Terlalu Pemalu, Berikut Tips & Cara Mengatasinya!

Tips mengurangi rasa malu (percaya diri) - Ketika kita malu untuk berbuat jahat kepada orang lain, ketika malu untuk korupsi, malu untuk hal hal yang melanggar norma dan aturan itu merupakan yang baik. Namun ketika kita terlalu menjadi pemalu (tidak percaya diri) hal itu akan membatasi kita dari perbuatan dan sikap yang positif. Malu adalah satu perasaan negatif yang timbul dalam diri seseorang akibat dari kesadaran diri mengenai perlakuan tidak baik yang di lakukan oleh dirinya sendiri, namun bila perasaan malu muncul tersebut tanpa sebab yang jelas, dan tidak melakukan tindakan yang tak seharusnya, tentu hal ini akan sangat mengganggu anda untuk berinteraksi dengan orang orang ada di sekitar anda.

Terlalu pemalu dalam artian tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri jelas akan membatasi hal baik yang akan kita lakukan. Sedangkan menurut tata bahasa malu menurut Wikipedia adalah salah satu bentuk emosi manusia dalam pengertian, pernyataan, atau kondisi yang dialami manusia akibat sebuah tindakan yang dilakukannya sebelumnya, atau ketakutan untuk melakukan sesuatu dan kemudian ingin ditutupinya. Penyandang rasa malu secara alami ingin menyembunyikan diri dari orang lain karena perasaan tidak nyaman jika perbuatannya diketahui oleh orang lain atau apa yang ingin dilakukannya tidak sesuai harapan yang diinginkan orang lain.

Terlalu Pemalu, Berikut Tips & Cara Mengatasinya!

Perasaan malu yang datang tiba tiba tersebut lebih sering kita sebut dengan rasa tidak percaya diri, entah itu untuk bertemu kenalan baru, membacakan presentasi didepan audiens, grogi, gugup atau ketika berada di tengah tengah keramaian dan sebagainya. Bagaimana cara untuk mengatasi perasaan tersebut? Berikut adalah beberapa cara mengatatasi rasa malu :

Tidak perlu melakukan hal yang dinilai sesuai standar orang lain
Rasa malu akan muncul ketika kita melakukan sesuatu hal yang dianggap tidak memenuhi standar orang lain. Lakukan apa yang menurut anda benar, percaya dengan kemampuan diri anda dan tidak perlu menampilkan sesuatu dengan harapan hal itu akan memenuhi standar yang ditetapkan oleh orang lain.

Berhentilah terobsesi tentang kesempurnaan.
Kesempurnaan hanya milik Tuhan dan kita sebagai manusia biasa akan jauh dari kata sempurna. Jadi jika anda melakukan hal kesalahan, memiliki kekurangan yang mungkin akan membuat anda tidak percaya diri atau malu maka berpikirlah bahwa anda hanya manusia biasa yang tidak bisa luput dari kesalahan. Lakukan saja hal hal baik jangan terlalu terobsesi untuk melakukan segala sesuatu dengan sangat sempurna. Berangan angan tentang diri sendiri harus begini, atau andai saya begitu. Itu justru akan semakin membuat anda tenggelam di dalamnya, anda akan merasa sangat tersiksa ketika tersadar anda tak sesempurna seperti yang anda angankan.

Berpikir sebelum berbicara atau melakukan sesuatu
Salah satu hal yang membuat kita menjadi malu adalah ketika kita melakukan kesalahan atau tidak tampil sempurna. Nah berpikirlah dahulu sebelum berbicara atau melakukan segala sesuatu, apa tindakan itu salah atau benar dan tidak membuat anda malu nantinya, seperti gaya berbicara atau sebagainya, apalagi tindakan ini untuk orang orang di sekitar anda yang setiap hari anda temui.

Bersosialisasi
Dengan bersosialisasi dan berinteraksi dengan banyak orang hal itu akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri anda. Mengenal dan memiliki banyak teman yang terhubung dengan anda dengan berbagai karakter yang mereka miliki meerupakan cara ampuh untuk mengatasi rasa terlalu pemalu anda. Jika anda jarang berkumpul dengan banyak orang atau hanya duduk diam dirumah saja maka anda akan menjadi terlalu pemalu untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Berpikir positif
Rasa percaya diri di bangun dari pikiran yang positif, jika yang ada dalam pemikiran anda hal hal yang jelek jelek tentu hal ini akan mempengaruhi perasaan anda, seperti apakah saya di terima kalau bergabung? saya orangnya jelek gak pantas bergaul dengan mereka. Buang jauh jauh pemikiran seperti itu, tentu semua manusia di ciptakan di bumi ini sebagai mahluk pilihan yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, sudah sepantasnya anda sebagai mahluk pilihan tidak merasa minder seperti itu, mungkin mereka di beri kelebihan cantik atau ganteng tapi anda pasti memiliki kelebihan yang tak mereka punya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara