Tips Belajar Tabah Menghadapi Cobaan Yang Menerpa

Menghadapi cobaan yang menerpa - Kata "tabah" mungkin terlihat sederhana seperti yang terdengar namun akan sangat sulit ketika kita harus melakukannya. Namun sebenarnya ada banyak hal yang kita dapatkan ketika kita bisa menerima segala cobaan yang menerpa tanpa banyak berkeluh kesah, dan beberapa diantaranya adalah:

  • Kita semakin menyadari bahwa segala hal dalam hidup kita tidak bisa kendalikan sepenuhnya, kita hanya bisa selalu berharap dan berusaha sedang hasilnya tetap Tuhanlah yang menentukan.
  • Kita semakin bisa mensyukuri pemberian Tuhan baik itu hal yang kita inginkan maupun sesuatu yang diluar dugaan yang tidak kita harapkan.
  • Kita akan semakin lebih kuat ketika cobaan lain datang dalam kehidupan kita.
  • dll

Kehidupan tidaklah selalu mudah bagi setiap orang dalam menjalaninya, kita seharusnya lebih memahami bahwa kehidupan akan trus berjalan dan selamanya tidak akan selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Selalu ada pasang dan surut dalam arti adakalanya keberhasilan dapat diraih dan seringkali kegagalan yang dialami. Tabah menghadapi setiap cobaan yang menerpa akan membuat kita semakin tambah kuat seiring pengalaman, semakin membuat kita lebih optimis, menjadikan kita lebih banyak belajar dari kegagalan dan tentu saja kita semakin tidak mudah stres ketika hidup berjalan di luar kontrol kita.

Tips Belajar Tabah Menghadapi Cobaan Yang Menerpa

Kebanyakan orang beranggapan bahwa cobaan atau rintangan dalam suatu kehidupan adalah suatu kemalangan. Tapi bila Anda tetap tekun dan terus bertahan dengan berusaha melakukan yang terbaik pada akhirnya akan berhasil juga dan tentunya kita akan semakin lebih tabah menghadapi cobaan yang menerpa. Berikut ini beberapa tips belajar tabah ketika cobaan atau rintangan menerpa kehidupan anda.

Berpikir dan bersikap positif
Anda adalah apa yang anda pikirkan atau apa yang anda pikirkan. Ketika anda bisa berpikir lebih positif maka apa yang akan anda lakukan atau sikap anda juga akan lebih positif. Setiap Anda mendapatkan masalah atau cobaan, pada umumnya Anda menderita karena pikiran Anda sendiri. Ketika anda berpikir egatif, merasa cemas, khawatir secara berlebihan maka tindakan anda untuk menyelesaikan masalah atau menghadapi cobaan yang menerpa menjadi tidak lebih fokus, dan pada akhirnya anda menjadi lebih mudah down dan pesimis dalam menghadapi cobaan yang menerpa.

Kebanyakan orang menderita karena terfokus memikirkan kesulitan dari cobaan yang dihadapinya tetapi lupa mengingat kebaikan maupun anugerah lain yang lebih besar yang mereka dapat. Ada baiknya Anda harus berpikir positif ketika cobaan itu datang dalam kehidupan. Karena pada dasarnya setiap cobaan yang menghampiri kehidupan seseorang memiliki hikmah yang terselubung. Sikap positif membuat Anda berpikir bahwa di luar sana masih banyak orang yang kurang beruntung dan menghadapi cobaan yang lebih berat daripada Anda. Dengan hal itu Anda akan bersyukur sewaktu cobaan hidup datang apa pun bentuknya. Dengan berpikir secara positif Anda akan merasa ikhlas dalam menjalaninya.

Lebih sabar dan tawakal menghadapi cobaan
Dibalik hujan yang lebat akan selalu ada terang bahkan ada pelangi dibaliknya, setelah kelam malam tanpa bintang akan ada cerah pagi hari yang menyegarkan dst. Hidup tidak akan berjalan monoton dibalik cobaan yang menerpa selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa diambil bagi mereka yang tawakal. Anda tidak akan diberi ujian dan hambatan diluar batas kemampuan anda sebagai manusia. Cobaan hidup yang Anda alami harus disikapi dengan rendah hati dan tawakal agar lebih mudah dalam menghadapinya. Sikap sabar merupakan salah satu cara paling sederhana untuk menghadapi cobaan hidup. Karena dengan kesabaran yang Anda miliki hal itu akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengurai masalahnya. Pemikiran yang jernih dan tindakan bijaksana akan menolong Anda mengatasi masalah yang dihadapi.

Selalu berusaha dan jangan mudah putus asa
Untuk lulus dari pendidikan formal anda memerlukan ujian yang diberikan sekolah atau kampus untuk menilai seberapa pantas anda akan diluluskan. Begitu dalam sebuah kehidupan anda akan menerima ujian, cobaan bahkan rintangan untuk menilai seberapa pantas diri anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses. Adakalanya Anda mengeluhkan pencobaan-pencobaan yang ada. Anda tidak perlu melakukan hal itu. Cobaan hidup diperlukan untuk memurnikan Anda. Hal itu akan menolong Anda memahami sepenuhnya dalam dan kuatnya kesulitan dan pencobaan yang harus dihadapi manusia di dunia ini. Percayalah bahwa masalah yang ada pasti dapat diselesaikan sesuai dengan kemampuan Anda. Karena Yang Maha Kuasa tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan dari setiap manusia. Selalu berusaha untuk mencari solusi untuk memecahkan masalah dan mengatasi hambatan dalam hidup anda dan jangan pernah untuk menyerah.

Intropeksi diri anda
Kadangkala cobaan yang menerpa sepenuhnya bukan karena takdir namun terkadang kita sendiri yang membuatnya, sebagai contoh anda terlalu sulit mendapatkan rezeki atau materi namun anda sendiri enggan untuk bekerja lebih keras. Setiap cobaan dan tantangan kehidupan yang datang adakalanya karena kesalahan yang kita buat. Instropeksi diri dengan menyadari kekurangan yang pernah dilakukan dalam menjalani hidup. Terkadang Anda lalai dalam mengevaluasi diri dan tidak sadar akan kelemahan yang dimiliki dan dengan cepat menemukan kesalahan orang lain. Anda harus ingat bahwa sebagai manusia, Anda tidak pernah luput dari kesalahan. Kesadaran ini menolong Anda untuk tetap rendah hati dan mau belajar dari pengalaman sendiri maupun orang lain.

Setiap masalah ada solusinya
Tuhan telah menciptakan kita lebih sempurna dari mahluk lainnya di dunia ini, bukan berarti kita sebagai manusia mahluk sempurna. Kita diberikan hal yang lebih sempurna yaitu akal dan pikiran dimana kita diberikan "tools" yang bisa kita gunakan untuk berpikir bagaimana menemukan solusi.  Dalam menghadapi cobaan hidup dengan berbagai permasalahannya Anda harus ingat bahwa tidak ada satu pun masalah yang tidak ada solusinya seperti halnya tidak ada guru yang memberikan soal tanpa ada kunci jawabannya. Salah satu jalan utama untuk mendapatkan jawaban dari masalah Anda adalah dengan memahami dan menyadari kesalahan yang pernah Anda lakukan. Jangan sampai Anda menyalahkan orang lain. Kesadaran pribadi dari Anda diperlukan agar dapat mencari solusi yang baik.

Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa
Percayalah bahwa kehidupan ini memang ada yang mengatur terlepas dari apapun keyakinan anda. Semua ajaran agama akan mengajarkan bahwa kita harus percaya dan dekat dengan Tuhan karena memang kita adalah Mahluk ciptaannya. Semuanya akan berjalan baik dan pada akhirnya cobaan hidup ini diberikan untuk kebaikan Anda juga. Seandainya Anda harus mengalami penderitaan, Anda perlu mengatasinya dengan iman. Anda tidak sendiri dan harus percaya akan adanya kekuatan dan bantuan dari Yang Maha Kuasa.

Dalam setiap cobaan dan penderitaan Anda harus tabah. Karena hal itu merupakan bagian dari pemurnian diri serta untuk melihat seberapa besar iman Anda untuk mampu bertahan dalam cobaan. Jalani cobaan hidup sebagai ujian yang harus Anda hadapi dan bersukacitalah ketika Anda lulus ujian tersebut. Ingatlah cobaan yang diberikan kepada Anda tidak melebihi kemampuan Anda untuk menghadapinya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara