Cara Mencegah & Mengatasi Sembelit Secara Alami

Mengatasi sembelit - Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya. Sembelit terjadi karena terjadi iritasi usus besar yang umumnya akan mengganggu dalam masalah buang air besar (BAB yang tidak lancar), karena tinja atau kotoran yang akan dikeluarkan mengeras.

Cara Mencegah & Mengatasi Sembelit Secara Alami

Sembelit atau kesusahan buang air besar yang tidak lancar karena pengerasan tinja bisa diatasi dengan bahan bahan alami sederhana yang dapat anda temukan disekitar rumah anda, jika dalam 3 hari sembelit berlanjut segera hubungi dokter terkait untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Berikut cara mencegah sembelit:

Cara untuk mencegah Sembelit

  • Hindari jajan di sembarang tempat yang belum anda tahu kebersihannya.
  • Hindari konsumsi segala jenis makanan yang memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi.
  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh anda tetap terjaga dengan perbanyak minum air putih minimal 1,5 sampai 2 liter air (kira-kira 8-9 gelas) sehari.
  • Rutin atau teratur berolahraga, seperti jalan kaki (jogging) bisa dilakukan. Minimal 10-15 menit untuk olahraga ringan, dan minimal 2 jam untuk olahraga yang lebih berat.
  • Biasakan buang air besar secara teratur dan jangan suka menahan buang air besar. Tidak perlu memaksa untuk buang air besar setiap hari bila tidak ada rangsangan karena siklus pencernaan tiap orang berbeda-beda.
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Hindari melakukan program diet secara berlebihan.
  • Mengonsumsi makanan anti inflamasi, seperti alpukat, apel, dan kelapa.


Pengobatan alami Untuk Sembelit

Beberapa cara alami bisa anda gunakan untuk mengatasi sembelit dengan cara sederhana. Jogging merupakan salah satu olahraga yang dapat meredakan dan mencegah sembelit. Pengobatan konstipasi atau sembelit secara alami dapat dilakukan dengan perubahan pola makan menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, memijat perut dan punggung, perbanyak minum air putih, meminum minuman prebiotik dan probiotik, atau membiasakan diri untuk buang air besar setiap hari dengan membuat jadwal buang air besar yang disebut bowel training. Terapi tertawa juga dapat dilakukan, karena dengan tertawa otot perut secara refleks bergerak sehingga perut terpijat sehingga merangsang gerakan peristaltik usus dan melancarkan buang air besar. Agar membantu penyembuhan sembelit dengan segera penderita agar tidak melakukan hal hal dibawah ini termasuk:

  • Menahan buang air besar.
  • Mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas.
  • Makan dalam porsi yang banyak.
  • Meminum minuman yang berkafein dan minuman ringan.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman dingin.

Selain melakukan hal hal diatas untuk mengobati sembelit, konstipasi atau kesusahan buang air besar anda dapat mencoba jenis makanan ini untuk memperlancar dan mempercepat penyembuhan sembelit, berikut beberapa makanan dan minuman yang membantu mempercepat penyembuhan sembelit:

Lemon
Lemon mengandung antioksidan dan antibakteri yang kuat dan ini berarti akan sangat berguna untuk membantu mengatasi sembelit sebagai agen pembersih usus dari bakteri atau kuman berbahaya. Selain sebagai agen pembersih lemon juga membantu melunakkan tinja yang keras sehingga mudah dikeluarkan dari usus anda. Cara pemakaiannya cukup mudah dan sederhana, minum segelas air hangat dengan air perasan lemon dan sedikit garam di dalamnya, konsumsi di pagi hari.

Minum banyak air putih
Cairan tubuh yang didapat dari konsumsi air putih membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan tentunya juga membantu dalam mengatasi sembelit. Pastikan untuk minum banyak air putih minimal 8-9 gelas perhari untuk membantu mengatasi sembelit.

Mengonsumsi makanan kaya serat atau Fiber
Mengkonsumsi makanan kaya serat dapat mengatasi sembelit. Jadi, jika anda mengalami semelit disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kuantitas tinggi serat seperti kacang-kacangan kering, plum, buah ara dll, serat dalam makanan bertindak seperti spons sehingga mencegah crams dan kembung perut.

Konsumsi buah pepaya
Nah terakhir jika anda mengalami sembelit atau susah buang air besar ada bisa mengonsumsi buah pepaya matang, buah ini membantu " mencuci perut" dan memperlancar bauang air besar.

1 comment:

  1. Sudah coba berbagai macam cara mengatasi sembelit namun tidak ada hasil? Coba Minum Tara Royal Noni yang mengandung mengkudu. Mengkudu dipercaya sebagai pencahar alami yang tidak menyebabkan usus menjadi “manja” dan ketergantungan.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara