Tips Mencegah & Mengatasi Kram Otot Ringan

Posted By : Posted on - 10:30:00 AM with No comments

Mengatasi otot kram - Bagaiamana jadinya jika anda sedang bekerja diketinggian menderita kram otot atau sedang mengikuti kejuaraan kram otot menyerang anda? Kram otot bisa saja terjadi pada hampir semua orang, dan utentu saja karena beberapa faktor penyebab yang berbeda. Olahraga, bekerja, duduk terlalu lama bisa menyebabkan kram otot. Lalu apa sih kram otot itu dan bagaimana hal itu bisa terjadi?

Kram otot merupakan kontraksi involunter (spasme) dari serat otot. Hal ini dapat terjadi pada otot mana saja dari bagian tubuh, tetapi yang paling umum terjadi adalah di betis, paha, dan tangan dan kaki. Kram dapat berlangsung dari beberapa detik sampai 15 menit atau lebih, atau bisa terjadi kapan saja dan berulang. Gejala kram terjadi seperti nyeri, sakit mendadak pada area otot, ketidakmampuan untuk menggunakan otot, berkedut dan kepekaan terhadap tekanan. Tidak seperti strain dan keseleo, kram sejatinya bukanlah kerusakan dari jaringan otot dan kram itu sendiri tidak melukai otot luar dan membuatnya sedikit sakit untuk sementara waktu.

Tips Mencegah & Mengatasi Kram Otot Ringan

Kram pada otot biasanya disebabkan oleh situasi sementara seperti dehidrasi, kekurangan vitamin dan mineral, atau kelelahan otot yang disebabkan oleh terlalu banyak latihan atau olahraga. Kram otot sederhana dapat dihentikan cepat dengan cukup peregangan otot. Jika Anda mengalami kram di kaki Anda maka dengan hanya berdiri atau berjalan-jalan sebentar akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Untuk kram tangan, coba tekan tangan Anda terhadap permukaan datar. Untuk kram betis, luruskan kaki Anda di udara sambil berbaring telentang dan tarik jari-jari kaki Anda ke arah kepala Anda menggunakan handuk. Atau, bersandar ke dinding dengan tumit Anda rata di lantai dan kaki Anda 2-3 kaki dari dinding-cukup jauh untuk menghasilkan peregangan ringan. Untuk otot lainnya, Anda dapat belajar peregangan spesifik untuk otot yang terpengaruh.

Ketika kram datang pada saat sesi latihan atau olahraga, berhentilah sebentar dari kegiatan olahraga anda untuk meregangkan otot. Pijat otot untuk sementara dan mengkonsumsi minuman olahraga dengan elektrolit jika mungkin, kemudian melanjutkan aktivitas Anda. Jika kram berlanjut, maka kemungkinan penyebabnya adalah keletihan atau kelelahan dan satu-satunya hal yang dapat menghentikan kram otot ini adalah menghentikan sesi latihan atau olahraga Anda sepenuhnya.

Cara Mencegah Kram Otot
Beberapa hal atau penyebab yang menyebabkan kram otot adalah dehidrasi, kekurangan vitamin dan ketidakseimbangan elektrolit, dan aktivitas berlebihan tanpa persiapan yang tepat. Berikut adalah beberapa cara mencegah kram otot:

Tetap terhidrasi dengan baik
Saat anda melakukan banyak aktifitas atau olahraga beban yang berat maka kemungkinan anda akan mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh banyak keringat yang keluar selama aktivitas fisik, kekurangan asupan cairan, atau penggunaan obat tertentu, bisa membuat Anda rentan terhadap kram otot selama atau setelah aktivitas fisik. Anda harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk memastikan Anda terhindar dari kram otot dengan terhidrasi dengan baik sebelum Anda memulai aktivitas Anda.

Penuhi vitamin dan mineral
Ada beberapa bukti bahwa kekurangan vitamin B-1, B-5, B-6 dapat meningkatkan kemungkinan kram otot pada beberapa orang, sehingga dengan mengonsumsi vitamin B dapat mencegah kram otot. Demikian juga, diet yang terlalu rendah sodium, kalium atau magnesium dapat menyebabkan masalah kram otot, karena tubuh Anda juga kehilangan elektrolit melalui keringat. Jika perlu, Anda dapat mengonsumsi minuman berelektrolit, tetapi jika Anda melakukan lebih dari satu jam latihan atau olahraga dengan intensitas tinggi, biasanya lebih baik untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan yang Anda makan, terutama jika Anda mencoba untuk menjaga kalori Anda.

Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar
Kelelahan otot adalah penyebab utama kram otot dan berikut cara sederhana mengatasinya:
  • Selalu lakukan 5-10 menit pemanasan atau peregangan otot sebelum melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi, dan juga lakukan hal yang sama untuk periode pendinginan setelah itu.
  • Hindari over-peregangan otot, yang dapat mengiritasi dan mengurangi kinerja; menyimpan intens peregangan untuk setelah latihan atau kegiatan, atau setelah Anda pemanasan. Ingat: Peregangan adalah bukan hal yang sama sebagai pemanasan.

Kram otot adalah bagian normal dari kehidupan bagi banyak akifitas anda sehari-hari. Mulai menggunakan tips ini untuk meminimalkan kram Anda dalam waktu singkat.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara