchy), vagina berbau busuk (vaginal odor), mudah infeksi jika terjadi luka (seringnya mencukur bulu kemaluan), bahkan pada kasus berat bisa memiliki peluang besar terhadap kanker serviks dll.

Jadi sangat penting untuk menjaga organ intim kewanitaan anda selalu bersih dan sehat untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan pada organ intim kewanitaan anda yang mungkin atau berpeluang timbul. Nah berikut beberapa cara yang direkomendasikan oleh beberapa pakar kesehatan kelamin yang telah saya rangkum dari beberapa situs kesehatan terpercaya:

menjaga organ intim wanita bersih dan sehat

Menjaga Organ Kewanitaan Bersih & Sehat

Rajin dan teratur berolahraga
Olahraga secara teratur erat kaitannya dan sangat mempengaruhi kesehaan organ intim kewanitaaan, saat anda teratur dan rajin berolahraga maka sistem metabolisme tubuh anda akan meningkat dan itu berarti sistem kekebalan atau sistem imun juga akan meningkat. Saat tubuh anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang memadai maka jamur, bakteri, virus yang mungkin bisa menyebabkan masalah kesehatan organ intim kewanitaan anda bisa ditangkal. Dengan berolahraga secara teratur juga akan meningkatkan sekresi lendir dari rahim anda yang akan membuang kotoran, racun maupun darah kotor sisa menstruasi dan membuangnya keluar. Jadi pastikan sesibuk apapun rutinitas anda sempatkan untuk berolahraga setiap hari minimal 30 menit.

Perbanyak minum air putih
Meminum banyak air putih juga membantu menjaga organ kewanitaan anda tetap bersih dan sehat. Seperti anda ketahui bahwa air putih yang anda minum akan membawa material berbahaya seperti racun, bahan kimia, toksin dari dalam tubuh anda dan membuangnya melalui keringat dan air seni. Saat anda kekurangan cairan ditubuh anda maka organ intim anda akan sedikit menghasilkan sekresi lendir alami di Ms V anda, itu berarti racun, kotoran di rahim anda tidak lancar pembuangannya. Jadi pastikan minum banyak air putih minimal 8-9 gelas (1,5 L) dalam sehari.

Cuci Organ Intim Dengan Hati Hati
Pastikan untuk mencuci organ intim kewanitaan anda dengan benar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Ms V. PH (derajat keasaman) ideal organ intim wanita adalah 3.8 -4.5 nah disinilah letak kesalahan yang sering dialami oleh kebanyakan wanita, banyak wanita menggunakan sabun untuk kulit (ideal pH kulit 5.5) untuk membasuh organ vital ini, tentu saja hal ini jika tidak cocok dengan pH organ intim kewanitaan sehingga akan berpengaruh terhadap kondisi organ kewanitaan anda seperti munculnya bau busuk di organ intim, keputihan dll.

Jadi pastikan untuk menggunakan sabun khusus untuk mencuci atau membasuh organ intim kewanitaan anda, akan lebih baik jika sabun tersebut terbuat dari bahan herbal bukan bahan kimia yang memiliki PH 3.8-4.5. Dan perlu diperhatikan anda tidak diperbolehkan menggunakan sabun semprot ke dalam organ intim anda karena hal tersebut sangat beresiko tinggi terhadap kesehatan seperti iritasi, luka, dll. Perlu anda ketahu tanpa anda bersihkan Mrs V bagian dalam secara alami rahim akan melakukan sekresi (pembuangan) lendir dan zat racun secara alami yang berada di dalam rahim.

Cara membersihkan organ intim kewanitaan inipun ada caranya tersendiri jangan asal membersihkan saja. Pastikan untuk membersihkan pada vulva (bibir vagina bagian luar) dengan lembut dan hati hati. terlalu keras menggosok bagian luar dari organ intim kewanitaan dapat menyebabkan iritasi, luka bahkan infeksi. Setelah buang air kecil, basuh organ intim dengan sedikit air, dan keringkan dengan mengusap lembut menggunakan tisue. Usap dari dekat anus mengarah ke depan. Cara ini akan mencegah kotoran atau bakteri menempel lagi pada organ intim. Cara paling tepat membersihkan area intim Anda adalah membasuh vulva (bagian luar vagina) setiap hari dengan air hangat. Hindari pengunaan sabun, terlebih lagi yang mengandung wewangian.

Pola Makan Yang Sehat & Benar
Makanan yang anda konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ intim kewanitaan anda. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan oleh para pakar kesehatan kelamin menyebut makanan yang membantu anda mendapatkan kesehatan organ intim kewanitaan dan membuatnya bersih dan kesat beberapa diantaranya adalah nanas, apel, seledri, yoghurt, anggur merah, cranberry, air putih, mint, semangka dan strowberry. Makanan tersebut sangat berguna untuk membantu sekresi organ kewanitaan dan mnyeimbangkan bakteri alami dalam organ kewanitaan anda.

Jika ada yang direkomendasikan tentu saja juga ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya anda hindari. Beberapa jenis makanan dan minuman berikut bisa membuat organ intim kewanitaan anda berbau busuk, beberapa diantaranya adalah kopi, bir, minuman beralkohol, rokok, cabai, dll.

Pastikan memakai celana dalam (Underwear) yang bersih dan nyaman
Celana dalam seringkali menjadi penyebab kelembapan tinggi di area organ intim kewanitaan sehingga menyebabkan bakteri, jamur, virus mudah berkembang di area ini. Seperti anda ketahui bahwa bakteri dan jamur menyukai tempat lembap dan mudah berkembang di area yang memiliki kelembapan tinggi. Jadi pastikan untuk mengenakan celana dalam berbahan katun (atau bahan lain yang nyaman dan menyerap keringat) jangan berbahan dasar plastik dan jangan pula terlalu ketat agar aliran udara tetap terjaga, khususnya saat aktif bergerak atau beraktivitas di luar ruangan dan berpanas-panasan.

Menggunakan celana dalam yang nyaman akan menghindari gesekan secara langsung dengan bibir Ms V, gesekan yang terus menerus bisa menyebabkan luka dan area tersebut menjadi gelap (menghitam). Sedangkan celana dalam yang berbahan katun mudah menyerap keringat dan itu berarti akan mengurangi kelembaban di organ intim kewanitaan anda, sekaligus baik untuk sirkulasi udara.

Seperti yang telah dijelaskan pada poin diatas bahwa kelembapan tinggi bisa memicu timbulnya jamur dan bakteri (kedua organisme tersebut menyukai dan mudah hidup di lingkungan lembab) dan bisa menyebabkan masalah pada organ intim anda seperti bau busuk, keputihan dll.  Hindari memakai celana atau busana yang terlalu ketat, karena bisa menekan mrs v dan membuatnya lembab. Jangan terlalu sering mengenakan pakaian berbahan sintetis yang menempel langsung pada kulit saat dipakai (stocking, legging, skinny pants). Sehabis berenang atau olahraga, segera ganti pakaian dan celana dalam secepat mungkin. Ingat, area organ intim sangat rentan pada kelembaban. Membiarkan pakaian basah menempel terlalu lama pada tubuh akan memicu pertumbuhan bakteri merugikan.

Perawatan Saat Menstruasi
Nah cara untuk menjaga organ intim kewanitaan anda agar tetap bersih dan sehat juga bisa dilakukan dengan perawatan saat anda sedang mengalami masa menstruasi. Saat menstruasi, ganti pembalut setiap 4 hingga 8 jam sehari, tergantung banyaknya darah haid yang keluar. Hal ini untuk menghindari kelembapan tinggi di area organ intim kewanitaan anda. Gunakan pembalut atau panty liner yang tidak mengandung pewangi, karena wewangian bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa wanita.

Nah mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana cara menjaga organ intim kewanitaan tetap bersih dan sehat. Organ intim anda adalah organ yang termasuk vital jadi pastikan untuk menjaganya tetap bersih dan sehat.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara