Tips Membuat Wajah Lebih Fotogenik Saat Berfoto Selfie

Posted By : Posted on - 9:58:00 AM with No comments

Tips mengambil foto agar wajah lebih fotogenik - Ini dia nih tips bagi anda yang suka mengambil gambar diri sendiri (selfie) atau secara kelompok (groupselfie) baik untuk sekedar koleksi atau mengunggahnya sebagai dp bbm, profil facebook, foto profil situs media lain atau sekedar ingin mencetak dan memajangnya di kamar anda. Memotret manusia, terutama close-up wajah kadang-kadang hasilnya tak sesuai harapan perlu trik khusus untuk membuat wajah anda lebih fotogenik baik melalui riasan maupun pose saat berfoto.

Nah kali ini saya akan sedikit berbagi tips mengenai bagaimana cara agar wajah anda kelihatan lebih fotogenik saat berfoto melalui tips berpose seperti dikutip dari fotografer Peter Hurley melalui situs dailymail.co.uk. Peter Hurley merupakan fotografer kelas dunia yang menjadi fotografer untuk berbagai majalah, media elektronik maupun media online. Berikut adalah beberapa tips agar wajah anda kelihatan lebih fotogenik:

Menurut Peter, salah satu cara tercepat agar siapapun kliennya tampak lebih keren adalah dengan memperkuat garis dagu mereka. Caranya adalah, buatlah wajah kamu atau orang yang ingin kamu jadikan model, sedikit condong ke arah depan saat disuruh berpose headshot. Jangan biarkan posisi wajah menempel dengan leher, karena akan memperjelas lipatan dagu. Lihat seperti gambar dibawah ini:

Tips Membuat Wajah Lebih Fotogenik Saat Berfoto Selfie

Peter Hurley membuat garis dagu mereka tampak lebih kuat dan jelas profilnya sehingga dari kiri ke kanan masing-masing mereka menjadi tampak lebih cantik hanya karena garis dagunya ditata sedemikan rupa. Lihat seperti gambar dibawah ini:

Tips Membuat Wajah Lebih Fotogenik Saat Berfoto Selfie 1

Selain trik simpel yang saya sampaikan seperti diatas di atas, beberapa tips lain agar wajah anda kelihatan lebih fotogenik saat berfoto adalah sebagai berikut ini:

 1   Model foto memang memiliki wajah yang cukup menarik sebanding dengan tubuh mereka yang tinggi proporsional. This is why models make good money — karena mereka harus terlihat sempurna setiap waktu. Nah, bagaimana dengan kita yang biasanya hanya memiliki wajah atau muka yang standar dengan bentuk dan tinggi tubuh yang standar juga seperti saya hehehehehe... nah berikut cara mengatasinya agar foto anda kelihatan lebih fotogenik tanpa bantuan edit gambar seperti photoshop:

  • Agar tubuh anda kelihatan lebih tinggi maka ambil foto dari angle atau sudut yang rendah
  • Agar foto anda kelihatan lebih langsing dan tinggi maka pastikan seluruh badanmu masuk dalam frame foto
  • Demi kaki yang terlihat lebih jenjang, letakkan satu kaki di depan kaki lain saat difoto
  • Pilih celana dengan potongan pinggang yang tinggi (high waisted bottom)
  • Ambil langkah panjang saat mengambil foto dengan pose berjalan. Cara ini akan membuat kakimu terlihat jauh lebih panjang daripada aslinya.

 2    Sisi kiri wajah umumnya akan kelihatan lebih menarik saat di ambil foto setidaknya begitu menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Brain REserach. Dalam penelitian tersebut diamati besarnya pupil 10 orang yang melihat foto dengan 2 jenis berbeda: foto yang menampilkan sisi kanan wajah dan foto yang menampilkan sisi kiri wajah. Hasilnya kebanyakan orang yang memandang foto yang memperlihatkan sisi kiri wajah memperlihatkan gejala membesarnya pupil (tanda ketertarikan terhadap sesuatu.) Mereka pun mengatakan bahwa foto yang memperlihatkan sisi kiri wajah terlihat jauh lebih menarik dibanding foto yang memperlihatkan sisi kanan wajah.

 3    Jika kepala obyek memiliki rambut yang sedikit (kurang tebal) atau bahkan botak hehehhehe, ambil foto anda dari angle yang rendah (kamera agak mendongak keatas) dan jika kamu menggunakan pencahayaan tambahan, usahakan agar tidak ada sumber cahaya yang memantul.

 4    Menggeser sedikit wajah ke kanan atau ke kiri setiap hendak difoto close up atau middle close up. Menggeser wajah memungkinkan tulang pipimu terekspos, sehingga memberi kontur yang pas bagi wajahmu. Jika wajahnya memiliki kerutan yang banyak atau banyak jerawatnya, gunakan sumber cahaya yang arahnya dari depan, bukan dari samping. Cahaya yang datang dari samping akan memperjelas tekstur kerutan ini.

 5    Nah berbeda ketika anda berdiri, saat duduk ambillah foto dari arah atas. Begitu pun ketika kamu foto studio yang mengharuskanmu difoto sembari duduk — mintalah fotografer untuk meletakkan kamera di atas muka sehingga kamulah yang harus menggerakkan wajah untuk menghadap lensa. High angle shotakan mengekspos rahangmu lebih jelas sehingga (lagi-lagi) bisa memberikan kontur yang sesuai.

 6    Jika wajah obyek telinganya gede, aturlah pose mereka supaya hanya satu telinga yang terlihat dan usahakan agar telinga yang terlihat ini tidak tampak menonjol Jika berhidung pesek, potretlah dari depan dan aturlah pose-nya agar muka menatap lurus ke depan. Jika wajah obyek lumayan tembem, aturlah pose-nya agar menatap serong ke kanan atau kiri namun jangan sampai lurus ke samping, serong sedikit saja.

 7    Nah ketika anda ingin mengambil foto agar wajah anda kelihatan lebih fotogenik maka usahakan untuk tersenyum, tentu saja tersenyum yang gak maksa dan kelihatan alami. bagaimana cara tersenyum yang alami dan kelihatan tidak maksa berikut tipsnya:
  • Tutup mata
  • Ambil nafas panjang
  • Buka mata sebelum shutter kamera berbunyi, atau tepat sebelum jarimu memencet tombol “capture”
  • Tersenyumlah!

Nah itulah beberapa tips berpose agar wajah anda lebih fotogenik atau lebih familiar dengan kamera seperti model hehehehe, nah jika anda memiliki pengalaman tentang bagaimana cara membuat foto anda lebih fotogenik maka share pengalaman anda dengan ribuan pembaca blog ini dengan berkomentar di kotak komentar yang telah disediakan atau jika anda rasa artikel ini bermanfaat silahkan share di media sosial di bawah posting. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara