Cara Alami Mengatasi & Melegakan Hidung Tersumbat

Kurang berisitirahat, cuaca dingin dan jadwal kegiatan atau aktifitas terlalu sibuk sering menyebabkan pilek dan flu. Penyakit pilek dan flu berhubungan dengan hidung tersumbat adalah salah satu gejala yang paling umum. Hidung tersumbat merupakan gangguan kesulitan bernafas karena lendir yang menghambat sistem pernapasan khususnya di sinus atau lobang hidung. Beberapa bahan alami dapat digunakan sebagai dekongestan alami yang membantu mengatasi hidung tersumbat dan sehingga Anda dapat bernapas mudah.

Melegakan Hidung Tersumbat

Penggunaan obat dekongestan berbahan kimia terlalu sering tentu saja tidak aman bagi kesehatan anda secara umum dan memiliki efek samping jika digunakan dalam jangka panjang dan umumnya dapat membuat kerusakan pada ginjal. Efek sementara dari obat obatan kimia untuk mengatasi hidung tersumbat dan flu yaitu gelisah, mengantuk, pusing dll. nah untuk itu saya menyarankan bahan bahan herbal alami utnuk mengatasi hidung tersumbat karena pilek atau flu, Dan berikut bahan herbal yang bisa anda coba untuk mengatasi hidung tersumbat:

Melegakan Hidung Tersumbat

Cuka sari apel untuk membantu mengatasi hidung tersumbat
Dengan meminum, menghirup, berkumur atau menyemprotkan melalui hidung, cuka sari apel adalah pilihan populer untuk mengobati hidung tersumbat. Untuk membuat minuman tambahkan jus lemon dan cabe, atau mencampurnya dengan air dan madu. Anda bisa menambahkan satu gelas air, dua sendok makan cuka sari apel, 2-4 sendok teh madu, dikonsumsi hangat, setiap 6 sampai 8 jam.

Steam melegakan hidung tersumbat
Menghirup uap merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasinya ketika hidung Anda tersumbat, tuangkan air mendidih ke dalammangkuk lalu tempatkan wajah anda diatas uap dan menutupnya menggunakan handuk. Catatan: selalu pastikan jarak yang aman antara wajah denga air panas dalam mangkuk. Atau anda bisa menambahkan rempah segar atau kering seperti kayu putih, rosemary, peppermint atau beberapa tetes minyak esensial akan sangat membantu melegakna hidung tersumbat dan membuat saluran pernapasan anda lebih nyaman.

Teh herbal panas untuk embantu mengatasi hidung tersumbat
Teh herbal panas seperti lemon dan madu telah menjadi favorit untuk mengatasi hidung tersumbat dan melegakannya. Selain lemon dan madu anda bisa menggunakan teh herbal lain seperti mullein, sage, jahe, peppermint, chamomile, eucalyptus, thyme dan blackberry. Untuk membuat teh herbal, campur 2 sendok teh daun kering atau daun segar 1/4 cangkir (atau bahan herbal lain yang bisa berupa bubuk) dengan air mendidih 1 cangkir, curam selama lima sampai sepuluh menit, lalu saring. (Untuk jahe, menggunakan sekitar sepotong 1/2 inci dari akar segar, atau 1/2 sdt-1 sdt kering akar bit.)

Melegakan hidung tersumbat dengan makanan ini
Livestrong.com menyarankan makanan berikut untuk membantu mengatasi hidung tersumbat dan melegakannya sehingga anda bisa bernapas dengan lebih mudah:

  • Nanas
  • Omega 3 asam lemak (ditemukan pada ikan air tawar, kacang-kacangan, telur, minyak ikan, minyak ikan cod dan biji rami)
  • Bawang putih
  • Rempah-rempah dan Herbal
  • Vitamin C
  • Cuka sari apel

Dan selalu ingat untuk membatasi dan mengurangi makanan berikut untuk mengurangi lendir yang menyebabkan hidung tersumbat saat anda pilek atau flu:
   
  • Produk susu & olahannya
  • Padi-padian
  • Gula
  • Kentang dan sayuran mengandung zat tepung akar lainnya

Hidung tersumbat atasi dengan bawang (merah maupun putih)
Bawang dapat digunakan dimasak atau dikonsumsi mentah untuk mengurangi lendir di saluran tenggorokan maupun hidung yang membuat anda kesulitan bernapas. Mengunyah dan menelan sekitar 5-6 bawang merah sebelum Anda pergi tidur di malam hari. kandungan sulfur dan quercetin hadir dalam bawang membantu untuk memecah lendir dan memudahkan pernapasan menjadi lebih lega. Pagi hari berikutnya Anda akan merasa lebih baik.

Air panas membantu membuang lendir
Setiap kali Anda merasa haus minum air panas, sesuatu yang panas akan melarutkan dahak kental terkait dengan hidung tersumbat. Menempatkan botol air panas di atas dada untuk meredakan nyeri dada dan untuk melonggarkan dahak. Berkumur dengan air panas asin selama tiga sampai empat kali sehari juga efektif dalam mengurangi deposisi lendir.

Sup ayam makanan yang melegakan hidung tersumbat
Minum sup ayam panas mengurangi peradangan di paru-paru. Lada hitam yang digunakan dalam sup mengurangi produksi lendir dan menenangkan batuk. Sup ayam membantu untuk mempercepat gerakan lendir melalui tubuh dan itu bisa dihilangkan dengan cepat.

Licorice
Licorice dianggap sebagai ekspektoran alami. Minum teh yang dibuat dengan ½ sdt akar licorice tiga kali sehari dapat menenangkan tenggorokan teriritasi dan paru-paru meradang. Jika Anda memiliki tekanan darah, tidak menggunakan obat ini.

Meningkatkan Fluid Intake
Minum lebih banyak cairan membantu untuk memecah kemacetan yang disebabkan oleh lendir. Anda dapat mengambil sup, jus atau teh untuk meningkatkan asupan cairan Anda. Hal ini mencegah lendir dari mengentalkan. lendir digumpalkan sulit untuk mendapatkan dihapus. Ketika Anda minum lebih banyak cairan, akan lebih mudah untuk batuk lendir melonggarkan.

Peterseli
Ramuan alami ini membantu untuk memecah lendir yang terkait dengan pilek dan hidung tersumbat. Anda dapat menambahkan ramuan ini untuk berbagai hidangan. Mereka melepaskan antihistamin yang membantu dalam penyembuhan penyakit.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara