20 Cara Sederhana Meningkatkan IQ & Kecerdasan

Untuk meningkatkan kinerja otak, meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan daya ingat tentu saja diperlukan proses yang tidak sedikit dan diperlukan latihan latihan yang teratur. Berikut adalah beberapa cara alami untuk meningkatkan IQ, kecerdasan, daya ingat dan menghindarkan anda dari stres:

20 Cara Sederhana Meningkatkan IQ & Kecerdasan

Meningkatkan IQ & Kecerdasan

Meditasi
Meditasi telah dikenal dari sejak zaman dahulu yang berguna untuk menjaga ketenangan pikiran. Selain membuat pikiran menjadi lebih tenang meditasi juga terbukti untuk meningkatkan IQ, menghilangkan stres, dan meningkatkan fungsi kerja otak. Meditasi juga mengaktifkan "korteks prefrontal" dari otak, daerah yang bertanggung jawab untuk kemampuan berpikir lebih maju.

Menggambar
Latihan menggambar mengasah imajinasi dan perpaduan warna dalam menggambar mengasah kreativitas. Secara umum menggambar membantu merangsang otak kanan dan membantu mengasah kreativitas.

Olahraga secara teratur
Olahraga secara rutin dan teratur terbukti mampu meningkatkan kinerja otak, IQ dan kecerdasan. Olahraga secara teratur juga telah terbukti meningkatkan kekuatan otak dan bahkan menciptakan sel neuron baru di otak. Selain membantu kinerja otak secara umum olahraga mampu meningkatkan kesehatan fisik dan otak anda.

Bernapas lebih santai
Orang yang terbiasa bernapas panjang dan santai akan meningkatkan kadar oksigen dan aliran darah ke otak. Latihan bernapas panjang dan santai selama 10-15 menit dalam sehari dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas hidup Anda dan potensi fungsi otak.

Konsumsi Asam lemak esensial
Asam lemak esensial atau asam lemak omega 3 merupakan jenis makanan yang sangat diperlukan otak untuk berkembang dan berkinerja lebih baik. Omega 3 merupakan pembentuk membran pada otak. 2 komponen utama dari EPA dan DHA membantu memperkuat pusat emosional otak dan meningkatkan fokus. Studi membuktikan bahwa ada peningkatan aktivitas otak secara keseluruhan setelah mengambil minyak ikan untuk sementara. (minyak ikan salah satu bahan alami yang kaya akan asam lemak omegha 3).

Tertawa
Tertawa membantu pelepasan zat alami otak atau endorfin - bahan kimia yang meredam rasa sakit dan meningkatkan rasa nyaman, bahagia dan kesejahteraan. Tertawa merupakan cara ampuh sebagai peredam stres alami. Menonton komedi, video lucu, bercanda dengan teman akan membantu peningkatan pelepasan endorphin dalam otak!

Makanan sehat
Makan sehat dan bernutrisi terbukti membantu meningkatkan kinerja otak Anda. Otak membutuhkan sejumlah energi untuk mencapai fungsi tingkat maksimum.

Menetapkan target/ tujuan
Menetapkan tujuan tujuan dalam hidup membantu mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan berpikir positif dan tindakan. Menetapkan tujuan besar untuk mencapai kesuksesan dan kemakmuran dalam hidup akan membantu meningkatkan kinerja otak Anda.

Mendengarkan musik
Studi telah membuktikan bahwa mendengarkan musik memperkuat belahan otak dan dan mengurangi perubahan struktur otak. Penelitian-penelitian yang sama telah menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik umumnya lebih cerdas dan memiliki kecerdasan lebih emosional daripada mereka yang tidak.

Berempati
Menjadi lebih berempati dan mencoba untuk memahami emosi orang lain adalah keterampilan yang diperlukan untuk mengasah otak Anda. Menjadi lebih berempati jelas merupakan suatu sifat yang kuat untuk memiliki dan memungkinkan otak Anda untuk berhubungan dengan emosi orang lain.

Hindari stres
Terlalu banyak stres benar-benar menyebabkan meningkatkan hormon "cortisol" yang dapat membunuh sel-sel otak dan menekan fungsi otak.

Berpikir positif
Berpikir Positif akan membantu anda mengurangi stres, kecemasan dan ketakutan yang berlebihan. Penelitian membuktikan seseorang yang terbiasa berpikir positif memiliki otak yang lebih kuat daripada mereka yang selalu berpikir negatif.

Menulis artikel / mengarang artikel
Menulis sangat membantu kinerja otak khususnya terkait dengan peningkatan memori dan ekspresi pikiran. Ketika Anda menulis, Anda memperkuat kemampuan alami otak Anda untuk menyampaikan pikiran dan perasaan. Menulis adalah cara yang bagus untuk latihan kemampuan Anda untuk menganalisis dan membangun proses berpikir dengan berpikir kritis. Jurnal, buku harian, entri blog, dan menulis cerita cara fenomenal untuk memenuhi otak Anda.

Istirahat yang cukup
Pastikan untuk selalu memenuhi istirahat yang cukup (tidur berkualitas) untuk kebutuhan otak Anda. Tidur yang cukup dan baik akan membantu membersihkan kekacauan mental dan pikiran yang tidak penting. Mendapatkan tidur malam yang baik juga dapat membantu meningkatkan kefokusan dan memori (daya ingat).

Mengasah kemampuan dengan teka teki
Teka-teki silang membantu kemampuan otak Anda untuk berpikir kritis dan mengingat kenangan masa lalu. Tantangan menyelesaikan teka-teki silang menyegarkan dan merangsang otak anda berkinerja lebih baik. Teka teki silang, game strategi akan membantu otak anda berkinerja lebih baik.

Membaca
Buku merupakan jembatan ilmu. Membaca buku mengajarkan otak Anda untuk beradaptasi untuk menyerap sejumlah besar informasi dalam periode waktu yang lebih singkat. Buku menantang kemampuan Anda berpikir dan keterampilan menghafal, serta meningkatkan kosakata dan berpikir kritis.

Hindari terlalu banyak menonton TV
Terlalu sering menonton T.V. memperlambat gelombang otak dan menyebabkan penurunan kebugaran otak.

Menangis
Jangan takut untuk menangis kapan waktu yang tepat! Menangis bukan berarti cengeng. Menangis sebenarnya menyembuhkan emosi dan meningkatkan sirkulasi yang sehat dalam otak. Mereka yang mampu menangis sebenarnya membersihkan bagian dalam otak mereka, yang merupakan cara lain yang sangat sehat untuk meningkatkan kekuatan otak.

Jangan lupakan sarapan
Sarapan mungkin adalah makan yang paling penting untuk memberikan suplai tubuh Anda dengan bahan bakar untuk mengisi banyak kegiatan atau aktifitas anda sehari-hari.

Hindari alkohol dan obatan terlarang
Alkohol dalam jumlah terlalu banyak merusak kesehatan otak dan fungsi. Jika Anda ingin meningkatkan kekuatan otak, batasi konsumsi alkohol adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Alkohol dapat menyebabkan masalah memori dan kefokusan. Obat-obatan tidak menumbuhkan kreativitas, mereka membunuh kreativitas dan menguras sel-sel otak. Tergantung pada seberapa kuat obat, efek dapat berkisar dari pendarahan otak, kerusakan sel, gangguan dalam pertumbuhan saraf.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara