Cara Alami Mengeluarkan Dahak Menggelitik & Mengganggu

Saat batuk atau terjadi iritasi pada pada tenggorokan maka sistem pernafasan akan memproduksi lendir dalam jumlah yang banyak. Bahkan karena memproduksi lendir di tenggorokan ini tenggorokan seperti ada yang menggelitik dan terasa terganggu. Sebenarnya secara alami tubuh Anda secara alami menghasilkan lendir untuk melumasi dan melindungi sistem pernapasan Anda dari polusi yang terhirup, partikel debu dan bakteri. Kasus iritasi, infeksi atau penyakit dapat menyebabkan dahak yang berlebihan, sehingga tenggorokan terasa gatal, serasa digelitik dan rasanya sangat mengganggu. Lendir atau yang sering disebut dahak ini akan melumasi jika terjadi radang atau infeksi di sistem pernafasan sekaligus melawan bakteri yang menginfeksi.

Cara Alami Menyingkirkan Dahak Menggelitik & Mengganggu

Ada beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk menyingkirkan dahak yang berlebih atau serasa mengganggu di tenggorokan anda. Meskipun mengurangi produksi sputum dikaitkan dengan mengobati kondisi kesehatan seperti pilek, flu, cystic fibrosis atau alergi, misalnya, Anda mungkin dapat menggunakan cara alami untuk membantu dalam pengurangan nya. Meskipun demikian, selalu berkonsultasi dengan dokter jika peningkatan jumlah dahak tidak berkurang. Nah berikut adalah beberapa cara mengatasi dahak yang serasa menggelitik dan mengganggu di tenggorokan anda.

Menyingkirkan Dahak Yang Mengganggu

Konsumsi peppermint
Mengonsumsi peppermint atau anda bisa membuat teh mint untuk membantu menyingkirkan dahak yang disebabkan karena flu atau influenza. Menurut University of Maryland Medical Center, mentol aktif dalam daun mint ini membantu melemaskan dan memecah dahak dan mengurangi lendir di tenggorokan Anda untuk membantu mengurangi batuk lebih efektif.

Hindari minuman manis
Konsumsi minuman yang mengandung banyak gula justru akan membuat produksi dahak semakin banyak atau berlebih. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak gula berlebih, jika anda merasa kerongkongan kering dan dahak yang sangat menggelitik akan lebih baik untuk mengonsumsi banyak air putih atau soup atau kaldu hangat.

Hindari makanan yang dapat memproduksi lendir berlebih
Beberapa makanan dapat memicu produksi mucus atau lendir berlebih dan diantara jenis makanan tersebut seperti produk susu dan olahannya, keju, es krim, gandum, kedelai, jagung, pisang, gula, dan makanan berpengawet. Penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center memperingatkan bahwa penderita cystic fibrosis sangat rentan terhadap efek dari makanan tersebut.

Konsumsi makanan yang membantu menyingkirkan dahak atau lendir
Nah setelah anda mengetahui beberapa jenis makanan yang justru membuat lendir atau dahak semakin banyak maka anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang membantu mengurangi dahak atau lendir di tenggorokan anda seperti bawang putih, mustard, lemon dan minyak anti-inflamasi yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan air tawar. Ini juga mungkin efektif untuk penderita alergi dan orang-orang dengan radang saluran pernapasan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara