sponsored ads

7 Tips Efektif Melatih Kedisiplinan Diri

Posted By : Posted on - 5:07:00 AM with 1 comment

Membangun disiplin diri - Seseorang dengan kebiasaan hidup disiplin hidupnya akan lebih terarah dan sukses. Disiplin dalam arti luas termasuk disiplin memanage waktu, disiplin karakter diri, disiplin hak dan tanggung jawab dll. Lalu sebenarnya apa artian disiplin itu? Seperti dikutip dari situs Wikipedia.com disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

Sedang menurut Z hereford author dari situs essentiallifeskills.net, Kedisiplinan adalah kemampuan untuk mengendalikan impuls, emosi, keinginan dan perilaku seseorang sesuai dengan norma atau aturan yang berlaku. Ditambahkan olehnya kedisiplinan merupakan cara untuk menunda kesenangan dan kepuasaan instan dalam mendukung mendapatkan kepuasan jangka panjang dan pemenuhan dari mencapai tujuan yang lebih tinggi dan lebih bermakna.

7 Tips Efektif Melatih Kedisiplinan Diri

Tentu saja, yang dimaksud dengan disiplin tidak berarti membatasi hidup atau gaya hidup. Juga, disiplin tidak berarti melakukan segala hal dengan aturan atau norma dengan mengesampingkan relaksasi, hal menarik atau menyenangkan lainnya. Disiplin diri lebih memiliki tujuan belajar bagaimana untuk memfokuskan pikiran dan energi pada tujuan Anda dan bertahan sampai hal atau tujuan tersebut tercapai. Hal ini juga berarti menumbuhkan pola pikir dimana Anda bersikap positif dengan kesadaran diri bukan oleh emosi Anda, kebiasaan buruk, atau pengaruh dari orang lain. Disiplin diri memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan hidup Anda dan untuk hidup lebih teratur dan menyenangkan dalam jangka panjang. nah berikut adalah beberapa hal yang bisa anda coba untuk melatih kedisiplinan anda.

Mulailah dengan langkah kecil
Tidak ada hal yang terjadi secara tiba-tiba tanpa sebab dan proses atau tidak ada proses yang berlangsung semalam, semua membutuhkan waktu termasuk dalam melatih disiplin diri ini. Jangan pernah berpikir memiliki target yang besar tanpa melewati hal hal kecil, membangun kedisiplinan diri dan mulailah dari hal hal kecil dalam hidup anda terlebih dahulu. Sebagai contoh anda harus bangun pagi jam 5 setiap hari dan berolah raga pagi sebelum mandi, dan anda harus sudah sampai dikantor jam 8, 15 menit sebelum waktu kerja kantor. Semakin Anda melatih dan membangun disiplin mulai dari hal kecil, maka kedisiplinan akan terbangun dengan kuat dan menjadi kebiasaan dalam hidup anda.

Dan dengan dasar pondasi kedisiplinan dari hal kecil anda bisa melatih disiplin diri ke hal lebih besar secara bertahap. Dalam latihan, jika Anda mencoba untuk melakukan segala hal terlalu banyak sekaligus, Anda hanya akan melukai diri sendiri dan bukannya latihan tersebut membawa perkembangan namun justru kemunduran. Demikian juga, mengambil satu langkah pada satu waktu dalam membangun disiplin diri. Jadi, mulai dengan membuat keputusan untuk maju dan belajar apa yang diperlukan untuk sampai ke sana dan dimulai dari langkah kecil. Baca juga cara melatih kesabaran.

"Memiliki perjalanan bermil mil jauhnya, anda akan memerlukan satu langkah permulaan untuk mencapainya."

Pelajari apa yang memotivasi Anda dan apa pemicu kebiasaan buruk Anda
Anda dapat mulai dengan belajar tentang diri Anda! Selalu belajar memotivasi diri anda untuk selalu bersikap disiplin. Selalu mengingat apa tujuan anda akan menjadi pendorong atau motivasi yang baik untuk kesuksesan anda. Kadang-kadang sangat sulit untuk melawan dorongan dan keinginan, jadi dengan mengetahui apa dorongan dan keinginan (kebiasaan buruk) anda juga akan mengetahui bagaimana untuk menghindari situasi tersebut.

Jika Anda ingin melatih kedisiplinan diri tentang disiplin finansial dan anda tahu bahwa anda tidak bisa menolak belanja, makan mewah atau godaan lainnya tinggal jauh dari mereka. Tidak mendekati tempat tempat tersebut yang dapat memikat Anda di saat-saat anda lemah dari godaan untuk berbelanja atau makan mewah. Jika Anda juga tahu bahwa menempatkan tekanan pada diri sendiri tidak bekerja untuk Anda, maka mengatur diri dalam lingkungan yang mendorong pembangunan disiplin diri dengan berkumpul dengan orang orang yang termotivasi tinggi.

Pelajari juga apa yang memberikan energi untuk memotivasi diri Anda
Kemauan Anda bisa naik dan turun dengan tingkat energi Anda sehingga memutar musik energik untuk menjadi gembira Anda dan tertawa. Melatih diri untuk menikmati apa yang Anda lakukan dengan menjadi energi. Ini akan membuat lebih mudah untuk menerapkan perilaku yang diinginkan dan sesuai dalam rutinitas Anda. Membangun mood yang baik dalam diri anda akan membantu mendorong energi positif untuk melatih kedisiplinan dalam diri anda.

Membuat perilaku tertentu rutinitas atau kebiasaan
Kedisiplinan dalam diri anda bisa sepenuhnya terwujud jika kedisiplinan itu telah menjadi rutinitas atau kebiasaan dalam hidup anda. Menjadikan kedisiplinan diri menjadi bagian dari rutinitas harian Anda hal itu akan membuat pondasi yang kuat untuk bangunan disiplin diri Anda. Demikian juga, menyingkirkan beberapa kebiasaan buruk dalam hidup anda. Kebiasaan buruk dapat menempatkan Anda dalam bingkai pikiran negatif dan menghambat pengembangan disiplin diri Anda. Sikap yang buruk juga bisa menjadi kebiasaan buruk. Baca juga tips bersemangat tiap hari.

Berlatih untuk mengatakan tidak
Belajarlah untuk mengatakan tidak terhadap beberapa godaan buruk, perasaan Anda, impuls dan hal yang mendesak. Batasi menonton TV Anda. Menahan diri untuk berteriak pada seseorang yang telah membuat anda  jengkel. Berhenti dan berpikir sebelum bertindak. Pikirkan tentang konsekuensi. Ketika Anda berlatih menahan diri membantu Anda mengembangkan kebiasaan menjaga hal-hal lain di bawah kontrol.

Terlibat dalam olahraga atau aktif secara sosial
Olahraga adalah cara yang baik untuk meningkatkan disiplin diri. Mereka melatih Anda untuk menetapkan tujuan, memfokuskan energi mental dan exerciseemotional Anda, menjadi sehat secara fisik, dan bergaul baik dengan orang lain. Berpartisipasi dalam olahraga memberikan situasi di mana Anda belajar untuk bekerja keras dan berusaha untuk melakukan yang terbaik, yang pada gilirannya, mengajarkan Anda untuk mengintegrasikan hal yang sama proses berpikir dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Belajar untuk memainkan alat musik dapat menjadi cara lain untuk berlatih disiplin diri. Fokus, pengulangan, dan aplikasi yang dibutuhkan dalam belajar memainkan alat musik sangat berharga. Mencapai disiplin diri dalam satu bidang kehidupan Anda, reprograms pikiran Anda untuk memilih apa yang benar, bukan apa yang mudah.

Dapatkan inspirasi dari orang-orang yang inspiratif
Michael Jordan selalu menyatakan bahwa kehebatannya sebagai pemain basket merupakan buah dari kesediaannya untuk bekerja keras dan berlatih di bidang atau keahliannya. Itu keinginannya melalui disiplin dan fokus yang membuatnya salah satu pemain basket terbaik yang pernah ada. Richard branson seorang "Kaisar bisnis" pemilik Group Virgin, sperti anda ketahui Virgin Group merupakan suatu grup bisnis yang membawahi sekitar 400 perusahaan termuka didunia. Branson mejadi kaya raya, sukses hal itu karena hasil kerja keras dan kedisiplinannya dalam membangun bisnis. (Seperti anda ketahui Branson dulunya adalah orang miskin, bahkan SMA saja ia drop out karena alasan ekonomi dan lebih memilih terjun menekuni bisnis). Jika kedisiplinan itu bekerja dan terbukti berhasil untuk mereka, itu pasti bisa bekerja untuk kita semua. Baca juga pelajaran hidup tokoh dunia.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara