sponsored ads

Cara Tepat Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Posted By : Posted on - 4:52:00 AM with No comments

Absensi atau kehadiran siswa dalam kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu nilai pendukung untuk penilaian siswa secara keseluruhan. Untuk itu sangat penting untuk menjaga agar tingkat absensi atau kehadiran untuk belajar di sekolah terjaga dengan baik. Namun adakalanya beberapa hal yang tidak diinginkan seperti kondisi sakit mengharuskan pelajar untuk tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah, ataupun ada keperluan atau acara yang tidak bisa ditinggalkan. nah untuk menjaga agar absensi di sekolah tercatat dengan baik maka siswa wajib untuk memberi keterangan kepada pihak sekolah yang menerangkan alasan tidak masuk mengikuti kegiatan belajar.

Tentunya cara membuat keterangan tidak masuk sekolah ini pernah diajarkan di sekolah namun tidak sedikit siswa yang lupa atau tidak memperhatikan sehingga sebagian siswa tidak mengetahui bagaimana cara membuat surat keterangan tidak masuk sekolah dengan baik dan benar. Surat keterangan tidak masuk sekolah atau izin untuk tidak mengikuti kegiatan belajar disekolah termasuk surat Resmi sehingga penggunaan tata bahasa dan tanda baca sangat penting sekali untuk diperhatikan.

Membuat Surat Izin Sekolah tentunya memiliki fungsi untuk memberikan keterangan bahwa yang berkaitan berhalangan untuk berangkat ke sekolah dikarenakan sebab sebab tertentu seperti sedang sakit atau ada keperluan keluarga yang tak bisa ditinggalkan. Jika siswa tidak masuk karena sakit penting untuk melmapirkan surat keterangan dokter bersama surat keterangan izin tidak masuk sekolah ini, nah berikut adalah contoh membuat surat keterangan tidak masuk sekolah dengan baik dan benar:

Contoh 1 Surat Izin Tidak masuk Sekolah

Yogyakarta, 15 Februari 2016
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 12 IPA A
SMUN 1 Yogyakarta


Dengan hormat,
Dengan ini saya orang tua/wali murid dari :

Nama : Amanda Octavia Nirmala
Siswi : Kelas 12 IPA A SMUN 1 Yogyakarta
Alamat : Jln. Gejayan 302, Yogyakarta

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 15 Februari 2016 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 12 IPA A memberikan izin.
Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan keijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya,
Orang tua/Wali murid


Hadi Purnama

Contoh 2 Surat Izin Tidak masuk Sekolah

Yogyakarta , 15 Februari 2016
Kepada : Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 4c
SMKN 2 Yogyakarta
Ditempat

Dengan hormat
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama   : Kurniawan Dwi Prasetya
Kelas    : 4c SMKN 2 Yogyakarta
Alamat :  Jln . Magelang - Jogja no 20a Yogyakarta

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk sekolah dan mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 15 Februari 2016 dikarenakan ada keperluan keluarga yang tidak bisa di tinggalkan oleh anak saya. Oleh karena itu sudilah Bapak/ibu guru memberikan izin dan memakluminya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu yang Bapak/ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

( Tanda tangan )

( Dwi Susatya )

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara