Tips Mengatasi Stres Dalam Rutinitas Pekerjaan

Stres merupakan salah satu bagian dari hidup yang tidak dipisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari termasuk dalam pekerjaan. Tugas kantor menumpuk, banyak pekerjaan yang belum terselesaikan, hubungan yang sedikit renggang di kantor atau suasana pekerjaan yang membuat anda stres. Hal tersebut jika anda biarkan berlarut larut tentu akan menyebabkan produktifitas ataupun kinerja anda menurun. Dan jika kinerja anda menurun tentu hal tersebut akan menimbulkan masalah baru di kerjaan seperti penundaan jabatan karir, pemotongan bonus, pencapaian target yang tidak terpenuhi dan lain lain.

Tips Mengatasi Stres Dalam Rutinitas Pekerjaan

Stres di tempat kerja juga bisa disebabkan oleh tekanan untuk tugas atau kewajiban yang lebih banyak, tugas baru atau tanggung jawab baru yang telah diberikan kepada Anda. Stres terbukti membuat kinerja seseorang menurun disamping masalah lain yaitu stres merupakan salah satu pemicu masalah kesehatan, jadi jangan biarkan stres memegang kendali atas hidup kita termasuk di pekerjaan. Sebaliknya, kita perlu mencari solusi atau tips tentang bagaimana cara untuk mengurangi stres ditempat kerja sehingga kinerja anda tidak terganggu, lebih efisien dan menyenangkan. Nah untuk menghindari stres ditempat kerja berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan resiko stres dipekerjaan.

Manajemen waktu yang baik
Mengelola waktu yang lebih baik dalam pekerjaan merupakan salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan stres di pekerjaan. Jangan menunda nunda pekerjaan walaupun hal tersebut kelihatan sepele dan dapat anda kerjakan di hari berikutnya. Jika anda tidak bisa mengelola waktu dengan lebih baik maka lama kelamaan pekerjaan anda akan semakin banyak atau menumpuk dan akhirnya anda akan merasa akan keberatan menyelesaikannya sekaligus jika pekerjaan anda sudah mepet untuk diselesaikan. Manajemen waktu yang baik akan membantu Anda menyelesaikan tugas atau pekerjaan anda sebelum waktu yang ditentukan mepet. Ini juga akan membantu Anda tetap terorganisir serta berjalan sesuai rencana.

Hindari Multi task
Jangan melakukan pekerjaan secara bersama sama atau sekaligus. Selesaikan pekerjaan satu persatu terlebih dahulu. Jangan mengerjakan semuanya sekaligus. Untuk mengatasinya buatlah daftar apa yang harus anda selesaikan hari ini. Mengerjakan segalanya dalam satu waktu atau sekaligus hanya akan membuat anda stres disamping itu pekerjaan akan kurang teliti atau banyak melakukan kesalahan.

Kadangkala anda perlu berbicara "tidak"
Jangan selalu mengatakan 'Ya' untuk tugas yang diberikan oleh atasan Anda. Belajarlah untuk mengatakan tidak jika Anda berpikir Anda sangat sibuk atau pekerjaan yang diberikan kepada anda terlalu berat untuk anda lakukan, tentu saja dengan kata kata yang baik dan anda memiliki alasan yang relevan jangan sampai penolakan anda membuat anda diberi sanksi oleh atasan anda. Atau katakan tidak untuk mengambil tugas atau tanggung jawab rekan kerja (membantu) jika anda sendiri kerepotan dengan banyaknya tugas anda hanya karena perasaan tidak enak.

Tentukan tanggung jawab
Ini adalah titik penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat di tempat kerja. Karyawan harus jelas tentang peran pekerjaan mereka dan tanggung jawab. Juga, mendorong satu sama lain dan pastikan bahwa setiap individu bertanggung jawab atas kontribusi pekerjaan mereka untuk keberhasilan organisasi. Dengan begini hubungan ditempat kerja akan selalu berjalan harmonis dan setiap individu di tempat kerja anda mengetahui kewajiban dan tugasnya masing masing. Hal ini akan membantu anda meminimalkan stres ditempat kerja.

Belajar untuk relaksasi
Setiap kali Anda merasa terlalu lelah atau capek, cobalah melakukan meditasi, latihan pernapasan dalam seperti ini dapat membantu mencairkan stres. Hal ini bisa anda lakukan sebelum anda berangkat kerja atau bisa anda lakuan di sela-sela istirahat kantor. Meditasi yang anda lakukan dengan baik walaupun hanya dalam waktu 5 menit terbukti mampu mengatasi stres di pekerjaan. Bahkan 5 sampai 10 menit istirahat akan membantu Anda untuk bersantai dari pikiran stres. Berdiri dari duduk Anda dan keluar sejenak untuk mendapatkan udara segar.

Tidak menuntut terlalu banyak
Mengetahui bahwa tubuh manusia memiliki keterbatasan (tidak seperti mesin) tidak dapat mengambil banyak tugas dalam satu hari, oleh karena itu beban kerja harus sejalan dengan kemampuan karyawan. Karena menempatkan terlalu banyak tekanan pada pekerjaaan dapat berdampak penurunan produktivitas mereka. Ambil cuti atau libur kerja dengan baik untuk anda gunakan istirahat dengan baik.

2 comments:

  1. sepertinya dengan belajar relaksasi lebih ampuh buat atasi stres dalam rutinitas kerja

    ReplyDelete
  2. Pagi Admin,santai rileks untuk hasil yang berguna dan lebih optimal.terimakasih sukses selalu

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara