Tips Melatih Olah Pernapasan Untuk Relaksasi

Posted By : Posted on - 4:58:00 AM with No comments

Terlalu banyaknya kesibukan dalam bekerja, permasalahan hidup yang dialami sering membuat seseorang menjadi tertekan atau stres. Anda memerlukan relaksasi untuk membuat tubuh dan pikiran anda menjadi lebih rileks. Dan saat tubuh anda rileks maka segala hal dapat anda lakukan dengan baik dan meningkatkan kebugaran tubuh, sedang saat pikiran anda lebih rileks maka anda bisa berpikir dengan jernih dan tenang, selain hal itu bisa menurunkan resiko stres dalam hidup anda.

Tips Melatih Olah Pernapasan Untuk Relaksasi

Beberapa teknik relaksasi sederhana pun dapat anda lakukan untuk membuat tubuh dan pikiran anda lebih rileks seperti meditasi, tai chi, yoga dan olah pernapasan. Melakukan teknik pernapasan yang tepat bisa membuat pikiran dan tubuh berfungsi lebih baik lagi. Bahkan hanya rutin melakukan olah pernafasan secara teratur beberapa menit dalam sehari bisa menjadi relaksasi yang efektif membuat tubuh dan pikiran anda rileks dalam sekejap. Saat tubuh dan pikiran mencapai perasaan tenang dan relaksasi pun membantu menjauhkan seseorang dari kondisi stres. Seperti dikutip situs Time sejumlah ahli menyarankan menggunakan teknik pernapasan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa rileks.

Teknik Pernapasan Untuk Relaksasi

Dr Alison McConnell, seorang instruktur yoga di Rebecca Pacheco Yoga dan Dr Ellen Langer, ahli psikolog mengatakan bahwa teknik bernapas yang tepat bukan bernapas seperti biasa namun ada sejumlah teknik khusus untuk mendapatkan ketenangan dari bernapas. Berikut beberapa teknik pernafasan yang mampu membuat tubuh dan pikiran anda lebih rileks.

Pernapasan sejajar (Equal breathing)   
Equal breathing adalah teknik pernapasan sederhana yang dapat dilakukan dengan menarik napas selama empat hitungan melalui hidung, yang berfungsi untuk menambahkan resistensi alami pada pernapasan. "Pada enam sampai delapan hitungan per napas bertujuan untuk menenangkan sistem saraf, meningkatkan fokus, dan mengurangi stres," ujar Pacheco. Rutin dan teratur melakukan teknik pernapasan ini akan membuat anda lebih rileks.

Teknik pernapasan perut (Abdominal breathing technique)
Teknik pernapasan ini dilakukan dengan menggunakan perut, dimana Anda dapat melakukannnya dengan meletakkan satu tangan di dada dan satu tangan di perut. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan pastikan diafragma mengembang dengan cukup untuk membuat peregangan pada paru-paru. "Enam sampai sepuluh hitungan selama 10 menit setiap harinya dapat menurunkan denyut jantung dan tekanan darah," jelas McConnell. Melakukan teknik ini selama enam sampai delapan minggu akan membuat manfaatnya bertahan lebih lama lagi.

Teknik pernpasan pemurnian sungai (Nadi shodhana)
Teknik pernapasan ini mengacu pada teknik pernapasan yang dilakukan oleh orang India kuno untuk keseimbangan jiwa dan pikiran. Teknik pernapasan ini bisa membantu anda menenangkan pikiran. Teknik pernapasan ini bisa dilakukan dengan pernapasan hidung secara bergantian pada teknik ini membawa ketenangan dan keseimbangan untuk menyatukan sisi kanan dan kiri otak manusia. Ambil posisi meditasi yang nyaman untuk peroleh teknik pernapasan ini. Puncak inhalasi dari teknik ini menutup lubang hidung sebelah kiri dengan jari manis, lalu buang napas melalui lubang hidung kanan, lakukan secara berulang dan bergantian.

Kapalabhati atau skull shining breath
Teknik ini dimulai dengan menghirup secara lambat dan panjang untuk menghasilkan napas yang kuat dari perut bagian bawah. Pacheco mengatakan teknik pernapasan ini mampu menghangatkan tubuh, melepaskan energi negatif, dan perbaiki energi otak.

Relaksasi progesiv (Progressive relaxation)
Relaksasi melalui teknik pernapasan ini membantu melemaskan otot yang tegang sekaligus membuat peredaran darah berjalan lancar sehingga anda akan lebih rileks. Ketegangan dari kepala sampai kaki dapat diredakan lewat teknik pernapasan ini. Dr Patricia Farrell, dari bidang anxiety and panic menyarankan untuk hirup napas melalui hidung dan tahan selama lima hitungan, reaksi yang akan terjadi otot-otot yang tegang akan mereda.

Panduan Visualisasi (Guided visualization)
Mengambil napas dalam-dalam diiringi dengan fokus pada pikiran positif untuk mengganti pikiran negatif, berlaku pada teknik yang satu ini. Dr Ellen Langer menjelaskan bahwa sementara ini cara yang tepat untuk mencapai ketenangan pikiran seseorang. "Guided visualization membantu menempatkan Anda sesuai dengan keinginan pribadi, daripada membiarkan pikiran berada pada kondisi stres," jelas Ellen.

nah itulah beberapa teknik olah pernapasan sederhana yang bisa anda coba dirumah yang berguna membantu tubuh dan pikiran anda menjadi lebih rileks.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara