Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Damai & Bahagia

50 cara untuk hidup yang lebih bahagia - Di era hidup yang semakin modern dan serba cepat ini kita cenderung lebih menghadapi persoalan hidup juga mengikuti alur hidup yang cepat sehingga kita kurang berpikir panjang dan akhirnya kita lebih mudah stres, hidup terasa hampa dan monoton, dan hidup serasa kurang membahagiakan. Siapa yang tidak ingin menjalani hidup menjadi lebih bahagia? Kebanyakan orang akan berpikir dan mendefinisikan bahwa kebahagiaan sulit dipahami dan sulit untuk diperoleh, bahkan beberapa orang akan menganggap bahwa kebahagiaan akan diperoleh jika seseorang memiliki syarat (jika saya kaya, jika saya memiliki istri cantik, jika saya memiliki jabatan tinggi dll) sehingga keyakinan tersebut membentuk suatu kepercayaan bahwa kebahagiaan akan didapatkan jika segala keinginan yang mereka impikan terpenuhi atau terwujud?

Saya pikir tidak. Dari hasil penelusuran mesin pencari Google semakin banyak kata kunci yang dicari akhir akhir ini tentang tips bagaimana membuat hidup bebas stres, hidup lebih tenang, lebih damai dan lebih bahagia. Ini membuktikan bahwa semakin banyak orang mengalami kehidupan yang kurang membahagiakan dan mencari solusi bagaimana mendapatkan hidup yang lebih bahagia. Membuat hidup yang lebih damai, tenang dan bahagia sebenarnya tidak sesulit apa yang kita bayangkan atau kita pikirkan. Saya percaya untuk mendapatkan hidup yang lebih bahagia, jauh lebih sederhana dan mungkin lebih mudah untuk menjadi bahagia daripada yang kita pikirkan.

Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Damai & Bahagia

Mungkin dalam dunia yang semakin kompleks ini selama kita hidup, kita seringkali memperumit masalah padahal sebenarnya hidup akan menjadi lebih mudah jika kita tidak membuatnya menjadi lebih rumit. Hal hal kecil dan sederhana yang diperlukan untuk menjadi bahagia kadang kita lewatkan, padahal menjadi lebih bahagia seringkali terletak pada hal hal kecil dan sederhana yang sering kita lupakan atau terlewatkan dalam hidup. Nah berikut adalah 50 cara sederhana yang bisa anda coba untuk membuat hidup anda lebih tenang, damai, dan bahagia:

1. Terimalah bahwa hidup ini tidak sempurna, terimalah bahwa kita tidak bisa mengontrol segalanya dan membuat semuanya berjalan seperti yang kita harapkan atau kita inginkan. Kita memang wajib mengusahakan segalanya dengan kerja keras dan cara terbaik namun serahkan semua kendali hasil yang didapatkan kepada Tuhan.


2. Jangan mengambil, memperumit, membebani diri sendiri dengan masalah dengan terlalu serius. (Masalah dalam hidup selalu datang dan pergi, daripada anda berkutat dengan masalah yang anda hadapi akan lebih baik untuk mencoba mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut dan lanjutkan hidup anda)

3. Jangan mengambil masalah orang lain terlalu serius. Setiap orang pasti memiliki masalah hidup sendiri-sendiri, jangan mencampuri urusan atau terlibat didalamnya, boleh saja membantunya keluar dari masalah namun jangan ikut tercebur dalam masalah orang lain.

4. Menghargai diri sendiri, mengapreasi diri sendiri ketika anda berhasil dan memaafkan diri anda ketika anda membuat kesalahan atau kegagalan.

5. Memiliki tujuan hidup yang lebih bermakna, hidup akan menjadi lebih tenang, damai dan bahagia jika anda memberikan tujuan yang lebih bermakna dalam hidup anda.

6. Dapatkan relaksasi dalam hidup anda, mencari kehidupan dan bekerja keras dan membuang tenaga ekstra untuk memenuhi kebutuhan memang suatu kewajiban, namun relaksasi untuk pikiran anda juga suatu kewajiban. Relaksasi sederhana seperti berlibur, berkumpul dengan teman, menjalani hobi atau bermain dengan hewan peliharaan merupakan cara sederhana merelaksasi pikiran anda.

7. Jadilah lebih bersosial. Memiliki orang orang yang dekat dengan kehidupan anda akan membuat hidup anda lebih bahagia. Menumbuhkan persahabatan & memiliki teman, serta menjalin hubungan dengan masyarakat umum.

8. Jadilah seseorang yang suka tolong menolong dan mencari bantuan jika memang hal itu diperlukan. (jangan membebani diri dengan kesulitan yang tidak bisa anda selesaikan sendiri).

9. Jangan pernah menganggap bahwa kesuksesan dan kebahagiaan itu hanya selalu berkaitan dengan materialisme.

10. Ketahuilah bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan.

11. Nikmati dan selalu mensyukuri apa yang Anda miliki.

12. Sederhanakan hidup Anda, jangan membuatnya menjadi beban atau membuatnya semakin rumit.

13. Jadilah lebih kreatif dengan belajar sesuatu yang baru dan selalu menambah wawasan baru.

14. Jadilah diri sendiri, jangan menjadi orang lain hanya untuk membuat diri anda berkesan didepan orang lain.

15. Jadilah lebih spontan dalam menghadapi masalah, jangan menunggu masalah menjadi besar.

16. Luangkan lebih banyak waktu dengan orang-orang terdekat didalam hidup anda.

17. Buatlah jurnal atau catatan apa yang hal atau kegiatan yang diperlukan untuk membuat hidup anda menjadi lebih bahagia.

18. Cari apa yang Anda sukai dan membuatnya bekerja hidup Anda.

19. Bersedia untuk selalu belajar dan memahami hal-hal baru.

20. Jadilah fleksibel dan adaptif, kehidupan selalu berubah dan terima perubahan itu dengan tangan terbuka.

21. Selalu berpikiran terbuka.

22. Nikmati kesenangan sederhana atau hal hal kecil yang membuat anda lebih bahagia.

23. Selalu memiliki rasa syukur.

24. Pikirkan perbaikan, bukan kesempurnaan.

25. Ketika hal-hal tidak berjalan dengan baik seperti yang anda pikirkan maka sadari bahwa hal itu akan berlalu.

26. Ketahuilah bahwa itu bukan apa yang terjadi pada Anda, tetapi bagaimana Anda melihat hal itu penting.

27. Belajarlah untuk hidup dan menikmati saat ini. Kehidupan hanya terjadi satu kali dalam hidup anda, berbuatlah baik dan gunakan waktu dalam hidup anda dengan lebih baik.

28. Berolahraga secara teratur.

29. Cukup istirahat dan cukup tidur.

30. Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

31. Nikmati percakapan yang baik, obrolan yang memotivasi. Lebih baik mendengarkan percakapan orang lain tentang diri anda yang membuat anda sakit hati namun hal itu bersikap membangun daripada anda terlena dengan percakapan yang baik tentang diri anda namun hal itu hanya kebohongan belaka.

32. Memiliki hobi dan kegiatan yang baik dan menyenangkan.

33. Ada kalanya luangkan waktu untuk bersenang-senang.

34. Belajar menjadi pendengar yang baik. Belajar memahami segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

35. Menumbuhkan apresiasi untuk seni.

36. Baca dan mempelajari kisah kisah, buku, bacaan yang mendidik dan menginspirasi anda.

37. Membantu orang lain.

38. Memiliki iman dan keyakinan.

39. Jangan memusingkan hal-hal kecil. Namun jangan juga berfokus pada hal hal besar namun melupakan hal hal kecil dalam hidup anda.

40. Tersenyum kepada orang lain. Senyuman adalah keajaiban.

41. Jadilah pribadi yang menyenangkan.

42. Mencintai diri sendiri.

43. Mendengarkan musik yang bagus dan membuat mood anda bersemangat.

44. Kurangi selalu berdiam diri di rumah dan kurangi menonton TV.

45. Berikan yang terbaik.

46. Manjakan diri.

47. Belajar bersabar, tabah dan menumbuhkan kesadaran diri.

48. Seperti yang dituliskan Bessie Anderson Stanley "Hidup dengan lebih baik, mencintai banyak orang dan sering tertawa."

49. Jadilah senang dan bahagia dari mulai sekarang. Jangan membuatnya bersyarat.

50. Bagi kebahagiaan Anda dengan orang lain.

Nah itulah beberapa hal sederhana yang bisa ada lakukan untuk membuat hidup anda menjadi lebih tenang, damai dan bahagia. Silahkan tambahkan komentar di form komentar yang telah disediakan tentang pengalaman atau pemahaman anda yang membuat diri anda lebih bahagia maka share pengalaman anda dengan ribuan pembaca lain di blog ini. Atau jika anda merasa bahwa artikel ini bermanfaat dan mencerahkan silahkan share di media sosial di bawah posting agar lebih banyak pembaca yang menerima manfaat dari artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara