sponsored ads

6 Tips Penting Membeli Mobil Bekas (Seken)

Posted By : Posted on - 10:13:00 AM with 2 comments

Membeli mobil bekas memang diperlukan ketelitian tinggi sebelum membeli, mulai dari pengecekan dokumen atau kelengkapan surat surat kendaraan, cek fisik kendaraan mulai dari eksterior dan interior mobil dll. Beda halnya ketika anda membeli mobil baru maka untuk membeli mobil bekas atau seken ini anda perlu jeli atau anda akan menyesal di kemudian hari, apalagi untuk pemula bahkan yang sudah profesional dalam jual beli mobil aja masih bisa ketipu apalagi kita yang menggunakan mobil untuk keperluan pribadi.

Membeli Mobil Bekas

Beli mobil bekas di Indonesia masih terbilang cukup tinggi daripada pembelian mobil baru. Pembelian mobil bekas ini tentunya memiliki sejumlah alasan mungkin alasan budget yang terbatas, kepingin mendapatkan barang bagus tapi murah, pengen punya mobil tapi masih punya tanggungan lain dll. Apapun alasan anda membeli mobil bekas pastikan untuk membeli mobil bekas dengan jeli.  nah berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika anda berniat membeli mobil bekas atau seken.

Tips Membeli Mobil Bekas

Cek dokumen kendaraan
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek surat kelengkapan kendaraan. Anda tidak mau kan membeli mobil yang super murah, kondisi bagus, mesin ok, hampir bisa dikatakan 90% dalam kondisi baik namun mobil bodong. Mobil baru aja banyak yang bodong apalagi mobil bekas. Periksa STNK, BPKB, dan surat-surat kelengkapan lainnya. Anda bisa fotokopi dokumen dan mengeceknya di Polda atau Polres terdekat.

Jangan tergiur harga murah
Apapun itu setiap seseorang menawarkan produk dengan harga yang terlalu murah atau tidak wajar pasti kualitas barang juga akan murahan sama halnya dalam membeli mobil bekas ini. Jangan sampai tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan, boleh saja anda tertarik dengan harga murah namun murah tentu saja memiliki batas wajar.

Belilah di showroom atau tempat terpercaya
Membeli barang ditempat atau showroom yang terpercaya anda setidaknya akan bisa mendapatkan jaminan, garansi atau setidaknya komplain yang bisa diajukan jika ternyata mobil yang anda beli memiliki masalah dikemudian hari. Jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat apalagi di tempat-tempa penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Belilah di tempat penjualan yang memang sudah memiliki brand dan memang bisa dipercaya.

Tempat yang sudah memiliki brand (nama) akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplay dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar.

Jangan tergesa-gesa membuat keputusan membeli
Anda harus mengecek segala hal yang terkait dengan pembelian mobil bekas sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan terburu buru membeli hanya karena melihat tampilan luar yang bagus. Padahal yang terlihat bagus bisa jadi cuma luarnya saja.

Cek kondisi bodi dan mesin
Cek kondisi bodi dan mesin dengan jeli, untuk pengecekan tentu anda belum begitu teliti. Tipsnya adalah ajak teman anda, anggota keluarga atau mengajak rekan kerja anda yang benar benar paham dengan kondisi mobil bekas (akan lebih bagus lagi jika mereka memiliki background dibidang teknik) dan ajak mereka untuk mengecek kondisi mobil bekas yang ingin anda beli. Beberapa hal yang harus diperiksa ketika membeli mobil bekas adalah:

Bagian bawah mobil
Melihat bagian bawah mobil bisa membantu Anda menentukan kondisi mobil. Bagian bawah mobil biasanya berkarat, jika Anda menemukan tambalan, Anda perlu curiga bisa jadi itu untuk menutupi bekas kerusakan tertentu.

Karpet kaki
Alas kaki di dalam kabin mobil mungkin bisa dibersihkan dengan mudah, tapi ada baiknya Anda melihat bagian bawahnya, apakah lembap atau mungkin basah? Hal itu perlu dilakukan karena biasanya alas/karpet mobil yang basah dapat menyebabkan lubang pada bodi mobil. Jika hal tersebut terjadi maka akan fatal nantinya. Cek juga bagian bawah karpet lain seperti di bagasi.

Pedal kaki
Jika Anda rasa kilometer bisa diakali dan sudah sering dilakukan coba lihat bagian pedal. Jika karetnya sudah sangat aus, kecurigaan Anda mungkin bisa jadi benar. Tanda pemakaian pada kursi dan stir mobil biasanya seiring dengan umur pemakaian mobil.

Bagian Mesin
Jangan tertipu dengan tampilan mesin yang mengkilap. Pencucian mesin biasanya untuk menutupi kebocoran pada mesin. Namun, cipratan air dan oli bisa menunjukkan bahwa mesin bekerja tidak sempurna. Setelah melakukan test drive, lihat lagi pada sil-sil karet. Selain itu, kerusakan atau goresan pada mur sambungan menjadi tanda kalau mesin itu pernah adanya reparasi besar pada waktu yang lalu.

Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive. Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya Anda melakukannya bersama si penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

Eksterior Mobil
Lakukan saja pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Pada bagian eksterior mobil ini beberapa bagian mobil yang harus dicek adalah  bagian bodinya. Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

Aksesoris dan Interior
Setelah selesai dengan bagian eksterior dan mesin, saatnya untuk mengamati bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu Anda cermati antara lain bagian dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya. Bagian kaca juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

Asuransi
Terakhir, cara dan trik untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan Anda beli mempunyai asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual-beli yang komplet agar proses balik nama asuransi ini bisa berjalan dengan lancar.

2 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara