Tips Meredam Emosi Ketika Bertengkar Dengan Pasangan

Posted By : Posted on - 8:52:00 AM with No comments

Tips meredam amarah saat bertengkar dengan pasangan - Gesekan, beda, pendapat atau kesalahpahaman merupakan hal yang wajar dan sering kali terjadi dalam sebuah hubungan, sehingga seringkali timbul pertengkaran atau perdebatan dalam sebuah hubungan. Saat pertengkaran terjadi seringkali masing masing pasangan akan selalu merasa pendapatnya selalu benar dan terkadang kejernihan berpikir seseorang dalam mengatasi sebuah pertengkaran diabaikan sehingga tingkat emosi yang meluap menjadikan diri kurang terkendali.

Alhasil, bisa menimbulkan dampak tidak baik terhadap hubungan anda dengan pasangan anda. Pertengkaran dalam sebuah hubungan memang hal yang wajar terjadi namun ketika pertengkaran terjadi harus ada kesadaran diri masing masing pasangan agar pertengkaran tersebut tidak membesar dan menimbulkan keretakan sebuah hubungan. Setidaknya anda harus berpikir bahwa emosi bukanlah suatu solusi, emosi hanya akan memperbesar masalah saja.

Tips Meredam Emosi Ketika Bertengkar Dengan Pasangan

Untuk meredamkan emosi tersebut, ada beberapa tips yang cukup efektif dan tepat yang bisa anda terapkan.  nah berikut adalah beberapa tips efektif meredam emosi saat bertengkar dengan pasangan:

Berusaha untuk mengalah
Mengalah bukan berarti pendapat anda tidak benar atau tidak baik, mengalah akan mendinginkan suasana ketika pertengkaran itu terjadi dan akan meredam masalah agar tidak semakin membesar. Ketika anda bertengkar dengan pasangan ada baiknya untuk mengalah dan menjernihkan pikiran anda jangan ikut terpancing emosi atau pertengkaran anda akan menjadi lebih besar. Ketika suasana mereda komunikasikan apa yang menjadi gesekan, perbedaan pendapat atau masalah lain yang menyebabkan pertengkaran itu muncul.

Berusaha menjadi pendengar yang baik
Pertangkaran umumnya terjadi karena masing masing pasangan merasa paling benar dengan pendapatnya. Berusaha untuk mendengarkan keluhan, pendapat dari pasangan anda sehingga resiko untuk bertengkar semakin kecil jika masing masing pasangan dapat menjadi pendengar yang baik. Bilamana pasangan anda saat ini sedang emosi tinggi, dan selalu mengungkapkan pembelaan dirinya, sebaiknya anda bisa menjadi pendengar yang baik dan janganmemotong pembicaraan pasangan anda, ketika mereka selesai dengan yang mereka bicarakan maka gantian anda memberikan argumen dengan lembut. Dan ingat, dengarkan dengan seksama mengenai apa yang telah ia bicarakan, dan responlah dengan lebih positif. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan bara api dalam hubungan anda.

Berusaha untuk Bersikap lebih Toleran
Mengaplikasikan sikap toleran terhadap pasangan anda yang sedang memiliki emosi tingkat tinggi atau “panas hati”, Cukup mampu untuk menjadi solusi tepat dalam mendinginkan dan menenangkan suasana. Sehingga anda bisa bersikap lebih sabar, toleran, dan cobalah untuk menempatkan diri di posisinya. Sehingga kondisi genting ini bisa teratasi segera dengan tepat.

Hindari kata “Benar, Salah“
"Aku meras benar dan kamu selalu salah" merupakan argumen yang diperdebatkan oleh pasangan. Hendaknya anda atau pasangan bisa menghindari mengucapkan  kata kata “Benar, Salah, Menang, Kalah” dengan nada tinggi layaknya menganggap anda selalu benar disaat sedang bertengkar. Karena masalah bukan ajang perdebatan atau kompetisi yang mencari pemenag, melainkan untuk diselesaikan atau dipecahkan bersama. Oleh karena itu, agar tidak semakin tambah memperparah pertengkaran, setidaknya anda dan pasangan juga bisa menghindari kata-kata tersebut.

Hindari kata “Terserah, Selalu, Tidak Pernah, Aku benci kamu”
Perlu anda ketahui, bahwa beberapa kata yang perlu untuk dihindari bila anda sedang bertengkar dengan pasangan yakni, “Kamu Selalu Begitu”, “Terserah Kamu”, “Kamu Tidak Pernah Mengerti” , dan  “Aku Benci Kamu” . Dimana penggunaan kata-kata tersebut hanya akan memperuncing pertengkaran dengan pasangan anda. Oleh karena itu, meskipun kata-kata tersebut kerap sekali terlontar pada umumnya, hendaknya anda bisa untuk tidak mengucapkannnya. Hal demikian agar urusan segera terselesaikan, dan emosi  pasangan anda pun bisa mereda.

Selalu tawarkan perdamaian
Ketika anda atau pasangan memang seringkali bertengkar hingga panjang lebar, dan sampai berlarut-larut, maka kebiasaan buruk seperti itu perlu segera disingkirkan.  Dan ada baiknya bila anda menjadi orang pertama yang meminta maaf, sehingga anda dengan pasangan tidak membuang-buang waktu yang tak bermanfaat. Dan amarah serta emosi pun bisa segera mereda, Dan hubungan anda pun bisa membaik kembali.

Segera menyelesaikan masalah
Bilamana anda maupun pasangan memiliki kebiasaan buruk, Layaknya merasa puas dengan sebuah pengakuan setelah bertengkar, maka sebaiknya anda bisa menunjukkan bahwa sudah tidak ada permasalahan yang perlu untuk dibahas dan diperpanjang. Dengan begitu, akan bisa membuat hubungan anda tidak semakin meruncing. Sehingga masalah pun juga cepat terselesaikan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara