sponsored ads

15 Cara Melatih Kedisiplinan Pada Anak

Posted By : Posted on - 8:05:00 AM with No comments

Melatih disiplin pada anak tentu saja berbeda ketika anda melakukan pelatihan kedisiplinan kepada orang dewasa. Dibutuhkan banyak kesabaran, perhatian dan proses yang panjang. Karena karakter setiap anak berbeda, Anda mungkin perlu menyesuaikan pendekatan disiplin Anda untuk memenuhi kebutuhan spesifik anak Anda dengan cara yang berbeda juga. Ketika digunakan dengan benar, teknik disiplin akan menjadi hal yang positif, yang akan membantu mereka membangun kebiasaan baik, tepat waktu dan pengontrolan diri.

Melatih kedisiplinan pada anak lebih untuk memberikan pengertian dalam menerapkan kebiasaan baik, memperingatkan dan membantu mereka menjauhi kebiasaan buruk dengan perhatian dan kasih sayang bukan kepada hukuman atas pelanggaran yang mereka perbuat. Memberikan hukuman pada anak untuk menerapkan kedisiplinan justru akan berpengaruh buruk pada psikologis anak. Berikut adalah beberapa cara menerapkan dan melatih kedisiplinan pada anak seperti dikutip dari beberapa situs parenting:

Cara Melatih kedisiplinan Pada Anak

  1. Membangun rutinitas baik berdasarkan kebutuhan anak Anda, ingat penilaian anak pertama kali adalah apa yang mereka lihat dalam keluarga mereka. Mereka mudah meniru apapun kebiasaan yang orang tua mereka lakukan dirumah.
  2. Pujilah anak Anda untuk mendorong pembelajaran, kemandirian dan harga diri yang positif. Lebih baik anda memuji atas perbuatan positif yang dilakukan anak-anak daripada memarahi atau mengomel atas perbuatan buruk yang mereka lakukan.
  3. Tampilkan konsekuensi alami dan logis anak Anda untuk mengajarkan pemecahan masalah.
  4. Menetapkan contoh yang baik. Anak-anak belajar lebih banyak dengan menonton orang dewasa daripada dengan cara lain.
  5. Hindari hukuman fisik. Mungkin dengan memukul, menampar atau memukul mungkin mendapatkan perhatian anak Anda dan anda merasa hal itu bisa membuat mereka jera, tetapi tidak akan mengajarkan bagaimana berperilaku dan dapat mengganggu anak Anda terlalu banyak untuk mendengarkan kata-kata Anda. Menggunakan hukuman fisik mengajarkan anak Anda bahwa tindakan agresif adalah cara yang dapat diterima untuk memecahkan masalah dan dapat menyebabkan rendah diri, malu atau efek psikologis lainnya.
  6. Lihatlah solusi jangka panjang yang pada akhirnya akan membantu anak-anak membuat keputusan mereka sendiri. Tunjukkan rasa hormat anak Anda dan memahami bahwa mengkritik, mengecilkan, menyalahkan dan mempermalukan dapat merusak harga diri. Jangan pernah mengucilkan atau merendahkan mereka dengan kata kata bahwa mereka buruk, malas, bodoh dan hal hal lain yang mereka alami sebaliknya, membantu anak-anak belajar bagaimana untuk mengubah perilaku mereka.
  7. Fokus pada apa yang anak Anda harus lakukan bukan apa yang tidak boleh dilakukan.
  8. Memuji perilaku yang baik daripada menghukum perilaku buruk yang mereka lakukan.    
  9. Menetapkan peraturan, menetapkan batas yang jelas dan menindaklanjuti jika aturan dilanggar.
  10. Anda sebagai orang tua harus menjadi pendengar yang baik untuk mendengarkan anak-anak membicarakan masalah mereka dan menggunakan kemampuan memecahkan masalah mereka sendiri untuk menyelesaikan masalah daripada harus Anda memecahkan masalah untuk mereka. Bantu mereka menemukan solusi untuk memecahkan masalah mereka bukan anda seniri yang memecahkan masalah tersebut sehingga mampu melatih anak menjadi problem solver yang baik.
  11. Abaikan anak-anak ketika mereka merengek, memastikan mereka tahu mengapa, tapi mendengarkan dan merespon dengan cepat ketika mereka membuat permintaan tanpa merengek.
  12. Membuat permintaan efektif dan positif. Bagaimana Anda mengatakan sesuatu adalah sama pentingnya dengan apa yang Anda katakan. Mengomel, mengkritik dan mengancam dapat mengecilkan hati anak Anda. Gunakan lebih tindakan dan kata-kata yang lebih sedikit (berikan contoh perbuatan langsung daripada hanya perkataan). Jauhkan penjelasan singkat untuk menghindari kebingungan, dan pastikan untuk menindaklanjuti. 
  13. Masalah disiplin merupakan bagian alami dari tumbuh dewasa. tanggapan Anda untuk masalah perilaku anak Anda adalah kesempatan berharga untuk mengajar anak-anak keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi orang dewasa yang sukses. Menggunakan konsekuensi alami dan logis dapat membantu anak-anak
  14. Menghargai diri mereka sebagai individu.
  15. Memahami bahwa Anda mencintai dan mempercayai mereka.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara