Berbagai Cara Membersihkan Noda Luntur Pakaian

Membersihkan baju yang terkena noda luntur - Pasti sangat menjengkelkan kalau pakaian yang kita rendam atau telah kita cuci dari mesin cuci ternyata terkena noda luntur. Apalagi baju favorit kita atau bahkan baru satu kali pakai tapi sudah terkena noda luntur wah sudah pasti repot. Mau dibuang tapi masih sayang mau didiemin juga buat apa, mau dipakai juga malu. Tidak hanya baju putih saja yang bisa terkena noda luntur, namun baju berwarna juga bisa kena noda luntur. Biasanya kita langsung memutuskan untuk tidak memakai lagi baju yang terkena noda luntur. Padahal noda luntur pada baju bisa dihilangkan. Tetapi lunturan baju memang tidak selalunya menempel pada menjadi noda pada baju yang lain. Ada lunturan baju yang hanya akan mengotori air yang digunakan untuk mencuci.

Berbagai Cara Membersihkan Noda Luntur Pakaian

Dan paling sering saya alami adalah celana jeans yang sering luntur dan melekat ke pakaian lain yang saya cuci. Penting untuk memisahkan baju yang mudah luntur dicampur dengan pakaian lain agar pakaian yang luntur tidak mengotori pakaian lain sebelum anda merendam atau mencuci pakaian. Nah kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara menghilangkan noda pada pakaian yang terkena luntur dari warna baju lain. Semua jenis noda luntur dapat dihilangkan dengan mudah dengan cara yang tepat. Pemilihan deterjen, kekentalan lunturan, bahan atau jenis pakaian berpengaruh untuk membersihkan pakaian dari noda luntur. Berikut adalah cara membersihkan noda pakaian yang terkena noda lunturan dari pakaian lain:

Cara membersihkan noda luntur pada baju putih
Cukup rendam baju atau pakaian putih yang terkena luntur dengan cairan pemutih selama kurang lebih 30 menit lalu cuci seperti biasa. Jika luntur membandel pada baju putih anda bisa merendam pakaian dalam air hangat yang telah dicampur cairan pemutih diamkan selama 1 jam dulu lalu angkat dan rendam dalam air biasa yang telah dicampur detergent selama 15 menit lalu cuci seperti biasa. Untuk pakaian yang baru saja terkena noda luntur, sebaiknya jangan dimasukkan ke dalam mesin pengering. Biarkan pakaian tersebut kering secara alami menggunakan sinar matahari. Untuk pakaian berwarna putih, jemur pakaian di atas handuk kering di bawah sinar matahari. Matahari tidak dapat menghilangkan noda luntur pada pakaian Ibu, tapi dapat membantu memudarkan sisa noda luntur. Baca juga tips membersihkan noda cat, tinta dipakaian.

Cara membersihkan noda luntur pada pakaian berwarna
Oleskan seluruh bagian dengan aseton (penghapus cat kuku) pada pakaian berwarna yang terkena noda luntur. Rendam pakaian tersebut di dalam ember selama kurang lebih 30 menit. Kucek pakaian sebentar, lalu bilas hingga bersih. Peras dengan tangan, kemudian jemur pakaian tersebut.

Cara membersihkan noda luntur yang sedikit dan masih basah
Cara ini hanya digunakan jika noda luntur hanya sedikit dan kain masih basah. Cukup gosokkan belimbing wuluh pada noda luntur lalu diamkan selama setengah jam, sifat asam pada belimbing wuluh membantu menghilangkan noda luntur pada pakaian. Selanjutnya cuci seperti biasa dan keringkan. Baca juga cara membersihkan noda di keramik & kloset.

Cara lain menghilangkan noda luntur pada pakaian (menggunakan micin/MSG)
  • Siapkan micin (MSG) dan detergen.
  • Tuangkan detergen dan micin tersebut ke dalam ember dengan takaran detergen lebih sedikit daripada micin.
  • Tuangkan air panas atau hangat ke dalam ember tersebut.
  • Masukkan baju yang terkena noda luntur ke dalam ember.
  • Rendam beberapa saat sampai air dingin, kemudian cuci baju tersebut.
  • Siapkan ember lain, tuangkan detergen dan air.
  • Baju yang sudah dicuci menggunakan detergen dan micin dicuci kembali menggunakan larutan detergen yang sudah disiapkan di ember lain. Pencucian kedua ini berfungsi untuk menghilangkan micin dari baju.
  • Bilas hingga bersih kemudian jemur.

Cara menghilangkan noda luntur pada baju menggunakan Asam cuka
  • Siapkan asam cuka dan detergen.
  • Tuangkan asam cuka dan detergen ke dalam ember.
  • Tuangkan air ke dalam ember tersebut. Larutkan.
  • Rendam baju yang terkena noda luntur selama lebih kurang 30 menit.
  • Bilas hingga bersih kemudian jemur.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan noda luntur pada baju. Jika anda memiliki pengalaman lain tentang bagaimana menghilangkan noda luntur pada pakaian sialahkan tambahkan pengalaman anda dikotak komentar yang telah disediakan dan share dengan ribuan pembaca blog ini dan berguna bagi kita semua. Atau jika anda merasa artikel ini berguna silahkan share di media sosial dibawah posting.

7 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara